Penyembuhan Kondisi Hemofilia dan Perawatan yang Dibutuhkan

Penyembuhan kondisi hemofilia

Penyembuhan kondisi hemofilia ; Penyebab hemofilia adalah kelainan genetis yang menyebabkan tubuh Anda tidak bisa memproduksi protein yang dibutuhkan untuk pembekuan darah dalam kadar yang cukup. Setelah mengenal bahayanya, tentu Anda tak lagi heran bahwa banyak orang yang mencari pengobatan kondisi hemofilia.

 

Go Dok – Tentu sudah banyak dari Anda yang mengetahui perihal suatu kondisi berbahaya bernama Hemofilia. Kondisi ini diturunkan dalam keluarga, dan menyebabkan darah Anda tidak bisa mengalami pembekuan secara normal saat mengalami pendarahan, baik di luar maupun di dalam tubuh. Pada penderita kondisi ini, pendarahan akibat luka  kecil mungkin tidak akan terlalu menjadi masalah, namun lain halnya jika pendarahan terjadi di dalam tubuh, atau dalam tingkatan yang parah, seperti akibat kecelakaan tragis. Pasalnya, tubuh Anda tidak bisa menghentikan pendarahan secara normal, sehingga pendarahan di dalam tubuh dapat menyebabkan gumpalan darah, terutama di area siku, lutut, dan pergelangan kaki.

Penyebab dari kondisi ini adalah kelainan genetis yang menyebabkan tubuh Anda tidak bisa memproduksi protein yang dibutuhkan untuk pembekuan darah dalam kadar yang cukup. Setelah mengenal bahaya hemofilia, tentu Anda tak lagi heran bahwa banyak orang yang mencari penyyembuhan kondisi hemofilia. Apakah pengobatan yang sesuai? Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasan lengkap berikut ini!

Pengobatan dan penyembuhan kondisi hemofilia

Sayangnya, kondisi yang menurun ini tidak bisa diobati secara keseluruhan. Pasalnya, kelainan alias cacat yang terjadi adalah pada gen Anda, lebih tepatnya pada kromosom X di tubuh Anda. Meski begitu, Anda dapat mengatasi kondisi ini dengan menyuntikkan hormon bernama Desmopressin ke dalam aliran darah atas resep dokter. Pengobatan dengan hormon ini akan bekerja dengan cara menstimulasi produksi protein yang esensial dalam pembekuan darah, dengan kadar yang cukup. Biasanya, pengobatan ini dilakukan pada penderita Hemofilia Tipe A.

Sementara itu, untuk penderita Hemofilia Tipe B, pengobatan dilakukan dengan mencampurkan darah dari seorang donor yang mengandung protein esensial dalam pembekuan darah, ke dalam tubuh dan  darah Anda sendiri. Terkadang, protein esensial ini tidak diberikan dalam bentuk donor darah, melainkan dalam bentuk sintetis yang telah dibuat dalam laboratorium.

Untuk tipe hemofilia yang paling parah, yaitu Hemofilia C, dokter biasanya akan menggunakan infusi plasma, guna menghentikan pendarahan hebat. Namun, faktor protein esensial yang dibutuhkan untuk menanggulangi kondisi Hemofilia C hanya terdapat di benua Eropa.

Adakah perawatan untuk mengatasi pendarahan akibat hemofilia?

Tentu saja ada. Selain dengan cara-cara di atas, Anda juga dapat meminimalisir efek dan gejala dari kondisi hemofilia dengan melakukan terapi fisik jika terjadi pendarahan di dalam tubuh Anda yang merusak persendian. Namun, jika pendarahan di dalam tubuh menyebabkan kerusakan yang parah, Anda mungkin akan membutuhkan operasi pembedahan untuk mengatasinya. Dalam mengatasi luka ringan, Anda dapat menekan bagian yang terluka dan memakaikan perban guna menghentikan pendarahan. Gunakan pula kompres es pada pendarahan dalam yang ringan dan terjadi pada area kecil di dalam tubuh. Selain itu, es juga dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan ringan di area mulut dan bibir.

Adakah perawatan lainnya yang dapat dilakukan?

Sejatinya, ada beberapa jenis perawatan lain yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari jika menderita hemofilia. Anda dapat berolahraga secara rutin, guna menguatkan otot dan melindungi persendian dari kerusakan. Selain itu, Anda juga harus menghindari beberapa obat pereda nyeri, seperti Ibuprofen dan aspirin, yang bisa memperburuk pendarahan yang terjadi. Hindari pula pengobatan pengencer darah (blood-thinning), yang umumnya dapat mencegah pembekuan darah di dalam tubuh. Jangan lupa pula untuk lebih peduli pada kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut, guna mencegah lepasnya gigi yang bisa menyebabkan pendarahan parah.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang penyembuhan kondisi hemofilia dan perawatan yang bisa dilakukan guna mengatasinya. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi