Pengobatan Batuk Kering yang Harus Anda Coba

Pengobatan batuk kering

Pengobatan batuk kering, jenis batuk ini merupakan batuk yang tidak memproduksi dahak dan menyebabkan tenggorokan lebih sakit.  Pengobatan batuk kering akan berbeda dengan batuk berdahak. Bagaimana pengobatan yang bisa dilakukan?

 

Go Dok – Tentu Anda tahu, bahwa di dunia ini terdapat dua jenis batuk yang paling umum dialami oleh setiap orang. Jenis yang pertama adalah batuk berdahak, di mana batuk-batuk yang Anda alami juga akan menghasilkan cairan dahak dari tenggorokan. Sedangkan yang satu lagi adalah batuk kering, yang mana sama sekali tidak memproduksi dahak dan menyebabkan tenggorokan lebih sakit. Nah, jenis pengobatan keduanya pun berbeda. Kali ini, Go Dok akan membahas mengenai pengobatan batuk kering yang masih jarang diketahui orang.

Apa sajakah pengobatan batuk kering? Mari simak daftar lengkapnya berikut ini!

1. Meminum air panas

Pengobatan batuk kering yang pertama adalah meminum air panas secara rutin setiap harinya. Biasanya, batuk kering akan semakin bertambah parah di malam hari, dan tentu hal ini akan mengganggu nyenyaknya tidur Anda. Untuk mengatasinya atau meringankannya, Anda bisa mencoba meminum air panas atau hangat sebelum tidur, dan usahakanlah untuk tidur dengan kepala sedikit terangkat dari badan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengganjal kepala Anda menggunakan bantal. Jika dilakukan dengan tepat, kedua hal tersebut bisa meredakan batuk kering di malam hari.

2. Mengonsumsi kunyit

Pengobatan batuk kering yang kedua adalah dengan mengonsumsi kunyit yang telah diolah menjadi minuman atau sejenis teh. Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang kaya akan curcumin dan jenis minyak yang mudah menguap, yang juga memiliki kemampuan melindungi Anda dari batuk dan pilek. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat merebus 4 gelas air, dan mencampurnya dengan satu sendok makan bubuk kunyit. Setelah itu, biarkan ramuan tersebut selama 10 menit sebelum Anda meminumnya selagi hangat. Tambahkan pula madu atau lemon untuk menambah rasa, ya! Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengonsumsi antibiotik

Terkadang, batuk kering bisa menjadi salah satu pertanda bahwa Anda akan menderita asma atau gangguan pernapasan dan tenggorokan lainnya. Untuk mengatasi hal ini, Anda pertama-tama harus memeriksakan diri ke dokter untuk menentukan penyebabnya secara pasti. Biasanya, dokter akan memberikan antibiotik yang harus Anda konsumsi dalam jumlah dan frekuensi tertentu. Ikutilah resep yang diberikan dokter, untuk mengobati batuk kering secara optimal.

4. Hindari kebiasaan yang mengiritasi tenggorokan

Pengobatan batu kering yang selanjutya adalah dengan menghindari hal-hal penyebab iritasi yang dapat membahayakan kesehatan paru-paru dan tenggorokan Anda. Tiga di antaranya adalah asap rokok, asap polusi, dan debu. Jadi, Anda untuk sementara waktu harus menahan diri untuk tidak merokok, menghindari lingkungan yang banyak asap rokok, dan sebisa mungkin menghindari asap kendaraan dan polusi. Untuk dua yang terakhir, Anda dapat menggunakan masker setiap harinya.

5. Meminum teh herbal hangat

Pengobatan batuk kering yang terakhir dengan minuman teh herbal hangat. Terdapat berbagai macam teh yang dapat Anda konsumsi, dan beberapa di antaranya adalah teh herbal. Baik itu teh biasa, teh melati, teh hijau, atau jenis teh herbal lainnya, bisa berguna untuk mengobati batuk kering yang tengah Anda derita. Caranya, konsumsilah teh hangat secara rutin setiap harinya untuk menghangatkan sekaligus melegakan tenggorokan Anda. Jika dilakukan secara tepat, tentu batuk kering dapat reda dengan cepat.

Nah, itu dia lima pengobatan batuk kering yang dapat Anda coba. Jangan lupa, hal pertama yang harus selalu Anda lakukan adalah rajin meminum air putih, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi