Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengatasinya

Penyebab gusi bengkak

Penyebab gusi bengkak ternyata bisa dari beberapa aktivitas harian Anda seperti kesalahan dalam menggosok gigi. Selain itu, radang gusi, kehamilan dan malnutrisi bisa menjadi faktor penyebab gusi bengkak juga, lho.

 

Go DokSebagai pecinta kuliner, organ mulut tentunya menjadi aset Anda paling berharga, dong. Sebisa mungkin Anda akan menjaga kesehatan mulut agar aktivitas makan Anda tidak terganggu dan bisa menikmati makanan hingga suapan terakhir dengan nikmat.

Nah, Jika aktivitas makan Anda jadi terganggu karena muncul rasa ngilu di dalam mulut bisa jadi Anda sedang mengalami pembengkakan pada gusi, tuh. Sayangnya, sebagian besar orang hanya memperhatikan kesehatan gigi sehingga kondisi gusi pun terbengkalai. Padahal, kesehatan gusi tidak kalah penting lho untuk menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan.

Ternyata, beberapa aktivitas harian dapat menjadi faktor penyebab gusi bengkak, lho. Jika gusi Anda terus menerus mengalami gangguan dan tidak kunjung sembuh, mungkin panduan dari artikel di bawah ini bisa Anda coba!

Penyebab Gusi Bengkak

Mungkin Anda pernah keheranan karena mengalami gusi bengkak padahal sudah rajin menggosok gigi, bahkan lebih dari 3 kali sehari? Sebenarnya, penyebab gusi bengkak itu sendiri karena adanya kesalahan dalam menggosok gigi. Pada dasarnya, gusi terbuat dari jaringan yang halus, sehingga jika Anda menyikat gigi dengan cara yang salah, maka akan berdampak buruk kepada gusi.

Selain itu, ada pula beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab gusi bengkak, yaitu:

1. Radang gusi

Gingivitis atau radang gusi adalah penyebab gusi bengkak yang paling umum. Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami radang gusi karena gejalanya sangat ringan. Namun, jika tidak diobati, radang gusi akan menyebabkan kondisi yang jauh lebih serius yaitu periodontitis, yang dapat membuat Anda kehilangan gigi atau ompong.

Gingivitis paling sering disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, yang memungkinkan plak terbentuk di garis gusi dan gigi.

2. Kehamilan

Pada dasarnya, ibu hamil menghasilkan hormon lebih banyak untuk kebutuhan janinnya. Nah, aliran hormon yang diproduksi tubuh selama kehamilan dapat meningkatkan aliran darah di gusi yang bisa menjadi penyebab gusi bengkak karena gusi akan lebih sensitif.

3. Malnutrisi

Kurang mengonsumsi vitamin, terutama vitamin B dan C juga dapat menjadi penyebab gusi bengkak, lho. Vitamin C berperan penting dalam perawatan dan perbaikan gigi dan gusi Anda. Jika kadar vitamin C Anda rendah, dapat memicu kehadiran penyakit kudis yang dapat menyebabkan anemia dan penyakit gusi.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Jika Anda mengalami gusi bengkak lebih dari dua minggu, segera periksakan gangguan tersebut ke dokter. Karena, pada kasus radang gusi yang ekstrem, bisa jadi Anda membutuhkan prosedur pembedahan untuk menyembuhkannya, seperti pembedahan scaling dan perencanaan akar.

Namun, tenang saja, jika Anda mulai merasakan gejala-gejala gusi bengkak, bisa kok memulai metode pengobatan sendiri menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda.

  • Jaga kesehatan gusi Anda dengan menyikat gigi dengan benar dan lembut secara teratur. Caranya, letakkan bulu sikat gigi pada permukaan gigi dekat sisi gusi dengan posisi membentuk sudut 45 derajat. Mulai menyikat pada bagian belakang gigi geraham atas hingga gigi bagian depan secara bertahap, termasuk lidah. Sikatlah dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 20 detik untuk setiap bagian. Pastikan semua permukaan gigi sudah disikat, sehingga plak atau sisa makanan yang menempel di gigi bisa hilang.
  • Coba metode flossingmenggunakan benang khusus gigi yang berbentuk halus sebagai cara untuk menjaga kebersihan gigi. Flossing dipercaya ampuh karena dapat menghilangkan plak dari tempat yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.
  • Anda juga bisa membilas mulut dengan larutan air asin untuk membersihkan bakteri pada mulut.
  • Minum banyak air karena dapat membantu merangsang produksi air liur yang dapat melemahkan bakteri di mulut.
  • Hindari iritan, termasuk obat kumur yang mengandung alkohol dan jangan merokok!
  • Tempelkan kompres hangat pada wajah Anda untuk mengurangi rasa sakit pada gusi. Kompres dingin juga dapat membantu mengurangi pembengkakan.

Itulah penyebab gusi bengkak dan beberapa cara mengatasi gusi bengkak yang kerap menghampiri dan mengganggu aktivitas mengunyah Anda setiap hari. Hindari juga faktor-faktor yang bisa dapat menyebabkan gusi bengkak, ya!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi