Penyebab Payudara Bengkak Setelah Melahirkan  

Payudara bengkak setelah melahirkan

Payudara bengkak setelah melahirkan disebabkan oleh adanya air susu, edema dan tambahan darah ekstra yang mengalir kebagian payudara. Setelah produksi susu yang pertama terjadi, pembengkakan biasanya hanya bertahan selama beberapa hari.

Go DokBiasanya 2 hingga 5 hari setelah melahirkan anak, para ibu akan menyadari terjadinya perubahan pada bagian payudara. Bagian tersebut akan mengalami pembesaran, terasa sedikit keras kemudian sedikit berubah menjadi empuk ketika mulai memproduksi lebih banyak susu. Kondisi ini disebut pembengkakan payudara setelah proses melahirkan.

Payudara bengkak setelah melahirkan adalah sebuah keadaan yang normal. Namun, pembengkakan yang terjadi dapat menyebabkan bayi kesulitan untuk menyusu dengan baik sehingga terjadi nyeri pada puting susu ibu.

 Jika hal ini terjadi terus menerus, tekanan pada payudara yang disebabkan oleh susu yang tidak keluar bisa menyebabkan payudara memproduksi susu lebih sedikit atau bahkan berhenti memproduksi susu sama sekali.  Hal ini dapat dicegah dengan mengetahui cara-cara untuk mengatasi pembengkakan tadi.

Mengapa payudara bengkak setelah melahirkan?

Setelah bayi Anda lahir, hormon-hormon didalam tubuh berubah dan payudara ibu mulai membuat banyak susu. Adanya susu, edema dan tambahan darah ekstra yang mengalir kebagian payudara menyebabkan terjadinya pembengkakan tersebut.

Dikutip dari WebMD, setelah produksi susu yang pertama terjadi, pembengkakan biasanya hanya bertahan selama beberapa hari hingga tubuh ibu terbiasa dengan rutinitas membuat dan mengeluarkan susu. Seringkali para ibu menjadi khawatir akan produksi susu yang berlebihan oleh payudara, namun sesungguhnya memastikan susu tetap mengalir jauh lebih sulit dan mengkhawatirkan dibandingkan kelebihan susu tadi.

Setelah bayi dapat menyusu dengan baik dan aliran susu pada payudara ibu pun lancar, maka pembengkakan akan menyusut dengan sendirinya. Dalam beberapa hari ukuran payudara ibu akan menyesuaikan dengan nafsu makan bayi yang artinya jumlah susu yang diproduksi juga akan disesuaikan dengan jumlah yang diminum oleh bayi setiap harinya.

Namun pembengkakan bisa kembali terjadi jika terdapat selang waktu terlalu lama antara waktu menyusu satu dengan lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Setelah mengetahui penyebab payudara bengkak setelah melahirkan sebaiknya ketahui juga cara efektif untuk mengatasinya. Bagi ibu yang berkesempatan untuk menyusui bayi dengan normal, berikut beberapa tips yang dapat diikuti agar kegiatan menyusui selama pembengkakan payudara dapat berjalan lebih nyaman:

1. Sering-seringlah menyusui

Menyusui dengan rentang sering dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada payudara jauh lebih cepat. Buatlah rencana menyusui setiap 2-3 jam sekali setiap hari atau 8 hingga 12 kali selama 24 jam.

Pastikan bayi menyusu selama minimal 10 menit atau hingga selesai pada salah satu payudara baru pindahkan pada payudara yang satunya.

2. Gunakan suhu

Hangatkan payudara dengan mandi air hangat atau dengan kompres sebelum menyusui bayi. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah dan membantu susu untuk keluar.  Selain itu kompres payudara dengan es setelah menyusu untuk mengurangi pembengkakannya.

 Ibu juga bisa melakukan kompres menggunakan daun kubis dingin yang telah diakui banyak ibu bisa mengurangi pembengkakan dan meningkatkan aliran susu.

3. Berikan tekanan  

Memberikan tekanan pada bagian tertentu payudara dapat membantu melunakkan area dekat areola disekitar puting susu ibu. Teknik ini membantu untuk menggeser bagian yang bengkak sehingga bayi dapat menyusu dengan lebih nyaman pada payudara ibu.

Caranya dengan meletakkan seluruh jari dari kedua tangan pada kedua payudara di daerah puting susu kemudian tekan dengan lembut payudara kearah dada selama 60 detik atau lebih lama. Tekanan haruslah kuat namun tidak menimbulkan rasa sakit.

Setelah bagian areola melunak, ibu akan dapat mengeluarkan susu dengan mudah. Lakukan hal ini sebelum menyusui bayi agar bayi dapat lebih mudah menyusu pada puting ibu.

4. Gunakan Pompa

Jika pembengkakan yang terjadi cukup parah hingga bayi tidak bisa menyusu sama sekali, maka ibu disarankan untuk menggunakan pompa otomatis maupun manual untuk mengosongkan susu pada payudara. Pompa juga dapat digunakan setelah bayi menyusu jika payudara ibu tetap terasa tidak nyaman.

Banyak sekali ibu yang merasa takut untuk melakukan pompa pada payudara yang bengkak karena khawatir akan menghasilkan susu lebih banyak. Namun sekali lagi yang perlu diperhatikan adalah pembengkakan dapat terjadi karena aliran susu yang tidak baik bukan karena susu yang terlalu banyak.

Jika karena satu dan lain hal ibu tidak dapat menyusui dan bayi harus diberikan susu formula, payudara bengkak setelah melahirkan ini  umumnya akan membaik setelah 3-4 hari tidak menyusui bayi.

Selama waktu tersebut pakailah bra yang bisa memberikan dukungan yang baik terhadap payudara. Kompres payudara dengan es secara berkala untuk menghilangkan rasa nyeri atau mintalah obat-obat tertentu langsung pada dokter.

Nah, itu tadi penyebab  dan cara mengatasi payudara bengkak setelah melahirkan yang Anda alami. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.