Penjelasan Medis Seputar Perbedaan Warna Mata

Perbedaan warna mata

Perbedaan warna mata dipengaruhi oleh pencampuran genetika orang tua dari masing-masing kromosom dan jumlah pigmennya. Kurangnya pigmen akan menghasilkan mata berwarna biru, pigmen dengan jumlah tertentu dapat menghasilkan mata berwana hijau dan kadar pigmen dengan jumlah banyak akan menghasilkan mata yang berwarna cokelat. 

Go DokWarna mata adalah salah satu karakteristik paling menarik dari seorang individu. Penelitian pada bidang genetika dan epidemiologi mengenai warna mata yang kita miliki mengungkapkan banyak sekali fakta menarik mengenai pigmentasi pada warna mata dan hubungannya dengan berbagai adanya berbagai macam penyakit baik pada mata maupun pada organ lainnya.

Perbedaan warna mata pada setiap orang

Warna yang terdapat pada mata muncul berdasarkan variasi jumlah melanin, zat pigmen yang ditemukan pada iris. Iris sendiri berguna untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk melalui lensa ke retina pada mata. Agar bagian iris tidak tembus oleh cahaya, maka ia dilapisi dengan pigmen melanin dengan jumlah yang berbeda-beda bagi setiap individu.

10,000 tahun yang lalu warna mata semua orang didunia adalah cokelat yang artinya setiap orang memiliki jumlah pigmentasi yang sama pada mata mereka. Namun terjadi mutasi yang mematikan pigmentasi ini pada bagian iris sehingga cahaya dapat masuk langsung dan mengenai serat-serat sel stromal didalam mata dan direfleksikan kembali pada iris sebagai warna biru.

Saat ini telah disimpulkan bahwa kurangnya pigmen akan menghasilkan mata berwarna biru, kemudian pigmen dengan jumlah tertentu dapat menghasilkan mata berwana hijau dan kadar pigmen dengan jumlah banyak pada mata akan menghasilkan mata yang berwarna cokelat.

Pada jaman dahulu para peneliti yakin bahwa orang dengan mata cokelat memiliki sifat yang lebih dominan dibandingkan dengan mereka yang berwarna biru. Meskipun tidak salah, sains modern menunjukkan bahwa warna mata tidak hanya menunjukkan hal sesederhana itu. Selain hal tersebut, warna mata seseorang juga merupakan hasil pencampuran genetika orang tua dari masing-masing kromosom.

Warna mata yang berubah

Bayi yang baru lahir sering kali ditemukan memiliki mata dengan warna biru, namun warna mata tersebut berubah menggelap pada 3 tahun pertama sejak mereka lahir. Berubahnya warna mata mereka tadi bisa terjadi karena melanin, pigmen yang menyebabkan mata berwarna cokelat yang sering kali tidak ada pada saat lahir tetapi akhirnya berkembang seiring bertambahnya usia bayi.

Anak-anak dapat memiliki warna mata yang benar-benar berbeda dari orang tua mereka, namun jika kedua orang tua memiliki warna mata cokelat maka biasanya anak mereka akan cenderung memiliki warna mata cokelat juga.

Warna-warna mata yang lebih gelap umumnya memiliki genetik yang lebih mendominasi, jadi misalnya genetik dengan warna cokelat biasanya lebih menang dibandingkan hijau, dan hijau biasanya lebih menang dibandingkan biru.

Beberapa anak dengan kondisi unik bahkan memiliki perbedaan warna mata pada keduanya. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya gangguan dalam perkembangan pigmen pada mata, terjadinya trauma pada anak ketika didalam kandungan ataupun setelah lahir serta karena adanya gangguan genetik lainnya yang biasanya tidak berbahaya. Penyebab lainnya yang juga bisa muncul antara lain adanya pembengkakan, bintik pada mata hingga syndrome Horner.

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

FY/JJ/MA

Referensi