Pentingkah Minum Vitamin C Sebelum Puasa?

Minum Vitamin C sebelum puasa

Minum Vitamin C sebelum puasa ; Saat menjalankan ibadah puasa tidak ada salahnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan rutin mengonsumsi Vitamin C saat sahur. Selain baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, masih banyak lho manfaat Vitamin C yang dikonsumsi sebelum puasa.

 

Go Dok Menjelang bulan Ramadhan, segenap umat Muslim bersiap menyambutnya, mulai dari kesiapan rohani serta fisik yang bugar agar bisa menjalankan puasa selama sebulan ke depan. Agar tubuh siap menyambut bulan puasa, tidak sedikit orang yang mulai menyiapkan makanan sehat serta berbagai suplemen vitamin agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Seberapa pentingkah minum vitamin C sebelum puasa?

Memang, dengan memperhatikan kandungan menu buka puasa yang dikonsumsi, serta menjaga jam tidur yang teratur, Anda dijamin dapat melalui bulan Ramadhan selama sebulan ke depan. Namun, tidak ada salahnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan rutin meminum vitamin C saat sahur. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh masih ada manfaat lainnya, lho.

Lalu, Apa saja manfaat vitamin C yang dikonsumsi sebelum puasa lainnya?

1. Pikiran segar sepanjang hari

Salah satu alasan mengapa minum vitamin C sebelum puasa itu baika adalah untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat Anda. Ketika sedang menjalankan ibadah puasa, fungsi kognitif otak seperti konsentrasi, mengingat, dan mengambil keputusan mungkin saja menurun karena otak kekurangan asupan oksigen. Vitamin C memiliki fungsi untuk menjaga jaringan pada otak dan menjaga Anda tetap segar setiap harinya.

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Bagi Anda yang merasa lelah seharian dan sulit tidur, vitamin C akan sangat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Terlebih lagi, Anda diharuskan bangun sahur dan berkegiatan di paginya. Dengan tidur yang nyenyak, Anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas dan baik bagi tubuh.

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

Pentingkah minum vitamin C sebelum puasa? Jawabannya adalah penting! Karena, vitamin C memiliki khasiat untuk meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan pada vitamin C dapat mengurangi stres oksidatif dan mencegah disfungsi vaskular yang disebabkan oleh beban glukosa.

4. Mencegah lemas saat puasa

Manfaat ini menjadi salah satu yang terpenting dari fungsi vitamin C pada tubuh. Ketika sedang menjalankan ibadah puasa, seringkali Anda merasa lemas selama seharian. Apalagi ketika memasuki pertengahan bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan sistem metabolisme tubuh Anda masih dalam tahap penyesuaian. Nah, dengan adanya asupan dari vitamin C, sistem metabolisme akan lebih cepat beradaptasi terhadap perubahan tubuh Anda. Anda pun akan lebih kuat dan segar ketika menjalani ibadah puasa.

5. Menjaga daya tahan tubuh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, vitamin C memiliki fungsi untuk memperkuat sel-sel imun dan menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Pasalnya, ketika Anda sedang berpuasa, sel-sel imun dalam tubuh sedang berusaha mengikuti perubahan jam biologis tubuh.

Sehingga, tanpa adanya asupan dari vitamin C, sel-sel imun akan sulit untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Dengan adanya perubahan dari kerja imun ketika berpuasa, Anda akan lebih rentan terkena penyakit. Maka dari itu, minum  vitamin C sebelum puasa sangat penting bagi tubuh Anda.

Bagi Anda yang masih bertanya ‘pentingkah minum vitamin C sebelum puasa’, kini telah memahami khasiatnya, kan? Selain vitamin C, jangan lupa untuk meminum madu murni ketika sahur untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda kenyang lebih lama. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi