Penyebab Bau Mulut Tidak Hanya Masalah Kesehatan Gigi

penyebab bau mulut

Penyebab bau mulut tudak hanya disebabkan oeh masalah kesehatan gigi, gusi dan makanan yang berbau menyengat. Ada juga berbagai kondisi kesehatan lain yang bisa menjadi penyebab bau mulut.

 

Go DokBukan hanya bermodalkan wajah yang rupawan, penting juga lho untuk menjaga aroma tubuh dalam sebuah pergaulan, termasuk menjaga aroma mulut agar tidak berbau busuk. Apalagi jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk sering bertemu banyak orang. Aroma yang tidak sedap dari mulut dapat menjadi kesan buruk bagi klien Anda, lho.

Memang, menurut penelitian, 1 dari 4 orang mengalami gangguan bau mulut dalam hidupnya, dan hal tersebut tidak berkaitan dengan penyakit berbahaya yang sedang dideritanya. Namun, dengan menjaga kebersihan mulut, Anda bisa kok terbebas dari halitosis atau yang lebih dikenal dengan bau mulut yang tidak sedap.

Sebenarnya, gangguan bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi dan makanan yang berbau menyengat. Ada juga beberapa kondisi kesehatan lain yang bisa menjadi penyebab bau mulut.

Mau tahu apa saja? Yuk, kita simak sama-sama artikel penyebab bau mulut berikut.

  • Bagi Anda yang perokok, aroma tembakau yang tertinggal sehabis merokok termasuk sulit untuk dihilangkan, lho, bahkan setelah meminum air. Selain itu, bagi Anda yang merokok dapat meningkatkan risiko terkena radang pada gusi, yang menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap.
  • Makanan yang beraroma kuat, seperti bawang dapat menyebabkan mulut Anda berbau tidak sedap. Pasalnya, senyawa kimia dari bawang dan makanan beraroma kuat lainnya terserap ke dalam darah dan dihembuskan keluar melalui paru-paru. Selain itu, sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut pun juga menjadi santapan bakteri. Akibatnya, bakteri dari gigi yang berlubang, karang gigi, plak, maupun radang gusi dapat menjadi penyebab bau mulut Anda menjadi tidak sedap.
  • Anda yang sedang melakukan program diet dengan mengonsumsi makanan rendah karbohidrat juga rentan memiliki bau mulut yang kurang sedap. Alasannya, proses metabolisme tubuh dalam mengubah lemak menjadi energi menghasilkan asam yang disebut keton. Keton ini dikenal memiliki aroma yang khas yang menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap.
  • Beberapa jenis metode pengobatan dapat meninggalkan bau kimia dan mempengaruhi produktivitas air liur yang membuat mulut berbau tidak sedap. Contohnya pasien yang sedang melakukan kemoterapi, obat mengandung nitrat yang digunakan untuk mengobati angina, dan obat penenang seperti fenotiazin.
  • Mulut yang kering juga menjadi penyebab bau mulut. Pada dasarnya, air liur berfungsi membersihkan bakteri yang berkembang dari sisa-sisa makanan di dalam mulut serta menjaga mulut agar tetap basah. Dalam kondisi yang parah, dikenal kelainan yang disebut xerostomia yaitu ketika tubuh kehilangan kemampuan menghasilkan air liur sehingga mulut kering terus-menerus.

Selain karena penyebab di atas, jika Anda mengalami bau mulut yang tidak sedap dalam jangka waktu yang cukup lama, mungkin jadi penanda adanya penyakit berbahaya yang sedang mengintai Anda.

Beberapa penyakit yang berhubungan dengan bau mulut yang tidak sedap di antaranya!
  • Kelainan metabolisme tubuh, seperti GERD atau naiknya asam lambung ke kerongkongan. Pasalnya, asam lambung beserta bahan makanan yang sedang dicerna terangkat ke rongga kerongkongan yang membuat aroma mulut menjadi tidak sedap.
  • Gangguan pencernaan lainnya, seperi bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan sakit maag juga dapat menjadi penyebab bau mulut yang Anda alami.
  • Penderita diabetes juga bisa mengalami bau mulut yang tidak sedap. Pasalnya, kurangnya kadar insulin membuat tubuh tidak bisa memproses gula dan memaksa tubuh untuk membakar lemak di dalam tubuh, yang dikenal dengan ketoasidosis. Akibat pembakaran lemak tersebut, tubuh menghasilkan keton dalam jumlah yang banyak dan menjadi penyebab bau mulut.

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab bau mulut. Jika bau mulut Anda bertahan dalam waktu yang lama dan terasa makin parah, jangan segan untuk segera memeriksakannya ke dokter, ya!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi