Penyebab Banyaknya Gas dalam Tubuh Saat Hamil

Penyebab banyaknya gas dalam tubuh saat hamil

Penyebab banyaknya gas dalam tubuh saat hamil; saat tubuh sedang mencerna makanan dan mengubahnya menjadi energi. Di masa-masa awal kehamilan, akan terjadi peningkatan produksi hormon di dalam tubuh Anda, terutama sebelum ukuran rahim Anda membengkak dan memenuhi perut.

 

Go Dok Selama kehamilan, Anda tentu mengalami beberapa hal yang seringkali memalukan bagi seorang wanita. Contohnya saja, Anda menjadi lebih sering bersendawa, mengeluarkan gas dari anus (kentut), serta merasa kembung. Ketiga hal ini sejatinya terjadi pada ibu hamil, dikarenakan kadar gas di dalam tubuh meningkat di masa kehamilan. Jadi, Anda bisa sedikit tenang karena hal ini terjadi hampir pada setiap wanita yang tengah hamil.

Namun, tentunya Anda penasaran, bagaimana hal ini bisa terjadi? Adakah cara untuk mencegahnya? Untuk masalah tersebut, mari simak penjelasan lengkap tentang penyebab banyaknya gas di dalam tubuh Anda saat hamil, berikut ini!

Apa penyebab banyaknya gas di dalam tubuh saat hamil?

Pertama-tama, perlu Anda ketahu bahwa gas di dalam tubuh terbentuk di dalam perut dan usus Anda, saat tubuh sedang mencerna makanan dan mengubahnya menjadi energi. Di masa-masa awal kehamilan, akan terjadi peningkatan produksi hormon di dalam tubuh Anda, terutama sebelum ukuran rahim Anda membengkak dan memenuhi perut. Hormon diperlukan untuk membantu perkembangan rahim Anda.

Nah, peningkatan produksi hormon progesteron di dalam tubuh Anda ini akan memperlambat kinerja dari sistem pencernaan, sehingga tubuh memiliki waktu untuk memproduksi lebih banyak gas dari biasanya. Kelebihan gas di dalam tubuh inilah yang kemudian memicu tubuh Anda untuk bersendawa atau mengentut, sebagai salah satu cara membuang gas berlebih.

Tak hanya itu, gas berlebih di dalam tubuh saat hamil juga kerap membuat Anda merasa kembung. Saat masa kehamilan berlanjut, rahim akan semakin membesar, dan letak usus menjadi sedikit bergeser, hingga keduanya memenuhi ruang di dalam perut. Hal ini akan membuat sistem pencernaan Anda bekerja lebih lambat lagi, sehingga semakin banyak gas yang memenuhi tubuh. Selain itu, rasa kembung juga dipicu oleh tekanan yang diberikan rahim pada perut Anda, seiring semakin membesarnya bagian tubuh tersebut.

Terlebih lagi, hormon-hormon yang diproduksi selama kehamilan memiliki efek menenangkan pada otot-otot Anda, termasuk otot yang mengontrol frekuensi pembuangan gas. Hal inilah yang kemudian membuat Anda bersendawa dan kentut tanpa bisa dikontrol.

Adakah hal yang memperparah penyebab banyaknya gas saat hamil?

Ya, ada, yaitu makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Sebagian makanan dan minuman memiliki kadar gas lebih banyak dibandingkan yang lainnya, sehingga bisa menambah penuh tubuh Anda dengan gas. Berikut adalah makanan yang bisa menjadi penyebab banyaknya gas saat hamil :

  • Minuman berkarbonasi/bersoda
  • Produk olahan sapi, seperti susu dan keju
  • Brokoli, kubis, dan kembang kol
  • Bawang merah dan putih
  • Bayam
  • Kentang
  • Kacang polong dan makanan berserat tinggi lainnya.

Tak hanya itu, cara Anda makan juga bisa memicu gas berlebih di dalam tubuh. Makan terlalu banyak dalam satu waktu, ataupun makan terlalu cepat dapat meningkatkan jumlah angin yang masuk ke dalam tubuh.

Lalu, adakah cara mengurangi kadar gas di dalam tubuh?

Pertama-tama, Anda harus menghindari makanan penyebab banyaknya gas saat kehamilan yang baru saja disebutkan di atas. Selain itu, cobalah makan dalam porsi kecil-kecil, namun sering dan makanlah dengan perlahan untuk menghindari tertelannya udara. Cobalah pula untuk banyak bergerak selama kehamilan, dan lakukan pula olahraga ringan seperti yoga dan senam.

Nah, itu dia serba-serbi penyebab banyaknya gas di dalam tubuh saat hamil. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dengan dokter seputar kesehatan Anda  kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi