Penyebab dan Cara Mencegah Cedera Tangan

Cedera tangan

Cedera tangan bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti aktivitas yang berlebihan, kerusakan pada kompenen tangan hingga stress. Anda bisa mencegahnya dengan selalu regangkan tangan hingga mengganti posisi tangan jika sudah merasa tidak nyaman.

 

Go DokTangan merupakan organ tubuh yang digunakan setiap hari oleh manusia. Bagaimana tidak? Tangan memiliki begitu banyak fungsi, seperti memegang, meraih, meraba, dan masih banyak lagi. Organ ini memiliki 27 tulang dan 3 saraf. Tangan juga memiliki kelompok otot, yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Karena sering sekali digunakan, tangan memiliki potensi yang cukup besar untuk mengalami cedera.

Apa saja sih penyebab cedera tangan?

Penyebab cedera tangan umumnya karena aktivitas yang berlebihan, kerusakan pada komponen tangan hingga stress. Nah, untuk penjelasan lebih lanjutnya, yuk simak di bawah ini.

1. Penyebab traumatis:

  • Fraktur: kondisi ini ketika tangan terkena pukulan langsung atau terjatuh. Biasanya, cedera ini dialami jika Anda mengalami kecelakaan dalam kendaraan bermotor.
  • Cedera olahraga: Mirip dengan jatuh, penyebab cedera tangan yang sering dialami adalah ketika sedang berolahraga. Olahraga seperti bola, sepak bola dan hoki berpotensi untuk menyebabkan tangan cedera. Selain itu, ada pula olahraga yang berpotensi untuk terjatuh yaitu ski, senam dan bola voli.

2. Penyebab inflamasi:

  • Arthritis: Arthritis adalah kondisi umum ketika tulang dan/atau sendi tangan mengalami peradangan. Proses artritis dapat mempengaruhi banyak bagian tangan dan menyebabkan iritasi.
  • Tenosynovitis: Kondisi ini merupakan peradangan yang terjadi pada jari tangan. Nah, jika Anda mengalami cedera seperti ini, jari tangan akan sangat sulit untuk diluruskan.

3. Penyebab posisional:

Kondisi ini merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh tangan, mulai dari mengetik hingga merajut atau menjahit. Kegiatan ini akan memberikan tekanan langsung pada saraf di pergelangan tangan dan menyebabkan stres serta cedera kronis.

4. Penyebab sistemik:

Penyakit seperti diabetes dan penyakit ginjal yang menyebabkan disregulasi pada beberapa bagian tubuh. Kondisi ini dapat mempengaruhi tangan. Gejala yang dirasakan ketika mengalami kondisi ini adalah mati rasa, seperti kesemutan dan kehilangan sensasi gerak atau neuropati perifer.

5. Patah Tangan:

Kondisi ini tentunya memerlukan penanganan khusus, bahkan operasi. Tentunya, dalam kondisi ini, tangan Anda harus dilapisi dengan gyps dan harus diistirahatkan secara maksimal.

Lalu, bagaimana cara mencegah cedera tangan?

Karena begitu banyak faktor yang dapat menyebabkan cedera tangan, maka cara untuk mencegahnya juga harus diperhatikan! Yuk simak di bawah ini.

  1. Distraksi merupakan musuh utama. Selalu fokus dan waspada ketika Anda sedang bekerja menggunakan tangan!
  2. Selalu regangkan tangan untuk meningkatkan fleksibilitas pada pergelangan tangan dan jari.
  3. Lakukan latihan pada tangan untuk menguatkan dan membangun otot di sekitar pergelangan tangan. Latihan ini dapat memberikan stabilitas pada sendi.
  4. Selalu posisikan tangan dan pergelangan tangan dalam posisi netral. Posisi netral dapat mengurangi stress pada persendiran.
  5. Jangan lupa untuk beristirahat! Jangan paksakan kondisi tubuh Anda jika sudah lelah.
  6. Hindari hanya menggunakan jempol jari ketika sedang memainkan ponsel atau tablet. Gunakan alternatif dengan jari telunjuk.
  7. Ganti posisi tangan jika sudah mulai merasa tidak nyaman.

Nah, itu dia penyebab dan cara untuk mencegah cedera tangan. Tetap jaga kesehatan dan hindari penyebab cedera di atas tadi ya! Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

GA/PJ/MA

Referensi