Pertolongan Pertama Keracunan Karbonmonoksida

Pertolongan pertama keracunan karbonmonoksida

Pertolongan pertama keracunan karbonmonoksida ; Keracunan karbonmonoksida biasanya terjadi di ruangan mobil, atau rumah dengan sirkulasi yang buruk, Anda bisa saja menderita keracunan, gangguan pernapasan, kehilangan kesadaran, bahkan meninggal dunia.

 

Go Dok Tahukah Anda, bahwa karbonmonoksida merupakan gas yang bisa Anda temukan hampir di mana saja? Hanya saja, karena bentuknya gas dan tidak terlihat, tak banyak dari Anda yang menyadari kehadiran zat yang satu ini. Karbonmonoksida sejatinya dihasilkan saat bahan bakar, seperti gas, minyak, batu bara, dan kayu tidak dibakar sepenuhnya. Tak hanya itu, arang, bara api yang menyala, asap rokok, serta asap kendaraan bermotor juga menghasilkan karbonmonoksida.

Nah, jika ruangan, kamar, atau rumah Anda menggunakan salah satu dari bahan bakar yang tadi disebutkan, maka ruangan tersebut haruslah memiliki ventilasi yang baik. Pasalnya, sistem sirkulasi dan ventilasi yang buruk, serta pemasangan alat pemanas yang salah, biasanya menjadi penyebab utama Anda terpapar karbonmonoksida secara tidak sengaja. Hati-hati! Jika hal ini terjadi di ruangan mobil, atau rumah dengan sirkulasi yang buruk, Anda bisa saja menderita keracunan, gangguan pernapasan, kehilangan kesadaran, bahkan meninggal dunia. Nah tentunya Anda tak ingin hal ini terjadi, bukan?

Mari simak langkah-langkah pertolongan pertama keracunan karbonmonoksida yang bisa Anda ikuti untuk menyelematkan diri dan saudara :

1. Langsung keluar dan cari udara bersih
  • Begitu merasakan gejala keracunan, segeralah keluar dari ruangan tersebut, dan cari udara bersih. Jika ada orang lain di tempat keracunan, bawa pula orang tersebut keluar, menjauh dari area yang terkontaminasi karbonmonoksida. Tahan napas Anda selama perjalanan keluar, karena terus menerus menghirup gas karbonmonoksida dapat membuat Anda pingsan.

  • Jika orang yang Anda bawa tidak sadar, periksalah apa terdapat cedera lain padanya.

  • Jika Anda bisa, matikan sumber karbonmonoksida yang menjadi penyebab keracunan. Namun, pastikan keadaan Anda cukup aman untuk melakukan hal ini. Jika diperkirakan tidak aman, urungkan niat Anda untuk mematiks
2. Hubungi rumah sakit atau petugas medis
  • Jangan buang-buang waktu, jika Anda membawa handphone, segeralah hubungi rumah sakit terdekat, mintalah ambulans datang apabila salah satu dari Anda tidak sadarkan diri. Anda dan korban keracunan lainnya memerlukan bantuan medis sesegara mungkin untuk mendapatkan pasokan oksigen yang cukup.
3. Jika diperlukan, mulailah melakukan CPR
  • Lakukan tindakan CPR jika korban keracunan karbon monoksida tidak sadarkan diri, tidak bernapas, atau tidak bernapas secara normal.

  • Jika Anda sudah terlatih melakukan CPR, silahkan lakukan CPR terlebih dulu selama satu menit sebelum menghubungi rumah sakit terdekat, jika Anda hanya sendirian bersama korban. Namun, jika ada orang lain bersama Anda, minta orang tersebut untuk menghubungi rumah sakit, sementara Anda melakukan CPR pada korban.

  • Teruslah melakukan CPR, hingga korban mulai bernapas atau hingga bantuan medis dan ambulans tiba di lokasi.
4. Penanganan lanjutan
  • Saat petugas medis sudah tiba, Anda ataupun korban lainnya akan langsung dilarikan ke rumah sakit, untuk mendapatkan pertolongan pertama keracunan karbonmonoksida menggunakan oksigen. Ya, korban keracunan harus segera mendapatkan udara bersih dan cukup oksigen. Pemberian oksigen akan bergantung pada tingkat keparahan korban.

  • Korban yang mengalami keracunan tingkat ringan biasanya diberikan oksigen murni dengan menggunakan masker oksigen. Oksigen diperlukan oleh tubuh Anda untuk menggantikan kadar karbonmonoksida yang telah meracuni tubuh.

  • Sementara itu, korban yang mengalami keracunan pada tingkat lebih parah mungkin harus dimasukkan ke dalam sebuah ruangan atau kapsul oksigen, di mana pemberian oksigen mencakup keseluruhan tubuh. Hal ini dilakukan guna memaksakan oksigen untuk langsung masuk ke dalam tubuh korban.

Nah, itu dia langkah-langkah pertolongan pertama keracunan karbonmonoksida yang wajib untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi