Ketahui Penyebab dan Cara Perawatan Rambut Kering

Perawatan rambut kering

Perawatan rambut kering yang bisa Anda lakukan mengetahui terlebih dahulu penyebabnya, kemudian  rajin memangkas ujung rambut, mengonsumsi vitamin, omega-3 dan antioksidan, hindari keramas setiap hari dan menggunakan beberapa masker dari bahan alami.

Go DokRambut kering jadi salah satu permasalahan rambut yang harus diatasi secara ekstra. Namun, sebelum Anda melakukan perawatan rambut kering yang Anda alami sebaiknya terlebih dahulu mengetahui penyebabnya. Yuk, simak lewat penjelasan berikut ini!

Penyebab rambut kering

Rambut kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Dari obat-obatan dan keturunan sampai sesuatu yang sederhana seperti cuaca. Tapi yang pasti, masalah ini terjadi apabila rambut tidak mendapatkan kelembapan yang cukup atau tidak dapat mempertahankan kelembapannya.

Kedua hal tersebut dapat mengurangi kilau rambut, membuat rambut terlihat tak bernyawa, dan kusam. Masalah rambut ini dapat memengaruhi laki-laki dan perempuan di segala usia. Namun lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.

Penyebab umum dari rambut kering ada dua. Pertama, rambut Anda tidak memproduksi kelembapan yang cukup. Ini disebabkan karena rambut tidak memiliki pelumas alami. Ia bergantung pada minyak yang diproduksi akar rambut untuk menjaga agar rambut selalu lembap dan terlihat berkilau.

Terkadang, rambut tidak memproduksi minyak yang cukup sehingga berujung pada kondisi kering. Seiring bertambahnya usia, akar rambut Anda secara alami memproduksi minyak lebih sedikit. Karena akar berada di bawah permukaan kulit kepala, kekeringan yang terjadi di sana bisa sebabkan rambut kering.

Kedua, kelembapan yang dimiliki rambut hilang. Setiap helai rambut yang sehat mempunyai lapisan pelindung yang disebut kutikula. Kutikula melindungi rambut dari panas dan kerusakan yang disebabkan oleh matahari.

Pada kutikula yang sehat, lapisan ini akan sangat rapat dan menjaga kelembapan di dalamnya. Namun ketika lapisan kutikula ini merenggang atau bahkan terkelupas dari rambut, kemampuannya untuk menahan kelembapan terkompromi.

Pada beberapa kasus, rambut kering adalah hasil dari masalah kesehatan tersembunyi yang dapat memengaruhi kemampuan rambut untuk mempertahankan kelembapan. Contohnya:

  • Anorexia Nervosa: Gangguan makan ini dapat berujung pada malnutrisi. Keadaan ini dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh, diikuti dengan berbagai komplikasi serius.
  • Hypoparathyroidism: Kondisi ini menyebabkan kelenjar parathyroid di leher memproduksi hormon parathyroid terlalu sedikit, sehingga menurunkan kadar kalsium dalam darah. Kalsium adalah nutrisi kunci untuk rambut sehat selain untuk tulang, gigi, dan jaringan lainnya.
  • Hypothyroidism: Jika mengalami kondisi ini, artinya kelenjar thyroid Anda tidak memproduksi hormon thyroid yang cukup. Rambut kering dan rapuh adalah salah satu gejala awal dari kondisi ini.
  • Sindrom Menkes: Pada kondisi genetis yang langka ini, sel tubuh tidak menyerap zat tembaga yang cukup. Rendahnya penyerapan tembaga dapat memengaruhi kesehatan rambut dan menyebabkannya menjadi kering.

Perawatan rambut kering yang bis Anda lakukan

Rambut kering memerlukan perlakuan khusus. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan dalam perawatan rambut kering:

Rajin memangkas ujung rambut

Perawatan rambut kering yang pertama yaitu dengan rajin memangkas rambut. Jika rambut Anda terlalu kering, kemungkinan ia perlu dipangkas. Bahkan jika rambut Anda tidak terlalu panjang, ujung yang bercabang dapat membuat rambut sulit ditata dan berkontribusi pada tekstur yang kering dan kasar.

Mengonsumsi vitamin

Anda pasti tahu kalau tubuh membutuhkan vitamin tertentu untuk memberikan nutrisi. Namun vitamin tertentu dapat memberikan dampak langsung bagi kesehatan rambut dan kuku Anda. Vitamin A, vitamin C, biotin (terkadang disebut vitamin H), dan mineral besi dapat berkontribusi untuk rambut terlihat lebih sehat.

Mengonsumsi omega-3 dan antioksidan

Protein laut dapat menjaga agar rambut tidak cepat menipis dan membuatnya terlihat lebih berkilau. Untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda bisa meningkatkan jumlah protein laut yang dikonsumsi. Jadi, dalam perawatan rambut kering mulailah untuk perbanyak konsumsi salmon, tiram, ikan kembung, tuna, dan sarden karena kandungannya yang kaya akan peptid dan omega-3 yang dapat membuat rambut lebih berkilau.

Anda juga mungkin dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi lebih banyak antioksidan dalam rangka melawan oxidative stress yang dapat membuat rambut terlihat menua. Beberapa makanan yang kaya akan antioksidan antara lain kacang walnut, kacang merah, bluberi, brokoli, dan tomat.

Hindari keramas setiap hari

Sampo tidak hanya menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut tapi juga mengelupas sebum yang terdapat pada rambut. Sebum adalah minyak alami yang membuat rambut mudah diatur dan berkilau jika kadarnya tepat. Namun, terlalu banyak kadar sebum dapat berujung pada penampilan rambut yang berminyak.

Namun Anda tidak perlu mengelupas sebum di rambut setiap hari. Jika Anda tidak dapat melewatkan sehari pun tanpa keramas, setidaknya gunakan sampo yang secara spesifik diperuntukkan untuk perawatan rambut kering atau bahkan bisa coba menggunakan sampo untuk bayi. Keduanya dapat membersihkan rambut dengan lembut tanpa mengelupas keseluruhan minyak alami rambut.

Keringkan rambut dengan tepat

Jika rambut Anda rapuh dan sulit ditata setelah keramas, bisa jadi itu disebabkan oleh hilangnya kelembapan selama proses pengeringan. Cobalah membungkus rambut dengan kain atau handuk setelah mencucinya dan bukan dengan diangin-anginkan.

Selain kelima perawatan rambut kering di atas, Anda juga dapat meningkatkan kesehatan rambut dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. Di bawah ini dipaparkan bahan-bahan alami yang bisa digunakan dalam perawatan rambut kering.

Masker dengan minyak esensial

Minyak zaitun adalah salah satu bahan rumahan yang paling populer untuk mengatasi rambut kering. Selain minyak zaitun, terdapat minyak lain yang juga dapat memberikan hasil yang baik. Mereka adalah minyak kelapa, minyak almond, minyak kastor, minyak jojoba, dan minyak jagung.

Minyak-minyak tersebut kaya akan vitamin E dan antioksidan serta membantu mengunci lapisan luar rambut atau kutikula dengan kelembapan sehingga dapat memperbaiki kerusakan.

Memanfaatkan gelatin sebagai masker rambut

Gelatin tawar adalah sumber protein yang baik untuk rambut. Ia dapat melapisi helaian rambut dan melembapkannya sehingga membuat rambut halus dan berkilau.

Masker dengan campuran telur dan mayones

Telur dan mayones mengandung banyak protein yang membantu membentengi dan menguatkan rambut serta mengembalikan kelembapan pada rambut rapuh dan sangat kering.

Mengoleskan pasta alpukat

Alpukat sangat kaya akan vitamin A dan E, lemak jenuh, dan mineral yang dapat menutrisi rambut kering dan rusak serta membantu melembapkan dan menguatkannya.

Anda bisa membuat pasta ini dengan menumbuk alpukat matang yang sudah dikupas dengan sebutir telur lalu mengoleskannya pada rambut basah selama 20 menit. Setelah itu, Anda bisa membilasnya sampai bersih.

Menggunakan masker pisang

Pisang tinggi akan potasium dan memiliki kandungan pelembap yang tinggi sehingga membuatnya cocok dalam perawatan rambut kering. Dikarenakan kaya akan manfaat, pisang mungkin dapat mencegah ujung rambut bercabang, menghaluskan rambut, dan memperbaiki elastisitasnya.

Untuk mendapatkan keuntungan dari manfaat tersebut, tumbuk sebuah pisang dan oleskan merata pada rambut, dari akar hingga ujungnya. Diamkan selama satu jam dan bilas dengan air hangat.

Kesimpulannya, rambut kering dapat diatasi dengan beberapa penyesuaian konsumsi makanan dan gaya hidup. Jika kondisi ini bukan dipengaruhi oleh gangguan kesehatan, perawatan rambut kering rumahan yang murah dapat mengembalikan kelembutan, kelembapan, dan kilau rambut Anda.

 

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

FY/JJ/MA

Referensi