Pertolongan Pertama Hematoma Untuk Penanganan di Rumah

Pertolongan pertama hematoma

Pertolongan pertama hematoma ;  Hematoma merupakan kondisi yang berbahaya jika terjadi pada lokasi-lokasi vital, seperti kepala dan otak. Namun, ada beberapa tipe hematoma yang tergolong ringan dan dapat ditangani di rumah dengan pertolongan pertama penanganannya.

Go DokHematoma merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kondisi di mana suatu pembuluh darah pecah, dan darah yang keluar terjebak dan mengumpul pada suatu lokasi di bawah lapisan kulit Anda. Hasilnya, darah yang mengumpul ini akan terlihat seperti memar yang berwarna merah gelap atau biru gelap. Hematoma merupakan kondisi yang berbahaya jika terjadi pada lokasi-lokasi vital, seperti kepala dan otak. Namun, ada beberapa tipe hematoma yang tergolong ringan dan dapat ditangani di rumah.

Berikut adalah langkah-langkah pertolongan pertama hematoma yang dapat Anda lakukan terhadap dua jenis hematoma yang tergolong ringan, yaitu :

1. Subungal Hematoma

Hematoma jenis ini merupakan kondisi di mana sekumpulan darah menggumpal dan mengumpul di bawah kuku-kuku jari Anda. Biasanya, hal ini terjadi akibat benturan, pukulan, jatuh, ataupun jari-jari terjepit. Berikut adalah langkah-langkah RICE sebagai pertolongan pertama hematoma subungual :

  • Rest(Istirahat), untuk sementara jangan menggunakan jari-jari yang kukunya terkena hematoma untuk beraktivitas. Gunakan tangan Anda yang lain, karena mengistirahatkan jari-jari bisa mempercepat proses penyembuhan hematoma subungal.

  • Ice(Es), di mana Anda bisa langsung mengompres kuku yang terkena hematoma dengan es. Kompres es dapat mengurangi rasa sakit dan mencegah pembengkakan. Lakukan pengompresan selama 10 – 20 menit, sebanyak 3 – 4 kali dalam sehari.

  • Compression(Tekan), balut bagian kuku yang mengalami hematoma dengan perban, guna mencegah pembengkakan. Namun ingatlah untuk tidak membebat perban terlalu kencang agar jari-jari tidak terasa kebas.

  • Elevate(Angkat), selalu letakkan kuku yang terkena hematoma di bagian atas, dan sebisa mungkin jangan memposisikannya di bawah tubuh.

  • Konsumsi obat pereda nyeri, di mana subungual hematoma bisa menimbulkan rasa nyeri yang amat sangat, dan karenanya Anda dianjurkan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Namun, berkonsultasilah terlebih dulu dengan ahlinya sebelum menggunakannya.

  • Hindari panas, sebisa mungkin hindarilah mandi atau merendam kuku yang terkena hematoma di dalam air panas selama 48 jam pertama setelah terjadinya trauma.
2. Septal Hematoma

Hematoma septal terbentuk pada bagian kulit di area hidung Anda yang bernama septum, dan biasanya disebabkan oleh benturan atau pukulan di area sekitar hidung. Berikut adalah langkah-langkah pertolongan pertama hematoma septum yang bisa Anda lakukan di rumah :

  • Kompres es, di mana Anda bisa mengompres bagian septum yang mengalami hematoma dengan es sesegera mungkin setelah trauma terjadi. Hal ini akan membantu dalam mengurangi pembengkakan. Bungkus es batu dengan handuk kecil, dan tekankan pada area hidung Anda. Ingat, jangan menekan terlalu kuat agar tidak timbul rasa sakit yang lebih parah. Kompreslah hidung Anda selama 10 – 15 menit, sebanyak 3 kali dalam sehari.

  • Posisikan kepala Anda lebih tinggi dari badan sesering mungkin, termasuk ketika Anda sedang tidur. Untuk ini, gunakanlah dua bantal untuk menopang kepala. Hal ini akan mencegah pembengkakan bertambah parah.

  • Konsumsilah pereda nyeri,jika Anda merasakan nyeri yang amat sangat pada bagian hidung, konsumsilah pereda nyeri yang biasa dijual di apotek terdekat.

  • Hubungi dokter,jika hematoma bertambah parah dan nyeri semakin memburuk. Atau jika hematoma diikuti dengan sakit kepala, rasa mual, dan pingsan.

Nah, itu dia langkah-langkah pertolongan pertama hematoma subungual dan hematoma septum yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi