Penyebab Asam Lambung Naik yang Mengganggu Kenikmatan Makan

Penyebab asam lambung naik

Penyebab asam lambung naik ; Asam lambung naik merupakan kondisi umum yang terjadi pada beberapa orang. Sebagian besar orang akan merasakan seperti terbakar di area sekitar dada.

 

Go Dok Pernah tidak sih Anda sedang asyik-asyik menyantap makanan kesukaan, tiba-tiba perut terasa mual dan ingin muntah? Atau bahkan rasa mual diiringi dengan kondisi sulit bernapas? Nah, itu berarti asam lambung Anda sedang naik.

Asam lambung naik merupakan kondisi umum yang terjadi pada beberapa orang. Sebagian besar orang akan merasakan seperti terbakar di area sekitar dada. Hal tersebut dapat terjadi karena asam lambung yang naik kembali mengalir ke saluran kerongkongan, lantaran kemampuan katup penghubung saluran lambung kehilangan kemampuan untuk menutup katupnya.

Jika tidak memahami apa yang menjadi penyebab asam lambung naik, dapat mengakibatkan sejumlah gangguan yang membuat Anda merasa kembung dan sakit ketika mengonsumsi makanan. Mau tahu apa saja penyebabnya?

Penyebab Asam Lambung Naik

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan asam lambung dan dapat terjadi kapan saja. Namun, kebanyakan orang cenderung mengalami asam lambung naik pada malam hari. Hal ini terjadi karena banyak orang berbaring dan tertidur pada malam hari sehingga membuat asam lambung lebih mudah naik ke rongga dada.

Berikut beberapa hal yang penyebab asam lambung naik:

  • Kondisi sedang berbaring atau membungkuk
  • Kondisi setelah makan berat yang dikonsumsi secara mendadak
  • Setelah makan berlemak atau pedas
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Mengonsumsi makanan berat dan berbaring telentang atau membungkuk di pinggang
  • Memakan camilan dekat dengan waktu tidur atau langsung berbaring setelah makan
  • Efek samping dari mengonsumsi aspirin atau ibuprofen, beberapa jenis obat relaksasi otot, maupun obat tekanan darah tertentu
  • Beberapa jenis olahraga dapat menyebabkan acid refluxkarena adanya peningkatan tekanan di rongga perut.

Asam lambung naik dapat timbul setelah makan makanan besar atau berbaring tepat setelah makan. Hal tersebut dapat memicu rasa mulas pada perut atau gejala penyakit lainnya seperti batuk kering atau masalah menelan. Berikut adalah makanan dan minuman yang dapat memicu asam lambung Anda naik:

  • Alkohol
  • Minuman berkarbonasi
  • Cokelat
  • Buah jeruk, seperti jeruk atau lemon
  • Kopi atau teh (biasa atau tanpa kafein)
  • Makanan berlemak atau gorengan
  • Makanan yang mengandung tomat, seperti spaghetti sauce, salsa, atau pizza
  • Bawang putih
  • Daun mint
  • Makanan pedas, seperti yang mengandung cabai atau kari.

Gejala Asam Lambung Naik

Pada dasarnya, gejala yang disebabkan naiknya asam lambung dapat bervariasi pada setiap orang. Efek dari asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan dan rongga dada dirasakan sebagian besar orang seperti perasaan dada yang terbakar. Nah, dengan memaksakan makanan masuk kembali, dapat mengakibatkan perasaan tidak nyaman bertambah parah.

Selain kembung dan dada yang terbakar, ada beberapa gejala lainnya yang dapat Anda rasakan:

1. Mulas

Mulas adalah gejala yang paling umum dari ketika asam lambung sedang naik. Lambung Anda terlindungi dari efek asam lambung yang bersifat korosif. Jika sfingter esofagus pada bagian bawah tidak mencegah asam lambung keluar dari perut dan masuk ke kerongkongan, itulah yang mengakibatkan sensasi terbakar muncul pada dada Anda.

2. Rasa masam

Sama seperti namanya, Anda akan merasakan rasa masam atau pahit pada mulut. Ini terjadi karena asam lambung naik sampai ke bagian belakang tenggorokan atau mulut Anda. Anda juga kemungkinan akan merakan sensasi terbakar di tenggorokan dan mulut Anda.

3. Regurgitasi

Beberapa orang yang sedang mengalami asam lambung naik akan merasakan regurgitasi. Ini adalah perasaan dimana ketika cairan, makanan, atau empedu naik ke tenggorokan Anda, bukan ke bawah. Inilah yang menyebabkan beberapa orang merasakan mual hingga muntah.

4. Dispepsia

Dispepsia adalah rasa terbakar dan ketidaknyamanan pada bagian tengah perut bagian atas. Gejala ini dikenal sebagai gangguan pencernaan. Mulas bisa menjadi gejala dispepsia dan merasakan rasa sakit yang terus menerus.

5. Kesulitan menelan

Kesulitan menelan atau disfagia memengaruhi setidaknya 1 dari 25 orang dewasa setiap tahunnya. Ini adalah kondisi ketika menelan makanan atau minuman menjadi sangat sulit atau menyakitkan.

Nah itulah beberapa gejala dan factor yang dapat menjadi penyebab asam lambung naik dan menimbulkan sensasi seperti terbakar di rongga dada. Biasakan untuk makan tepat waktunya ya agar Anda terhindar dari asam lambung yang naik dan mengganggu aktivitas harian. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

GM/TP/PJ

Referensi