Penyakit Hepatitis A ; Apa bedanya dengan Hepatitis lainnya?

Penyakit hepatitis A

Penyakit hepatitis A merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan dari serangan virus sehingga menyebabkan infeksi pada organ liver. Gejala dari hepatitis A muncul mulai dari dua hingga enam minggu setelah melakukan kontak dengan sumber virus.

 

Go Dok  Sudah tahu dong, hati merupakan salah satu organ penting dalam tubuh Anda. Kelenjar terbesar dalam tubuh ini berperan vital dalam menjaga darah agar dapat mengalirkan oksigen dan nutrisi bagi organ-organ lainnya. Sayangnya, masih banyak sejumlah kalangan yang belum sadar akan penyakit yang bisa merusak fungsi organ ini, termasuk hepatitis A.

Golongan keluarga hepatitis memang sudah dikenal setiap orang sebagai penyakit yang dapat mengancam nyawa. Setidaknya, ada 5 jenis hepatitis yang banyak dikenal, salah satunya penyakit hepatitis A.

Lalu, apa bedanya antara hepatitis yang satu dengan lainnya? Nah, biar Anda tertukar, yuk, sama-sama melihat artikel yang berikut ini agar Anda lebih mengenal penyakit hepatitis A!

Mengenal penyakit hepatitis A mulai dari gejala dan siapa saja yang berisiko mengalaminya!

Apa itu penyakit hepatitis A?

Hepatitis A merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan dari serangan virus sehingga menyebabkan infeksi pada organ liver. Seperti yang Anda ketahui bersama, virus dapat menyebabkan infeksi pada tubuh dan dapat tertular melalui udara maupun makanan.

Kasus penyakit hepatitis A yang berujung pada kematian memang jarang ditemukan. Namun, jika tetap dibiarkan, kondisi ini akan memburuk dan menyebabkan sang pasien kehilangan fungsi hatinya secara keseluruhan. Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh sanitasi yang kurang baik dan interaksi yang intens dengan pengidap hepatitis A.

Apa saja gejala hepatitis A?

Gejala penyakit hepatitis A muncul mulai dari dua hingga enam minggu setelah melakukan kontak dengan sumber virus. Gejala yang dialami penderita bisa bervariasi, lho, mulai dari ringan hingga parah.

Lemas, pusing, mual, muntah, sakit perut dan demam merupakan gejala ringan dari penyakit hepatitis A. Jika berbicara gejala yang parah, kulit dan mata sang penderita bisa berubah kekuningan. Jika sudah seperti ini, sebagian besar masyarakat lebih mengenal dengan istilah sakit kuning.

Siapa saja yang berisiko terkena hepatitis A?

Kalau ingin mengenal penyakit hepatitis A secara total, tentunya Anda juga harus mengetahui siapa saja orang-orang yang memiliki potensi untuk terkena penyakit ini. Nah, menurut situs resmi WHO (World Health Organization), semua orang yang belum pernah mendapat vaksin hepatitis, sangat mungkin terinfeksi virus hepatitis, lho. Bagi Anda yang belum melakukan vaksin ini, ada baiknya segera melakukannya, ya.

Selain itu, kesehatan lingkungan tempat tinggal juga menentukan kesehatan hati, lho. Setiap pasien penyakit hepatitis A umumnya tinggal di tempat yang kebersihannya kurang terjaga. Selain itu, kualitas air yang mereka konsumsi juga kurang baik. Namun tetap saja, kontak dengan pengidap pasien hepatitis lah yang menjadi penyebab utama munculnya penyakit ini pada tubuh Anda.

Nah, sekarang Anda sudah lebih mengenal penyakit hepatitis A, bukan? Selain itu, masih ada jenis penyakit hepatitis lainnya yang mengincar Anda, lho. Maka dari itu, yuk, sama-sama menjaga kebersihan lingkungan, agar Anda dapat terhindar dari penyakit yang satu ini.

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggung? Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasinya di sini.

RZ/TP/PJ

Referensi