Peregangan Saat Mudik yang Bisa Anda Coba

Peregangan saat mudik

Peregangan saat mudik ; Banyak yang harus dipersiapkan saat mudik atua pulang kampung salah satunya adalah persiapan dalam hal kesehatan. Selain mempersiapkan obat-obatan, serta vitamin dan suplemen, Anda juga harus menjaga kesehatan selama perjalanan mudik.

 

Go Dok – Tak terasa, sebentar lagi cuti lebaran sekaligus waktu mudik sudah akan tiba. Bagi Anda yang merayakan Lebaran, tentunya mudik, alias pulang kampung menjadi suatu tradisi yang pantang untuk dilewatkan. Nah, banyak hal yang harus dipersiapkan menjelang mudik, salah satunya adalah persiapan dalam hal kesehatan. Selain mempersiapkan bekal sehat, obat-obatan, serta vitamin dan suplemen, Anda juga harus menjaga kesehatan selama perjalanan mudik. Salah satu caranya adalah dengan beristirahat dan melakukan peregangan saat mudik. Apa saja peregangan saat mudik yang bisa Anda coba?

Berikut adalah daftar peregangan saat mudik  sekaligus penjelasan lengkapnya :

1. Jalan-jalan kecil

Salah satu jenis peregangan saat mudik yang paling sederhana adalah berjalan-jalan ringan untuk melemaskan otot-otot tubuh Anda yang tegang. Ya, saat mudik, otot-otot tubuh bisa menjadi kaku dan tegang karena duduk terlalu lama, baik saat menyetir, duduk di bangku kereta, bis, atau pesawat. Untuk mengatasinya, Anda bisa bangkit atau berhenti menyetir, dan berjalan di sekitar tempat Anda. Cukup berjalan-jalan ringan, selama 5 – 10 menit, maka tubuh Anda bisa merasa segar kembali. Selain berjalan-jalan, Anda bisa pula berjalan-jalan kecil di tempat, selama 5 – 10 menit guna meregangkan otot-otot yang kaku. Mudah, bukan?

2. Peregangan Harmstring

Jenis peregangan saat mudik kedua yang dapat Anda coba adalah peregangan harmstring, yang fungsi utamanya adalah untuk meredakan nyeri punggung. Ya, nyeri atau sakit punggung adalah salah satu hal yang kerap menyerang saat mudik, karena duduk terlalu lama. Anda bisa melakukannya sembari duduk di pinggiran tempat duduk Anda, lalu menekuk kaki kanan Anda dan meluruskan kaki kiri Anda sembari menjaga tumit kaki kiri tetap di lantai.

Sembari melakukannya, letakkan kedua tangan Anda di paha bagian kanan. Secara perlahan, lakukan gerakan membungkuk ke arah kaki kiri Anda, dan jagalah punggung Anda tetap lurus. Gerakan membungkuk dapat Anda lakukan dari pinggang. Jika melakukannya dengan benar, Anda akan merasa punggung Anda sedikit meregang, terutama di bagian kanan. Setelah selesai, ulangi gerakan-gerakan tadi dengan mengganti tumpuan kaki Anda. Tidak terlalu sulit, bukan?

3. Peregangan punggung sederhana

Peregangan saat mudik selanjutnya yang bisa Anda coba untuk meredakan kekakuan punggung adalah peregangan punggung sederhana. Untuk melakukannya, Anda harus mengangkat bagian lutut Anda, baik sembari berdiri maupun duduk, dan menjaganya tetap lebih tinggi dan pinggang Anda selama beberapa menit. Jika melakukannya sambil duduk, Anda bisa mengangkat kedua lutut, dengan menaruh kedua kaki di atas tas, koper, atau barang bawaan lainnya. Jika melakukannya sembari berdiri, Anda bisa mengangkat salah satu lutut satu per satu.

4. Skipping secara perlahan

Cara yang satu ini sejatinya memiliki prinsip yang sama dengan saat Anda melakukan skipping, hanya saja dalam ritme yang jauh lebih lambat. Untuk melakukannya, Anda harus bangkit dari tempat duduk, berdiri setinggi mungkin yang Anda bisa, lalu angkat salah satu kaki Anda sekitar 7 cm dari tanah. Tahan posisi ini hingga 5 – 10 detik, lalu turunkan kaki Anda, dan gantilah dengan mengangkat kaki yang satu lagi. Ulangi langkah ini, hingga setidaknya 15 kaki untuk melemaskan bagian kaki Anda yang mulai kaku.

Nah, itu dia 4 jenis peregangan saat mudik yang cukup sederhana dan bisa Anda lakukan di mana saja. Tetap jaga kesehatan tubuh saat mudik, dan selamat mencoba, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi