Pertolongan Pertama Kelilipan pada Mata Anda

pertolongan pertama kelilipan

Go Dok – Pertolongan pertama kelilipan – Setiap orang tentunya pernah mengalami kelilipan, alias kemasukan suatu objek asing -debu, kotoran, bulu mata, atau binatang kecil- di dalam mata. Tentu, kejadian ini juga tidak luput mengenai Anda. Nah, untuk kasus kelilipan, sebenarnya Anda harus selalu berhati-hati. Sebab, mata merupakan bagian tubuh yang vital serta sensitif. Jadi, dalam penanganan masuknya objek asing ke organ penglihatan ini pun, Anda sebaiknya mematuhi langkah-langkah yang dianjurkan oleh komunitas medis. Apa sajakah langkah pertolongan pertama kelilipan yang harus diikuti?

Berikut penjelasan lengkap pertolongan pertama kelilipan yang bisa Anda simak :

1. Jangan gosok mata Anda!

Hal pertama yang sangat penting dan harus benar-benar Anda patuhi adalah : jangan menggosok-gosok mata Anda, ataupun menggunakan cotton bud untuk mengambil benda di dalam mata. Pasalnya, kedua hal tersebut dapat menyebabkan corneal abrasion, alias luka tergores pada permukaan mata Anda. Hal ini sangat berbahaya, apalagi jika tangan Anda tidak steril (bersih).

2. Cuci bersih tangan Anda

Untuk menerapkan pertolongan pertama kelilipan pada mata Anda, terlebih dulu Anda harus mencuci bersih tangan sebelum memegang mata. Jika Anda juga meminta tolong pada orang lain untuk melihat posisi objek asing dan membantu Anda mengeluarkannya, minta pula orang tersebut untuk mencuci bersih tangannya. Sebab, tangan yang kotor dapat meningkatkan risiko masuknya objek lain ke dalam mata.

3. Pastikan posisi objek asing di dalam mata

Langkah selanjutnya adalah, pastikan posisi objek asing tersebut di mata Anda. Untuk ini, pergilah ke area dengan cahaya terang, dan mintalah tolong pada orang lain untuk juga melihatnya. Dalam memastikan posisinya, Anda harus melihat ke atas, membuka mata lebar-lebar, lalu menarik ke bawah bagian bawah kelopak mata Anda. Gunakan kaca atau bantuan teman untuk memastikan.

4. Keluarkan objek asing dari mata Anda

Langkah pertolongan pertama kelilipan yang selanjutnya adalah mengeluarkan objek asing yang terjebak di dalam mata Anda. Penanganan hal ini akan berbeda tergantung pada di mana posisi objek tersebut di dalam mata Anda :

  • Jika objek terjebak di area atas kelopak mata, tarik ke bawah kelopak mata atas Anda hingga mencapai bagian bawah kelopak mata, diamkan beberapa detik, lalu lepaskan. Objek asing biasanya akan keluar saat kelopak mata atas kembali pada tempatnya.

  • Jika objek asing terjebak di area dalam kelopak mata, maka tarik kelopak mata Anda keluar atau ke atas, hingga bagian kulit di balik kelopak mata Anda -yang berwarna pink- terlihat. Jika objek tersebut bisa terlihat, gunakan kapas lembut yang telah dibasahi air hangat untuk mengeluarkannya. Atau, Anda bisa juga membasahi lembut bagian dalam kelopak mata dengan air hangat. Lakukan keduanya dengan hati-hati, ya!
5. Gunakan air hangat bersih

Jika langkah pertolongan pertama kelilipan sebelumnya tidak berhasil, atau masih terdapat lebih dari satu objek asing di mata Anda, maka gunakan cara ini. Selalulah ingat untuk menggunakan air bersuhu hangat dan air yang bersih. Jika perlu belilah eye-cup di apotek, lalu isi dengan salah satu cairan yang telah disebutkan. Celupkan mata Anda ke dalam eye-cup, lalu buka dan pejamkan mata Anda beberapa kali selagi di dalam air. Atau, Anda bisa pula meminta tolong teman untuk menuangkan lembut aliran air tersebut lewat sudut mata Anda sehingga objek asing terbawa keluar melalui sudut lainnya.

Nah, itu dia 5 langkah pertolongan pertama kelilipan yang harus Anda lakukan. Jika tidak juga berhasil mengeluarkan objek asing di dalam mata, segeralah hubungi klinik atau rumah sakit terdekat untuk pertolongan lanjutan, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi