Penyebab Penyakit Lupus yang Harus Anda Ketahui

Penyebab penyakit lupus

Penyebab penyakit lupus  belum diketahui secara pasti. Meski begitu, terlihat bahwa memang terdapat suatu hal yang memicu sistem imun Anda untuk menyerang berbagai area pada tubuh. Hal inilah yang menyebabkan perawatan utama penyakit Lupus berfokus pada penekanan kinerja sistem imun penderitanya.

 

Go Dok – Kebanyakan dari Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah penyakit Lupus. Ini merupakan suatu jenis penyakit autoimun sistemik yang cukup berbahaya, di mana sistem imun Anda menderita kelainan, dan justru menyerang sistem tubuh, organ, dan jaringan tubuh Anda sendiri, alih-alih menyerang virus dan bakteri penyebab penyakit. Hasilnya, tubuh Anda akan menderita gangguan pada jaringan, kinerja dan fungsi organ tubuh, bahkan pada sistem peredaran darah. Gangguan ini akan tergantung pada bagian tubuh mana yang diserang oleh sistem imun Anda, dan begitu pula gejala-gejala yang dihasilkannya

Setelah mendengar penjelasan barusan, tentulah Anda bertanya-tanya, sebenarnya apa penyebab penyakit Lupus ini? Untuk menjawabnya, mari simak penjelasan lengkap mengenai penyebab penyakit Lupus berikut ini!

Apa sih penyebab penyakit Lupus?

Sayangnya, hingga saat ini penyebab pasti dari penyakit Lupus belum diketahui. Meski begitu, terlihat bahwa memang terdapat suatu hal yang memicu sistem imun Anda untuk menyerang berbagai area pada tubuh. Hal inilah yang menyebabkan perawatan utama penyakit Lupus berfokus pada penekanan kinerja sistem imun penderitanya. Selain itu, selagi penelitian dan studi terus dilakukan untuk menentukan penyebab penyakit Lupus, para ahli percaya bahwa Lupus disebabkan oleh gabungan antara faktor genetis dan faktor lingkungan sekitar.

Lebih lanjut, para ahli juga percaya bahwa hormon tubuh yang dihasilkan wanita memiliki peran penting dalam perkembangan penyakit Lupus. Pasalnya, berdasarkan statistik yang ada, jumlah kaum wanita yang terserang penyakit ini lebih banyak dibandingkan kaum pria. Terutama pada wanita yang masih berada dalam usia reproduktif, di mana kadar produksi hormon sedang tinggi-tingginya.

Tak hanya itu, faktor genetis juga disinyalir memiliki peran dalam kemunculan penyakit Lupus pada seseorang. Statistik membuktikan bahwa kemungkinan seseorang terkena penyakit ini akan lebih besar saat terdapat anggota keluarganya yang juga menderita Lupus. Hal ini berarti bahwa penyakit Lupus bisa jadi merupakan penyakit turunan yang diwariskan pada mereka dengan gen yang sama.

Tak hanya itu, penelitian yang ada juga menawarkan kemungkinan bahwa penyebab penyakit Lupus bisa pula oleh penggunaan beberapa obat-obatan, seperti hydralazine dan procainamide. Gejala penyakit Lupus pada sebagian penderita umumnya berkurang saat mereka berhenti menggunakan obat-obatan tersebut. Hal-hal berikut juga dipercaya dapat memicu munculnya penyakit Lupus :

  • Infeksi, terutama infeksi yang disebabkan oleh virus, dapat menjadi penyebab awal penyakit Lupus.

  • Sinar matahari, di mana tereskpos sinar matahari dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan lesi kulit pada Lupus atau memicu respons tubuh bagian dalam pada beberapa orang.
Apa saja faktor risikonya?

Faktor risiko merupakan hal-hal yang dapat meningkatkan risiko Anda dalam terkena penyakit Lupus. Meski bukan penyebab penyakit Lupus sebenarnya, faktor risiko bisa menjadi pemicu munculnya penyakit ini :

  • Usia,meskipun Lupus dapat menyerang semua orang dalam usia berapapun, namun statistik mencatat bahwa mereka yang berusia di antara 15 – 45 tahun lebih rentan terkena penyakit ini.
  • Jenis kelamin,di mana wanita lebih banyak terkena penyakit Lupus dibandingkan pria.
  • Ras, di mana penyakit Lupus nyatanya lebih sering ditemukan pada ras campuran Afrika-Amerika, Hispanik, dan ras campuran Asia-Amerika

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai faktor risiko dan penyebab penyakit Lupus yang harus Anda pahami. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi