Penyebab Menurunnya Gairah Seks Saat Hamil

Menurunnya gairah seks saat hamil

Menurunnya gairah seks saat hamil hanya akan berlangsung sementara, kebanyakan terjadi di awal trimester pertama. Penyebab gairah seks mengalami penurunan tersebut biasanya dikarenakan beberapa faktor seperti gejala kehamilan,  psikologis dan menurunnya nafsu makan.

Go Dok Calon Bunda, di masa kehamilan yang tengah dijalani, apakah Anda merasa bahwa gairah seks dengan pasangan menurun drastis? Jika iya, maka tak perlu malu. Sebab, Anda bukan satu-satunya calon ibu yang mengalami hal ini.

Penurunan gairah seks memang termasuk normal dan lazim dialami oleh para wanita yang tengah hamil. Penasaran apa saja penyebabnya? Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai menurunnya gairah seks saat hamil berikut ini!

Apa penyebab menurunnya gairah seks saat hamil?

Penurunan gairah seks pada wanita umumnya ditandai dengan tidak lagi tertariknya Anda untuk  berhubungan seksual dengan suami. Selain itu, Anda juga lebih jarang berfantasi seksual, dan hal-hal yang tadinya membangkitkan gairah Anda, sekarang tak lagi berefek sama.

Nah, saat hal ini terjadi ketika Anda tengah hamil, penyebab utamanya adalah perubahan kadar hormon di dalam tubuh. Sama halnya dengan kondisi sehabis Anda melahirkan serta saat Anda tengah dalam periode menyusui.

Hal ini sama sekali tidak berpengaruh pada kesehatan Anda. Selain itu, hal-hal berikut juga dapat menjadi penyebab menurunnya gairah seks saat hamil :

  • Gejala kehamilan; di mana pada trimester pertama kehamilan, biasanya Anda akan menjadi sangat lelah dan lemas, karena berbagai gejala kehamilan yang timbul, seperti muntah-muntah, pusing, mual, sakit perut, dan rasa tidak nyaman lainnya. Hal ini akan menghilangkan minat Anda dalam melakukan hubungan seksual.
  • Faktor psikologis, di mana perubahan bentuk tubuh dan rasa stres karena akan segera memiliki anak membuat Anda merasa tertekan. Hal ini menimbulkan rasa tidak percaya diri, dan berkontribusi dalam menurunnya gairah seks saat hamil.
  • Menurunnya nafsu makan;hal ini biasa terjadi di awal kehamilan, di mana Anda akan kehilangan selera makan, menjadi pemilih, dan akhirnya kekurangan asupan yang diperlukan dalam menjaga badan tetap bugar. Saat tubuh menjadi lemas karena kekurangan nutrisi, sudah pasti pikiran untuk melakukan hubungan seksual juga akan semakin menipis.

Bagaimana cara mengatasinya?

Tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perubahan hormon atau mencegah gejala-gejala kehamilan datang secara natural. Biasanya, menurunnya gairah seks saat hamil hanya akan berlangsung sementara, dan kebanyakan hanya terjadi di trimester awal kehamilan. Fase ini akan berlalu, dan Anda harus bersabar menunggunya lewat.

Namun, Anda juga bisa mengatasi masalah psikologis dengan lebih mencintai diri Anda sendiri, serta berpikir positif. Contohnya, Anda bisa menimbulkan rasa percaya diri, dengan fakta bahwa ukuran payudara Anda menjadi lebih besar dan tubuh Anda menjadi lebih sintal dan berlekuk selama kehamilan.

Dua hal ini bisa menyenangkan suami, bahkan meningkatkan libidonya. Anda juga bisa menstimulasi diri dengan menonton video porno sesekali, membiarkan tubuh lebih relaks, berbaring sambil membaca buku yang menyelipkan adegan seksi.

Terkadang, hal-hal ini bisa meningkatkan gairah seks Anda. Jangan lupa pula, bahwa selewat trimeseter pertama, justru beberapa wanita mengalami peningkatan libido, karena aliran darah di sekitar perut dan vagina meningkat dan semakin lancar. Hal ini akan menambah daya lubrikasi cairan vagina, dan membuat Anda lebih bergairah.

Lalu, amankah berhubungan seksual saat hamil?

Terkadang, penurunan gairah seksual pada wanita hamil disebabkan pula oleh rasa takut akan keguguran jika berhubungan seksual saat tengah mengandung. Tenang, seks saat hamil, apalagi selepas trimester pertama Anda, aman untuk dilakukan.

Fetus yang tengah Anda kandung akan aman di dalam lindungan cairan amniotik yang mengelilinginya. Anda mungkin hanya harus menyesuaikan posisi bercinta agar lebih nyaman bagi perut. Jika masih takut, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan agar lebih yakin. Karena itu, jangan ragu jika ingin memuaskan suami bahkan saat hamil!

Nah, itu dia segala hal yang harus Anda ketahui mengenai penyebab menurunnya gairah seks saat hamil. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Diskusikan permasalahan kesehatan seputar seks Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi