Pertolongan Pertama Diare yang Efektif Untuk Anda

pertolongan pertama diare

Go DokPertolongan pertama diare- Diare merupakan salah satu masalah pencernaan yang cukup menyebalkan. Selain menimbulkan rasa sakit pada perut, diare juga akan mengganggu aktivitas Anda, karena bahkan duduk pun tak lagi enak. Penyebabnya beragam, mulai dari salah makan, keracunan, infeksi bakteri atau virus, dan kekurangan cairan tubuh. Diare juga akan bertambah mengganggu, saat Anda tengah dalam perjalanan jauh atau travelling ke suatu tempat. Tentu rencana yang tadinya disusun rapi bisa jadi buyar karena penyakit yang satu ini. Nah, untuk mengatasinya secara tepat dan efektif,.

Berikut langkah-langkah pertolongan pertama diare yang efektif untuk Anda:

1. Konsumsi banyak cairan

Langkah pertolongan pertama diare yang paling umum adalah mengisi kembali tubuh Anda dengan cairan yang dibutuhkannya. Minumlah banyak cairan, bahkan meskipun Anda tidak merasa haus. Untuk lebih efektif, Anda juga dianjurkan banyak memakan buah, meminum jus buah, atau mengonsumsi makanan berkuah bening. Selain itu, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa meminum minuman olahraga yang mengandung elektrolit merupakan langkah efektif dalam meredakan gejala diare ringan.

Namun ingat, Anda harus menghindari minuman bersoda, minuman berkarbonasi, kafein, alkohol, serta susu. Sebab, semua hal tersebut justru dapat memperparah diare Anda.

2. Istirahat cukup

Meskipun Anda sedang dalam perjalanan, jangan ragu untuk beristirahat sekitar 1 – 2 hari, atau secukupnya hingga Anda merasa lebih baik. Pasalnya, tubuh dan sistem pencernaan Anda membutuhkan energi untuk memulihkan kembali fungsi normalnya. Karena itu, hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat atau membuat Anda terlalu lelah.

3. Konsumsi makanan lembut

Langkah pertolongan pertama diare yang selanjutnya adalah mengonsumsi makanan yang bertekstur halus serta mengandung karbohidrat yang mudah diserap. Untuk ini, makanlah pisang lembut, nasi, saus apel, atau Anda bisa pula mengonsumsi sereal, oat, dan kentang rebus. Seiring bertambah baiknya kondisi pencernaan Anda, mulailah kembali mengonsumsi menu semi-padat dan berserat rendah. Namun, Anda tetap harus menghindari makanan pedas, berlemak, dan berminyak, serta produk-produk susu seperti keju dan yoghurt selama seminggu setelah diare berangsur membaik.

4. Konsumsilah obat generik

Mengonsumsi obat generik pereda diare yang banyak dijual di apotek-apotek bisa menjadi salah satu cara pertolongan pertama diare. Belilah obat ini, dengan tetap berkonsultasi pada dokter Anda. Biasanya, obat yang digunakan mengandung bismuth subsalicylate dan Ioperamide, dijual dengan berbagai nama dan merk. Namun, meskipun obat-obatan tersebut bisa meredakan gejala diare, penyebab dasar diare sendiri tidak bisa diobati, kecuali dengan obat-obatan yang diresepkan dokter.

5. Berobat ke dokter

Langkah pertolongan pertama diare yang terakhir adalah memeriksakan diri ke dokter, jika Anda berada di tempat yang memiliki akses klinik atau rumah sakit. Lakukan hal ini jika diare tak kunjung reda, dan terdapat rasa nyeri yang amat sangat di bagian perut Anda. Begitu pula jika diare Anda disertai dengan keluarnya darah bersama kotoran.

Nah, itu dia 5 langkah pertolongan pertama diare yang harus Anda ketahui, dan bisa Anda coba kapan saja. Smeoga bemanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi