Penyebab Dan Cara Mencegah Cedera Kaki

Cidera kaki

Cidera kaki akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Penyebabnya nyeri kaki, radang sendi hingga keseleo. Ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk mencegah cidera kaki seperti lakukan pemanasan setelah kegiatan olahraga hingga hindari berjalan dipermukaan tidak rata.

 

Go Dok Banyak jalan memang sehat untuk kesehatan. Namun, kalau kaki mengalami cedera, bagaimana untuk melakukan aktivitas berjalan? Cedera kaki akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Bagian tubuh ini memiiki tugas untuk menanggung beban ketika Anda berdiri. Maka dari itu, rasa nyeri pada kaki sering terjadi. Nyeri kaki mengacu pada rasa sakit atau ketidaknyamanan pada satu atau lebih bagian kaki. Bagian-bagian ini biasanya termasuk:

  • Jari Kaki
  • Sepatu Hak Tinggi
  • Lengkungan
  • Telapak Kaki.

Penyebab cedera kaki

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan cedera pada kaki. Ingin tahu, kan? Yuk simak faktor-faktornya di bawah ini:

1. Plantar fasciitis atau nyeri tumit

Nyeri pada bagian tumit adalah salah satu jenis cedera kaki yang paling umum. Kondisi ini terjadi ketika ligamen pada kaki meradang. Biasanya, ini terjadi karena adanya ketegangan dan tekanan pada tumit yang disebabkan oleh penggunaan sepatu dengan lengkungan tinggi. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh aktivitas yang berdampak tinggi seperti berlari.

2. Hammertoes

Secara harafiah, hammertoes memiliki arti jempol kaki yang seperti palu. Ketika Anda mengalami kondisi ini, jari kaki akan berbentuk seperti cakar atau terdapat bengkokan pada bagian tengah. Kondisi ini juga menyebabkan satu bagian dari tulang jari menonjol di atas yang lain. Dengan kondisi seperti ini, maka aktivitas jalan akan terasa menyakitkan. Jika Anda mengalami ini, segeralah menemui dokter untuk penanganannya.

3. Radang sendi

Rheumatoid arthritis adalah gangguan inflamasi kronis yang dapat mempengaruhi kondisi seluruh tubuh. Jari kaki akan bengkak dan kaku, serta terasa sangat menyakitkan. Jika kondisi ini salah satu yang menyebabkan cedera pada kaki, Anda juga disarankan untuk segera menangani ini.

4. Nyeri atau encok

Radang pada sendi bisa karena adanya faktor genetic, atau ginjal yang tidak berfungsi secara baik. Ginjal yang tidak dapat berfungsi dengan baik akan kesulitan untuk memecah asam urat yang biasa ditemukan pada daging, saus berat, dan makanan laut. Gejala dari kondisi ini adalah sendi akan terlihat merah, terasa panas, dan membengkak, serta sangat sensitif terhadap sentuhan.

5. Tendinitis

Tendinitis biasanya terasa seperti sakit ringan. Kondisi ini akan terlihat seperti pembengkakan ringan, tetapi sangat mengganggu aktivitas. Cara terbaik untuk menyingkirkannya adalah istirahat dan terapi fisik.

6. Keseleo

Bagi Anda yang aktif sekali, potensi untuk mengalami cedera pada kaki tentunya akan lebih tinggi. Keseloe terjadi ketika peregangan pada ligamen atau otot dan tendon. Butuh waktu untuk bisa pulih dari kondisi ini.

Cara mencegah cedera kaki

Cedera kaki memang menyakitkan, tetapi ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk menghindarinya. Yuk simak di bawah ini:

1. Lakukan pemanasan sebelum kegiatan olahraga apa pun

Selalu lakukan pemanasan sebelum berolahraga atau melakukan aktivitas yang berat. Pemanasan bergfungsi untuk meregangkan otot.

2. Pilih Sepatu yang nyaman

Pemilihan sepatu sering menjadi faktor penyebab cedera kaki. Terutama untuk perempuan yang gemar menggunakan sepatu hak tinggi. Pilihlah sepatu yang nyaman untuk digunakan serta yang memiliki sedikit potensi untuk membuat kaki sakit.

3. Hindari berjalan di permukaan yang tidak rata

Cobalah lebih berhati-hati untuk tidak memilih jalanan yang berbatu atau tidak rata. Kondisi jalanan seperti ini berpotensi untuk membuat Anda tersandung dan ketidaknyamanan pada kaki. Pilih lah jalanan yang mulus serta rata untuk berjalan.

Nah, itu dia penyebab dan cara untuk mencegah cedera pada kaki. Tetaplah berhati-hati dalam berkegiatan, dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi