Penyebab dan Arti Munculnya Jerawat Di Dagu

Jerawat di dagu

Jerawat di dagu merupakan kondisi yang sangat umum. Jerawat yang muncul di bagian-bagian wajah tertentu memiliki arti dan penyebabnya masing-masing.Penelitian menunjukkan bahwa jerawat yang muncul pada dagu dan rahang sering dikaitkan dengan hormon, terutama pada perempuan.

 

Go Dok Jengkel tidak sih, baru bangun tidur lalu ketika berkaca, ternyata ada jerawat di wajah? Selain mengganggu pandangan, jerawat juga membuat wajah terasa tidak nyaman. Jerawat muncul ketika pori-pori pada wajah tersumbat dengan minyak dan sel-sel kulit mati. Jerawat dapat bermunculan pada wajah di posisi tertentu.

Muncul jerawat di dagu, apa artinya?

Nyatanya, jerawat di dagu merupakan kondisi yang sangat umum. Katanya, jerawat yang muncul di bagian-bagian wajah tertentu memiliki arti dan penyebabnya masing-masing. Ternyata, itu bukan sekedar katanya! Penelitian menunjukkan bahwa jerawat yang muncul pada dagu dan rahang sering dikaitkan dengan hormon, terutama pada perempuan.

Hormon yang disebut androgen dapat menstimulasi produksi sebum. Sebum merupakan minyak yang dapat menyumbat pori-pori pada wajah dan menyebabkan jerawat. Bagi perempuan jerawat di dagu atau rahang dapat berpengaruh dengan jadwal datang bulan. Karenanya, beberapa perempuan menghasilkan androgen lebih banyak daripada laki-laki.

Lalu, apa  faktor-faktor yang menjadi penyebab  jerawat di dagu:
  1. Perubahan hormon seperti pubertas, hamil, menstruasi, dan juga menopause
  2. Menyentuh dagu dengan keadaan tangan yang tidak bersih
  3. Pola makanan yang buruk.

Selain itu, produk susu atau dairy memiliki faktor paling besar terhadap penyebab jerawat pada dagu. Memang, mengurangi makanan atau minuman yang mengandung susu akan sangat sulit. Hidup pun akan terasa sangat membosankan tanpa mengonsumsi produk susu. Namun, jika Anda memiliki kulit yang sensitif, maka mengurangi produk susu  menjadi langkah pertama yang harus dilakukan.

Beberapa dokter mengatakan bahwa gejala intoleransi laktosa menjadi salah satu gejala munculnya jerawat di dagu. Kondisi ini adalah ketika tubuh tidak mampu untuk mencerna protein yang dinamakan kasein. Kandungan ini biasanya sering ditemukan pada susu sapi. Ketika protein ini masuk ke aliran darah, maka zat tersebut itu dapat menyebabkan peradangan. Nah, inilah yang menjadi penyebab jerawat pada wajah nantinya. Selain itu, mengonsumsi susu dapat membuat tubuh memproduksi hingga 60% lebih banyak minyak daripada kondisi normal.

Ketika kita mengonsumsi hormon yang ada pada susu, maka kelenjar sebasea atau kelenjar yang menghasilkan minyak dan mengeluarkannya ke kulit dan folikel rambut akan mulai menyempit. Kondisi ini akan membuat pori-pori menjadi lebih mudah tersumbat dan membuat jerawat lebih sering muncul. Nah, jika Anda mengalami jerawat pada bagian dagu, maka solusinya adalah untuk mengurangi konsumsi susu.

Bersihkanlah pola makan Anda dan konsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan gandum utuh. Makanan yang mudah dicerna oleh tubuh cenderung tidak menyebabkan peradangan. Beberapa contoh makanan yang dapat membantu tubuh untuk melawan peradangan adalah sayuran hijau gelap seperti kale dan brokoli, ikan, kacang, dan buah-buahan seperti blueberry dan ceri.

Nah, itu dia penyebab dan arti jerawat di dagu. Tetaplah jaga kesehatan tubuh, baik bagian dalam maupun luar tubuh. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi