Penyebab dan Cara Mencegah Cedera Bahu

Cedera bahu

Cedera bahu biasanya sering terjadi karena kegiatan sehari-hari, olahraga, atau bahkan gerakan berulang yang sering dilakukan oleh tangan. Ada juga penyakit tertentu yang dapat menyebabkan rasa sakit dan menyebar pada bahu. Seperti penyakit tulang belakang leher, hati, jantung, atau penyakit kandung empedu.

 

Go DokTubuh sehat dan bugar membuat badan kita bisa bergerak secara bebas. Namun, kalau ada salah satu dari bagian tubuh nyeri, rasanya mengganggu sekali, ya? Nah, salah satu rasa nyeri yang sering dirasakan oleh tubuh adalah bagian bahu. Bahu memiliki rentang gerak yang lebar dan cenderung fleksibel. Ketika bahu terasa sakit, pastinya akan menghambat kemampuan tangan untuk bergerak bebas.

Apa sih yang menyebabkan cedera bahu?

Faktor yang paling sering terjadi adalah karena kegiatan sehari-hari, olahraga, atau bahkan gerakan berulang yang sering dilakukan oleh tangan. Ada juga penyakit tertentu yang dapat menyebabkan rasa sakit dan menyebar pada bahu. Penyakit-penyakit tersebut seperti penyakit tulang belakang leher, hati, jantung, atau penyakit kandung empedu.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penyebab dari cedera bahu yang mungkin bisa Anda hindari.

1. Ketidakstabilan

Terkadang, gerakan sendi pada bahu tanpa disadari bergerak atau dipaksa keluar dari posisi normalnya. Kondisi ini disebut ketidakstabilan, dan dapat menyebabkan dislokasi pada salah satu sendi di bahu. Bagi Anda yang menderita masalah ketidakstabilan ini, pasti akan mengalami rasa sakit ketika ingin mengangkat lengan. Parahnya lagi, rasa sakit ini bisa terasa seolah bahu ingin terlepas dari tempatnya!

2. Benturan

Cedera bahu juga dapat disebabkan oleh gesekan yang berlebihan dari otot bahu, mulai dari bagian atas tulang belikat. Gesekan ini dinamakan akromion. Masalah peretasan dapat terjadi pada kegiatan yang membutuhkan gerakan lengan atas secara berlebihan. Jika Anda mengalami ini, maka segeralah untuk melakukan perawatan medis. Takutnya, cedera ini dapat menyebabkan penyakit yang serius.

3. Rotator Cuff Tendinitis

Apa sih sebenarnya Rotator Cuff Tendinitis? Rotator Cuff Tendinitis juga biasa disebut dengan tendonitis. Kondisi ini ketika tendon dan otot yang membantu menggerakkan sendi bahu. Jika Anda mengalami kondisi ini, itu berarti tendon bahu Anda sedang meradang atau iritasi. Kondisi ini sering terjadi jika Anda memiliki hobi bermain tennis atau berenang.

Lalu, bagaimana mencegah cedera pada bahu?

Cedera pada bahu memang dapat disembuhkan tanpa adanya tindakan operasi. Namun, lebih baik mencegah ‘kan dari pada mengobati? Nah, inilah beberapa cara untuk mencegah cedera bahu yang bisa Anda ikuti.

1. Dengarkan tubuhmu

Jika bahu mulai terasa sakit setelah beraktivitas, jangan diabaikan! Langsung temui dokter atau perawatan khusus jika rasa sakitnya mulai serius dan dirasa tidak hilang.

2. Tetap bugar

Jagalah tubuh dengan cara olahraga yang teratur dan diet yang sehat. Ini adalah cara yang baik untuk tetap sehat, dan dapat membantu Anda untuk menghindari cedera. Berhati-hatilah ketika sedang berolahraga.

3. Latihan dengan cara yang benar

Sebelum Anda memulai kegiatan olahraga, selalu ingat untuk melakukan pemanasan! Mulailah dengan perlahan sebelum berolahraga atau beraktivitas. Pelajari cara mengangkat beban dengan cara yang benar. Ingat! Jangan terlalu banyak mengangkat.

4. Lebih berhati-hati

Jika Anda sedang bekerja yang mengharuskan duduk dalam waktu lama, gunakanlah postur yang baik. Jaga punggung untuk tetap lurus. Istirahat selama beberapa menit setiap jamnya. Lalu, jangan lupa untuk selalu bergerak untuk meregangkan otot. Hindari mengambil barang yang membutuhkan posisi meraih.

Nah, itu dia penyebab dan cara mencegah cedera bahu. Tetap lah berhati-hati dalam berkegiatan ya! Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

GA/PJ/MA

Referensi