Alternatif Pengobatan Varises Secara Medis 

Pengobatan varises secara medis

Pengobatan varises secara medis bertujuan agar kondisi ini tidak bertambah parah. Ragam pengobatan varises yang bisa Anda pilih terbagi menjadi 2 yaitu varises berukuran kecil seperti operasi laser dan varises lebih berat seperti Terapi ablasi vena.

Go DokCoba cek pada bagian kaki, apakah terlihat pembuluh vena yang terlihat menonjol keluar dengan bentuk menyerupai simpul atau tali berpilin dengan warna biru hingga ungu tua? Jika iya, maka artinya Anda sedang mengalami varises.

Suatu penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena akibat penumpukan darah. Saat mengalami penyakit ini, biasanya penderita akan merasakan sakit yang diikuti rasa terbakar, kram otot bahkan gatal yang akan menimbulkan ketidaknyamanan.

Perlu Anda ketahui, walaupun dapat disebabkan oleh faktor keturunan, nyatanya sebagian besar kasus varises dapat terjadi oleh beberapa hal, seperti kehamilan , menopause, usia, berdiri terlalu lama, hingga obesitas.

Agar varises Anda tak bertambah parah, berikut beberapa metode pengobatan medis yang dapat dipilih berdasarkan tingkat keparahan varises.

Ragam pengobatan varises secara medis untuk varises berukuran kecil

Operasi Laser

Pengobatan varises secara medis dengan operasi laser  terbilang sederhana, sebab tidak memerlukan pemotongan vena dan suntikan bahan kimia, sehingga tidak akan menimbulkan luka pada tubuh.

Artinya operasi ini hanya membutuhkan cahaya laser dengan kekuatan tertentu untuk membuat varises mengecil.

Mikroskleroterapi

Selain memilih operasi laser, Anda juga dapat melakukan teknik mikroskleroterpi untuk mengobati varises yang berukuran kecil. Teknik ini akan menggunakan jarum yang sangat tipis untuk memasukkan cairan kimia berdosis kecil ke dalam vena.

Cairan kimia tersebutlah yang akan menimbulkan jaringan parut dalam pembuluh darah sehingga menutup varises. Namun agar mendapatkan hasil yang sempurna, Anda harus mengulangi teknik ini beberapa kali.

Phlebectomy

Phlebectomy sendiri berasal dari kata Yunani yaitu phlebo-, yang berarti “berkaitan dengan pembuluh darah”, dan -tomy, yang berarti “membuat sayatan” adalah proses membuat sayatan di vena dengan jarum.

Jadi tak heran, dokter akan memberikan bius lokal dan melakukan sayatan kecil yang dilanjutkan dengan tindakan pembuangan varises. Perlu diketahui, pengobtan varises secara medis ini  biasanya digunakan untuk menghilangkan varises kecil yang letaknya dekat dengan permukaan kulit.

Ragam pengobatan varises secara medis untuk varises yang lebih berat

Terapi ablasi vena

Pada dasarnya terapi ablasi vena mirip dengan operasi laser, yaitu sama-sama menggunakan panas yang berasal dari sinar laser atau gelombang radio. Tahap pertama terapi ini, Anda akan diberikan bius lokal.

Setelah itu, dokter akan melakukan sayatan kecil di area varises agar dapat memasukkan tabung kecil ke dalam jaringan vena. Hal tersebutlah yang akan membuat bagian dalam dari pembuluh darah menjadi panas dan menutup varises.

Mengelupaskan vena

Dalam melakukan pengobatan varises secara medis  ini pasien akan dilakukan bius total, sebelum akhirnya membuat luka kecil pada kulit. Umumnya tindakan ini dilakukan tanpa rawat inap dengan waktu pemulihan sekitar 1-4 minggu.

Bedah endoskopi vena

Membuat sayatan kecil di dekat vena yang terkena varises adalah tahap pertama yang akan dilakukan oleh dokter. Kemudian tindakan dilanjutkan dengan memasukkan tabung kecil dengan kamera di ujungnya.

Sementara perangkat bedah untuk menutup luka dan varises, terdapat pada ujung tabung yang lain. Mereka yang menjalani prosedur ini akan bisa beraktivitas seperti sedia kala setelah beberapa minggu. Ini adalah cara menghilangkan varises yang sudah parah dan telah menyebabkan luka

Dari banyaknya jenis pengobatan varises secara medis yang dapat dipilih, ada baiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk menentukan metode yang sesuai dengan jenis varises yang dialami.

Jadi jangan ragu untuk mengatakan selamat tinggal pada varises ya!

 

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.