Pertolongan Pertama Demam ; Langkah yang Harus Anda Ketahui

pertolongan pertama demam

Go DokPertolongan pertama demamHampir setiap orang tentu pernah menderita demam. Pasalnya, penyakit yang satu ini merupakan masalah kesehatan umum yang sering menyerang siapapun sewaktu-waktu. Tentunya, Anda tidak mau hari-hari dan pekerjaan Anda menjadi kacau karena demam semata. Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui langkah-langkah pertolongan pertama demam yang dapat membantu meredakannya dengan cepat. Nah, apa sajakah?

Simak penjelasan lengkap pertolongan pertama demam berikut ini!

  • Pertama, ukur temperatur Anda

Langkah pertolongan pertama demam awal adalah memastikan tubuh Anda memang menderita demam. Ukur temperatur tubuh menggunakan termometer, dan jika suhu tubuh Anda mencapai 38 derajat celcius atau lebih, berarti Anda memang terkena demam.

  • Kedua, berbaringlah dan istirahat

Langkah pertolongan pertama demam yang selanjutnya adalah berbaring, serta tidur dan beristirahat dengan cukup. Anda tak perlu banyak-banyak beraktivitas dulu, dan ambillah cuti satu hari dari pekerjaan Anda. Tidur dengan cukup, yaitu 7 – 9 jam dalam sehari bisa membantu tubuh Anda memulihkan energi serta membantu sistem imun Anda dalam melawan bakteri penyebab demam.

  • Ketiga, minumlah banyak cairan

Air merupakan suatu zat yang esensial untuk menjaga dan membantu mengatur suhu tubuh, sekaligus menyingkirkan kuman penyebab penyakit dan melancarkan fungsi tubuh Anda. Karenanya, minumlah cukup air, teh dingin, serta jus buah dan konsumsi sup atau sop hangat untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

  • Keempat, minumlah obat ringan

Sebagai langkah pertolongan pertama demam, sudah banyak obat penurun demam yang dijual bebas di apotek maupun supermarket terdekat. Biasanya, obat-obatan ini mengandung ibuprofen dan paracetamol. Patuhi dosis dan aturan pakai yang berlaku untuk dewasa, dan jangan mengonsumsinya berlebihan. Hal ini bisa membantu meredakan gejala demam.

  • Kelima, kenakan pakaian yang ringan

Saat demam, jangan menyelimuti tubuh Anda dengan kain dan baju-bau yang tebal, karena tubuh Anda butuh untuk tetap sejuk. Sebaliknya, selalu gunakan kaos dan baju tipis, agar sirkulasi udara tetap seimbang. Jika Anda merasa kedinginan, selimuti tubuh Anda dengan selimut tipis, bukan selimut berbahan tebal.

  • Keenam, konsumsi makanan yang mengandung jahe

Cara lain untuk meredakan demam ringan adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung jahe. Pasalnya, jahe memiliki kandungan anti bakterial yang efektif dalam melawan bakteri penyebab batuk, demam, dan gejala-gejala ringannya. Karena itu, cobalah meminum teh jahe, susu jahe, atau sup yang mengandung bumbu jahe guna meredakan demam.

  • Terakhir, berobatlah ke dokter

Langkah yang terakhir sebagai pertolongan pertama demam, jika Anda sudah berusaha mengatasinya sendiri, namun demam belum juga reda, maka berobatlah ke dokter umum. Biasanya, dokter akan meresepkan obat dengan dosis dan jenis yang sesuai sehingga demam bisa cepat reda. Segerakan pula ke dokter apabila demam Anda disertai nyeri perut, sakit kepala, serta nyeri pada dada.

Nah, itu dia tujuh langkah pertolongan pertama demam yang bisa Anda ikuti guna mempercepat penyembuhannya. Ingat, jangan merokok dan mengonsumsi alkohol dulu saat Anda sakit, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.