Pentingnya Deteksi Dini pada Gejala Kanker Getah Bening

Gejala kanker getah bening

Gejala kanker getah beningcara mendeteksi kanker getah bening dengan melihat adanya pembengkakan di bagian tubuh yang memiliki kelenjar getah bening, seperti di leher, selangkangan, perut, ataupun ketiak. Lalu, bagaimana cara mengobati kanker getah bening?

 

Go Dok – Setiap seseorang terkena penyakit, selain bantuan obat-obatan, tubuh secara otomatis membentuk sistem kekebalan tubuh untuk menghalau virus dan bakteri jahat yang dapat menyebabkan infeksi semakin parah.

Salah satu agen di dalam sistem kekebalan tubuh yang memiliki fungsi vital ialah kelenjar getah bening. Bagian tubuh yang satu ini memang berfungsi membentengi diri dari serangan racun dan virus sebagai bentuk sistem kekebalan tubuh.

Sayangnya, getah bening, sebagai agen dalam system kekebalan tubuh, juga dapat terinfeksi dan terserang penyakit. Penyakit tersebut disebut Limfoma atau lebih dikenal dengan kanker getah bening.

Agar tubuh dapat terus menghalau serangan virus dan racun yang berbahaya, pentingnya untuk mendeteksi gejala kanker getah bening sejak dini, lho. Mau tahu?

Yuk, simak gejala kanker getah bening dan cara mengobati kanker getah bening ini!

Gejala Kanker Getah Bening

Setidaknya, ada 2 jenis kanker getah bening atau Limfoma yang umum menyerang manusia, yaitu Limfoma Hodgkin yang menyerang satu kelenjar getah bening secara berurutan, dan Limfoma non-Hodgkin yang menyerang kelenjar getah bening secara acak.

Sayangnya, masih banyak orang yang keliru dalam mendeteksi kehadiran kanker getah bening sejak dini karena tanda dan gejalanya yang yang serupa dengan penyakit flu biasa. Perbedaannya, hanya gejalanya yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Salah satu cara mendeteksi kehadirannya dengan melihat adanya pembengkakan di bagian tubuh yang memiliki kelenjar getah bening, seperti di leher, selangkangan, perut, ataupun ketiak. Sebenarnya, kelenjar getah bening akan membengkak tanpa menimbulkan rasa sakit ketika tubuh mengalami infeksi umum, seperti pilek.

Namun, bagi seseorang yang terkena Limfoma, pembengkakan dapat terjadi yang disertai rasa sakit karena kelenjar tersebut menekan organ tubuh, tulang, hingga struktur lainnya. Pembengkakan tersebut juga terjadi dalam waktu lama, bahkan biasanya tidak kunjung hilang.

Selain itu, beberapa gejala kanker getah bening lainnya adalah:

  • Demam terus menerus tanpa infeksi
  • Berkeringat pada malam hari, demam, dan menggigil
  • Penurunan berat badan dan kehilangan nafsu makan
  • Gatal yang tidak biasa
  • Kelelahan yang terus-menerus, kelelahan yang tidak biasa, atau kekurangan energi
  • Nyeri pada kelenjar getah bening setelah minum alkohol.

Ada pula gejala kanker getah bening tambahan yang bisa mengindikasikan Anda terkena Limfoma jenis non-Hodgkin seperti:

  • Batuk terus-menerus
  • Sesak napas
  • Nyeri atau pembengkakan pada perut

Rasa nyeri, kelemahan, kelumpuhan, atau perubahan sensasi dapat terjadi jika kelenjar getah bening membesar menekan saraf spinal atau sumsum tulang belakang. Limfoma dapat menyebar dengan cepat dari kelenjar getah bening ke bagian lain tubuh melalui sistem limfatik.

Cara mengobati kanker getah bening

Jika pertumbuhan kanker getah bening cenderung lambat dan tidak membahayakan, penderita cukup perlu memantaunya berdasarkan anjuran dari dokter. Namun, Limfoma dengan kasus yang parah,membutuhkan sejumlah prosedur medis seperti:

  • Kemoterapi menggunakan obat untuk menghancurkan sel-sel kanker yang menyebar dengan cepat. Obat-obatan biasanya disuntikan melalui pembuluh vena, tetapi bisa juga menggunakan obat minum berupa pil.
  • Anda juga bisa menggunakan terapi dengan obat lainnya untuk mengobati limfoma, seperti obat antibodi sintetis untuk membunuh sel kanker penyebab Limfoma
  • Terapi radiasi menggunakan sinar radioaktif tingkat tinggi, seperti sinar-X dan proton, untuk membunuh sel-sel kanker.
  • Transplantasi sumsum tulang atau juga dikenal dengan transplantasi sel punca, melibatkan penggunaan kemoterapi dosis tinggi dan radiasi untuk meregenerasi dan mengembalikan fungsi sumsum tulang Anda.

Itulah metode penanganan dan gejala kanker getah bening yang umum ditemukan pada penderita Limfoma atau kanker getah bening. Jangan anggap sepele segala penyakit dan kelainan yang menyerang tubuh Anda, ya, karena bisa jadi itu tanda adanya penyakit lainnya yang lebih parah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Dapatkan tips-tips kesehatan lainnya dari Tim dokter, langsung dari Smartphone. Yuk, Download aplikasi Go Dok.

TP/PJ/MA

Referensi