Penjelasan Lengkap Seputar Gigi Gingsul 

gigi gingsul

Gigi gingsul termasuk salah satu masalah gigi yang tidak rata. Gigi tidak rata disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kebiasaan mengenyot jari jemari dan jempol, hingga kecelakaan di masa kecil. Dokter gigi dapat memberi kepastian tentang apakah gigi gingsul Anda mengganggu aktivitas gigi dan mulut, atau tidak.

 

Go DokApakah Anda salah satu dari mereka yang memiliki gigi gingsul? Jika iya, tentu adanya gigi gingsul Anda memiliki sisi positif dan negatifnya tersendiri. Banyak yang menganggap gigi gingsul sebagai anugerah, karena untuk sebagian orang, hal ini bisa menambah manis penampilan Anda. Terlebih jika Anda melirik beberapa public figure dengan bentuk gigi ini, sebut saja artis sinetron Chelsea Olivia, penyanyi cilik Gita Gutawa, hingga anggota JKT48, Nabila. Namun, bagi sebagian lainnya, kondisi ini bisa menjadi masalah tersendiri bagi gigi dan mulut Anda. Nah, sebenarnya apa sih penyebab terbentuknya gigi gingsul Anda? Dan apakah hal ini pelu dirubah? Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasan lengkap berikut ini!

Asal usul gigi gingsul

Sejatinya, gigi gingsul Anda termasuk salah satu masalah gigi yang tidak rata. Gigi tidak rata disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kebiasaan mengenyot jari jemari dan jempol, hingga kecelakaan di masa kecil. Berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin terjadi pada Anda :

1. Perkembangan rahang

Percaya atau tidak, perkembangan rahang yang tidak seimbang ataupun terhambat bisa menjadi salah satu penyebabnya. Malahan, perkembangan rahang atas dan bawah bisa menjadi faktor utama yang menentukan arah dan posisi gigi Anda dalam pertumbuhannya. Seringkali, perkembangan yang abnormal menyebabkan tumbuhnya gigi dalam posisi tidak rata, dan gigi gingsul adalah salah satunya.

2. Pertumbuhan dan perkembang gigi-gigi

Yap, faktor lain yang dapat menyebabkan gigi tumbuh tidak rata adalah proses tumbuh dan bergantinya gigi-gigi Anda sendiri. Jika gigi susu sudah mulai goyang dan tandanya sudah akan lepas, biasanya sudah tumbuh cikal bakal gigi sejati. Namun, dalam beberapa kasus, gigi susu bisa saja lepas terlalu cepat karena kecelakaan atau sebab lainnya. Hasilnya, tempat yang kosong pada gusi akan tetap kosong dalam jangka waktu lebih lama, dan bisa saja pertumbuhan gigi lain di sisi kanan dan kirinya kemudian menutup ruang kosong tersebut. Pada akhirnya, gigi yang terlambat tumbuh harus tumbuh lebih ke depan atau lebih ke belakang dibandingkan gigi lain. Inilah salah satu hal penyebab gigi gingsul. Tak jarang, gigi tonggos juga disebabkan oleh hal ini.

3. Kebiasaan mengempeng atau mengenyot jari

Mengenyot jari-jari, jempol, dan dot bayi adalah salah satu kebiasaan balita dan kanak-kanak yang kerap sulit dihilangkan. Kebiasaan ini juga bisa menjadi salah satu penyebab gigi tidak rata. Hal ini juga bisa menyebabkan gigi tumbuh ke arah dalam, terlalu maju, atau terlalu mundur.

Lalu, apakah gigi gingsul harus diatasi?

Mengatasi gigi gingsul sejatinya merupakan suatu pilihan dari Anda sendiri. Jika Anda merasa terganggu dalam beraktivitas, terutama yang melibatkan gigi dan mulut (oral), sepeti mengunyah, minum, menggigit, dan lainnya, mungkin Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi Anda. Utarakan masalah yang Anda miliki, dan diskusikan apakah Anda perlu menggunakan kawat gigi atau menempuh suatu prosedur khusus guna menyingkirkannya. Dokter gigi dapat memberi kepastian tentang apakah kondisi gigi tidak rata ini mengganggu aktivitas gigi dan mulut, atau tidak.

Jika sudah ada kepastian, Anda dapat membicarakan cara apa yang harus ditempuh. Namun, jika Anda merasa gigi gingsul yang Anda miliki tidak mengganggu apapun dan Anda merasa nyaman dengan kehadirannya, Anda tak perlu menghilangkannya. Pasalnya, pada beberapa individu kondisi ini justru bisa membuat penampilan Anda lebih manis. Jadi, keputusan tetap di tangan Anda, ya!

Nah, itu dia serba-serbi gigi gingsul yang bisa berguna untuk Anda ketahui. Apapun tindakan Anda, jangan lupa bahwa kebersihan gigi (gingsul maupun tidak) harus selalu dijaga. Rajinlah membersihkan dan merawatnya, serta jangan lupa ke dokter gigi, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi