Bagaimanakah Pengaruh Stres pada Kehidupan Seks?

Pengaruh stres pada kehidupan seks

Pengaruh stres pada kehidupan seks dapat membuat menurunnya gairah seks. Pasalnya, saat stres  seseorang akan merasa tertekan, gelisah, melakukan dan melihat segi negatif dari segala sesuatu. Dengan demikian tidak peduli rangsangan apa yang diberikan pasangan, tetap tidak ada ledakan gairah dalam tubuh Anda.

Go DokDi zaman yang super sibuk ini, siapa yang tidak mengalami stres? Tekanan pekerjaan di kantor, cicilan rumah yang mencekik tiap bulannya, dan biaya pendidikan anak yang semakin melambung hanyalah beberapa dari banyak penyebab stres yang dapat kita temukan.

Apakah Anda mengalaminya? Jika iya, berhati-hatilah. Karena stress dapat memengaruhi kehidupan seks anda!

Apa saja pengaruh stres pada kehidupan seks?

Menurunnya gairah seks saat stres

Pengaruh stres pada kehidupan seks dapat membuat turunnya gairah seks, mengapa demikian? Orang yang sedang dilanda stres umumnya sering merasa tertekan, gelisah, melakukan dan melihat segi negatif dari segala sesuatu. Dengan demikian tidak peduli rangsangan apa yang diberikan pasangan, tetap tidak ada ledakan gairah dalam tubuh Anda.

Seks menjadi sesuatu yang membosankan dan tidak menarik. Sekeras apapun Anda berusaha untuk mengkondisikan diri dengan memikirkan hal-hal yang menggoda, semua itu tidak membuahkan hasil.

Disfungsi ereksi pada pria

Secara medis, pengaruh seks pada kehidupan seks dapat mengakibatan disfungsi ereksi pada pria. Saat pria terangsang, normalnya darah akan memenuhi pembuluh di area penis. Dan jaringan otot sphincter akan menegang untuk menjaga aliran darah tersebut tetap berada di penis.

Di saat inilah penis akan meregang sempurna. Namun saat stres menyerang, darah tidak mengalir dengan lancar. Otot sphincter pun juga tidak berfungsi dengan baik. Ereksi yang sempurna tidak dapat dihasilkan.

Penyebab keringnya vagina

Sama halnya dengan pria, stres juga memengaruhi tubuh wanita. Saat stres, otak akan secara otomatis melepaskan hormon cortisol. Hormon ini kemudian akan menghalangi produksi hormon LH, FSH, prolactin, estrogen, dan progesteron yang berperan penting dalam proses ovulasi.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa vagina pasangan Anda kering, inilah proses yang terjadi pada tubuhnya.

Mengalami kesulitan orgasme

Mungkin Anda bisa terangsang dan berhubungan dengan pasangan meskipun di kala stres. Namun apakah Anda dapat mencapai orgasme dengan mudah? Seperti yang disebutkan sebelumnya, gangguan stres pada pikiran dapat menyebabkan turunnya gairah seks, baik pada pria maupun wanita.

Dan bagi wanita, yang umumnya membutuhkan waktu lebih lama dari pria untuk mencapai orgasme, akan sangat sulit mencapainya dalam kondisi stres.

Bagaimana cara mengatasinya?

Poin di atas adalah beberapa pengaruh stres pada kehidupan seks.Tentunya Anda dan pasangan tidak ingin terjebak dalam situasi tersebut, bukan? Maka dari itu, diperlukan suatu jalan keluar bagi permasalahan ini, mengingat stres dapat datang kapan saja dan mengganggu kehidupan seks Anda.

Komunikasikan permasalahan Anda pada pasangan. Berbagi kesedihan dapat membantu meringankan beban emosional, apalagi jika Anda membaginya dengan pasangan. Manajemen stres yang bagus juga akan sangat membantu.

Hanya saja setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mengatasi stres. Anda perlu menemukan cara yang tepat dan sesuai untuk mengatasi stres. Jika belum, Anda dapat mencoba untuk berolahraga dan beragam teknik relaksasi.

Keduanya dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat seseorang merasa bahagia. Dan pastikan untuk menyuplai tubuh dengan nutrisi yang cukup. Selain itu, tidur yang cukup dan teratur ternyata juga bermanfaat, lho.

Sel-sel dalam tubuh beregenerasi saat tidur. Jam tidur yang cukup dan teratur dapat mengembalikan energi yang terkuras setelah hari yang melelahkan. Jadi jangan heran kalau aktivitas seks Anda terasa lebih bergairah.

Itu tadi beberapa pengaruh seks pada kehidupan seksual dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar seks? Atasi dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar permasalahannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

/ZF/MA

Referensi