Perawatan untuk Kulit Kombinasi yang Bisa Anda Coba

Perawatan untuk kulit kombinasi

Perawatan untuk kulit kombinasi yang tepat akan membantu menyeimbangkan kadar minyak dan kelembapan kulit. Perawatan yang dilakukan tidak akan  menyita waktu dan hanya membutuhkan tiga langkah sederhana yaitu membersihkan muka, exfoliate, dan melembapkan.

 

Go Dok Kulit kombinasi adalah istilah yang digunakan ketika kita memiliki campuran dari dua jenis kulit yang berbeda, yaitu kulit kombinasi kering dan kulit kombinasi berminyak. Jenis kulit kombinasi ini dapat ditentukan dari daerah T-zone pada wajah (dahi, hidung, dan dagu).

Jenis kulit kombinasi berminyak terjadi ketika daerah T-zone secara aktif mengeluarkan kelebihan sebum (minyak) dari kelenjar sebaceous, sementara daerah pipi mungkin kering dan bersisik. Sebaliknya, kulit kombinasi kering terjadi ketika daerah dahi relatif lebih kering daripada daerah T-zone lainnya. Bagi mereka yang memiliki kulit kombinasi akan sering mengalami kulit berminyak di musim panas dan kulit kering sepanjang musim dingin. Pori-pori besar yang terlihat juga dapat muncul di sekitar area T-zone bersama dengan timbulnya komedo dan jerawat.

Kulit kombinasi bukanlah suatu keadaan yang sulit dan mengkhawatirkan asalkan kita tahu bagaimana cara merawatnya. Menemukan perawatan kulit yang tepat dapat membantu menyeimbangkan kadar minyak dan kelembaban di kulit. Perawatan yang dilakukan tidak akan  menyita waktu dan hanya membutuhkan tiga langkah sederhana namun efektif dan tentunya tidak akan mengganggu gaya hidup Anda yang penuh dengan kesibukkan.

Berikut 3 langkah perawatan untuk kulit kombinasi

 1. Membersihkan muka

Perawatan untuk kulit kombinasi yang pertama yaitu dengan rutin membersihkan muka. Carilah pembersih yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak untuk menyeimbangkan kadar sebum di kulit wajah. Atau cari pembersih yang cocok untuk kulit kering yang akan mengembalikan tingkat kelembapan dan mengurangi munculnya kulit yang pecah-pecah. Selain itu, jauhi produk sabun berbahan dasar alkohol, terlebih  bila secara kimiawi terlampau berbau harum! Ini dapat menyebabkan kulit kehilangan minyak alami dan memperburuk kekeringan serta memicu timbulnya minyak berlebih. Dan juga gunakan toner yang dapat menyeimbangkan kembali tingkat PH kulit.

2. Exfoliate

Exfoliate adalah pengelupasan kulit secara lembut. Bagi kalian yang memiliki kulit kombinasi, pori-pori pada area wajah yang berminyak akan membesar. Hal ini biasanya terjadi karena pori-pori wajah tersumbat. Exfoliating pada area ini akan membuka dan membersihkan pori-pori tersebut. Selain itu, pengelupasan kulit kering melalui perawatan untuk kulit kombinasi ini dapat menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga memungkinkan pelembap menembus lapisan kulit lebih dalam. Lakukan pengelupasan kulit secara lembut, sekitar 2-3 kali seminggu agar dapat meningkatkan kesehatan kulit secara signifikan.

3. Melembapkan

Mungkin memang menjadi salah satu hal yang cukup menyulitkan untuk mencari pelembap wajah yang cocok untuk kulit kombinasi. Hal ini dikarenakan bisa saja Anda membutuhkan dua produk untuk mengatasi area yang keadaannya berbanding terbalik pada wajah. Untuk area kering seperti pipi, pilih pelembap yang kaya akan kandungan humektan.

Dalam perawatan kulit kombinasi selain menjaga kulit dari luar, kita juga perlu menjaga kulit dari dalam, lho. Salah satunya adalah menjaga gaya hidup kita. Mungkin, sebagian besar orang banyak yang meremehkan dampak dari gaya hidup terhadap kesehatan kulit. Kesibukan, jadwal yang penuh, stres, dan kurangnya olahraga dapat meningkatkan kerentanan kulit terhadap kekeringan dan kondisi berminyak. Berolahraga adalah cara terbaik untuk mengurangi tingkat stress dan meningkatkan kesehatan serta mood Anda. Olahraga dapat meningkatkan aliran darah di tubuh sehingga dapat mendukung regenerasi sel-sel yang baru.

Nah, itu dia perawatan untuk kulit kombinasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi