“Pengarusutamaan Isu-isu Perempuan dan Kesehatan Reproduksi Melalui Media Sosial” Aisyiyah – MAMPU – Go Dok

Pesatnya perkembangan informasi sekarang ini telah menjadikan media sosial memiliki peran penting dalam mempengaruhi pendapat publik. Bahkan seluruh masyarakat di dunia telah menjadikan media sosial menjadi salah satu wadah yang tepat untuk menyalurkan pikiran dan informasi tak terkecuali masalah kesehatan. Alasannya tak lain dikarenakan media sosial mempunyai ragam fitur yang mempunyai potensi dalam mengkampanyekan isu  kesehatan.

Dalam upaya mengkampanyekan edukasi terkait kesehatan reproduksi tersebut, Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah hingga saat ini telah mengelola beberapa jenis media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube. Selain sebagai media kampanye terkait isu kesehatan reproduksi pada khalayak publik, penggunaan media sosial secara khusus dapat lebih mudah menjangkau komunitas usia remaja. Hal ini menjadi penting untuk mulai membangun kader-kader muda potensial yang peduli terhadap isu kesehatan reproduksi sebagai bagian dari gerakan mendukung hak kesehatan reproduksi perempuan kedepan.

Atas dasar tersebut, MAMPU ( Kemitraan Australia – Indonesia untuk kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan ) memberikan dukungan terhadap Aisyiyah dengan mengadakan acara yang bertemakan “Pengarusutamaan Isu-isu Perempuan dan Kesehatan Reproduksi Melalui Media Sosial” di Harper Mangkubumi Hotel Yogyakarta pada 12 – 14 Januari 2018.

Acara ini diikuti oleh puluhan peserta yang tergabung dari Aisyiyah, dan mengundang beberapa pembicara yang berasal dari RUTGERS, INVOW, dan Go Dok. Tim Go Dok sendiri diwakili oleh Maya selaku Senior Editor, yang bertugas membawakan materi berjudul ‘Cara Sehat Zaman Now’. Di sana Maya banyak menceritakan perjalanan hingga strategi yang digunakan Go Dok dalam memberikan informasi kesehatan di semua channel dan media sosial.

“Go Dok sangat senang sekali diberikan kesempatan untuk bertemu dengan teman-teman Aisyiyah yang mempunyai semangat luar biasa untuk menyebarkan isu-isu kesehatan lewat platform media sosial. Kedepannya, Saya berharap Go Dok dapat menjadi salah satu sumber informasi kesehatan terpercaya, yang nantinya dapat digunakan sebagai referensi bagi temen-teman dalam mengkampanyekan informasi positif seputar kesehatan untuk Indonesia yang lebih sehat.” Ujar Maya, Senior Editor Go Dok.