Persiapan Sebelum  Berenang ;  Catat! Jangan Lupa Bawa, ya!

persiapan sebelum berenang

Persiapan sebelum berenang ; Berencana berenang di akhir pekan ini? Sebaiknya, sebelum berenang persiapkan terlebih dahulu barang-barang serta keperluan lainnya yang harus Anda bawa.

Go DokTak salah memang jika Anda memilih renang sebagai olahraga favorit. Selain mengasyikkan, pada kenyataannya berenang juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, bukan? Bagi Anda yang berencana berenang hari ini, berikut daftar perlengkapan yang harus dibawa! Perhatikan baik-baik ya, jangan sampai ada yang terlewat!

Persiapan sebelum berenang yang jangan lupa Anda bawa!

1. Pakaian Renang

Persiapan sebelum berenang yang paling utama tentunya adalah pakaian renang. Jangan asal dalam memilih baju renang! Tipsnya, gunakanlah baju renang yang sesuai dengan bentuk tubuh, jangan kebesaran apalagi terlalu kecil. Selain itu, pilihlah baju renang dengan bahan ringan seperti nylon yang mempunyai sifat elastis.

2. Sunblock

Tidak ingin kulit menjadi terbakar setelah berenang? Pastikan Anda menggunakan sunblock sebelum berenang! Kandungan mineralnya seperti zinc oxide atau titanium dioxide akan membangun lapisan pada permukaan kulit yang nantinya akan bertugas menghalangi sinar matahari. Tipsnya gunakanlah produk yang tahan air dengan jangkauan SPF 30 hingga 60 dan mengandung zinc oxide, titanium dioxide, avobenzone, ecamsule, and oxybenzone.

3. Handuk

Walaupun handuk bersih biasanya disediakan oleh pihak kolam renang, ada baiknya membawa cadangan. Mengapa? Karena nyatanya handuk adalah salah satu barang yang sebaiknya tidak digunakan secara bergantian. Jadi jangan lupa untuk membawa handuk Anda sendiri ya!

4. Kacamata Renang

Persiapan sebelum berenang lainnya yaitu kacamata renang. Pada dasarnya air di kolam renang mengandung bakteri dan kuman berbahaya yang tak kasat mata. Maka berenang dengan menggunakan kacamata dapat meminimalisir risiko mata iritasi, merah, gatal, perih hingga berair akibat bakteri, kuman, dan zat kimia seperti klorin.

5. Perlengakapan Kebersihan Pribadi

Setelah selasai berenang usahakanlah untuk segera berbilas dan mandi. Hal tersebut dilakukan untuk membersihkan tubuh dari kuman, bakteri hingga zat kimia yang terdapat pada air dikolam renang. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membawa beberapa produk kebersihan seperti sabun mandi, odol, sampo, konditioner, hingga deodorant. Selain itu, jangan lupa untuk membawa body lotion, agar kelembapan kulit tetap terjaga setelah berenang.

6. Makanan

Persiapan sebelum berenang yang terakhir adalah makanan. Jika Anda dan keluarga berencana untuk menghabiskan waktu yang lama di area kolam renang, disarankan untuk membawa makanan dan minuman, terlebih jika di sekitar kolam renang tidak terdapat kantin penjual makanan. Usahakanlah untuk membawa makanan dan minuman yang bergizi dan dapat menggantikan energi yang hilang setelah berenang.

Nah itu dia beberapa daftar persiapan sebelum berenang yang wajib dibawa. Jangan lupa menyisihkan waktu yang cukup untuk mempersiapkan barang-barang di atas, agar tidak ada yang tertinggal, ya! Oiya yang paling penting, sebelum berolahraga jangan lupa untuk melakukan pemanasan agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan. Selamat berolahraga!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

YC/PJ/MA

Referensi