Penanganan (Obat) Ampuh Untuk Sakit Gigi Berlubang

Sakit gigi berlubang

Sakit gigi berlubang harus segera dilakukan penanganan untuk menyembuhkannya, agar aktivitas Anda tidak terganggu karena rasa sakit yang diderita. Ada beberapa cara untuk mengobati gigi berlubang seperti menggunakan obat herbal alami atau dengan obat yang dijual apotek sesuai dengan resep dokter.

 

Go DokPernahkah Anda menderita gigi berlubang, alias karies? Sebagian dari Anda tentu pernah mengalaminya, dan tentu tahu bahwa rasanya teramat sangat menyakitkan. Saat makan, mengunyah pun rasanya tak enak. Selain itu, tanpa peringatan, tiba-tiba makanan yang sedang dikunyah bisa saja menyangkut pada lubang gigi Anda dan sulit untuk dilepaskan. Duh, pokoknya, gigi berlubang itu menyusahkan! Belum lagi rasa sakitnya yang terus menerus datang tanpa jeda. Karenanya, tak heran jika banyak orang yang mencari penanganan ampuh untuk mengobatinya Nah, apa sajakah penanganan untuk sakit gigi berlubang yang bisa dikatakan manjur, bagi anak-anak maupun dewasa?

Mari simak daftar lengkap penanganan sakit gigi berlubang berikut ini!

1. Pengobatan fluoride

Jika sakit gigi berlubang yang Anda derita masih dalam tingkatan amat ringan, sebenarnya Anda dapat mengatasinya dengan rajin menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride setiap hari. Namun, pada tingkatan gigi berlubang yang lebih parah,  diperlukan pengobatan dengan fluoride dalam kadar lebih. Ini merupakan suatu perawatan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi secara profesional, dengan menggunakan suatu zat atau bahan yang mengandung lebih banyak fluroide dibandingkan pasta gigi yang dijual pasaran. Dokter akan meningkatkan dosisnya sesuai dengan kondisi gigi Anda. Jika diterapkan secara rutin, pengobatan dengan fluoride dapat menyembuhkan gigi berlubang secara efektif dan mencegahnya terjadi kembali di masa depan.

2. Tambalan

Apakah rasa sakit dan ngilu yang Anda rasakan sudah amat parah? Jika iya, ada kemungkinan lubang pada gigi Anda terus bertambah dalam, hingga melewati bagian email gigi.  Jika terus berlangsung, dan semakin parah, maka pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan memasang tambalan pada gigi yang berlubang. Begitu tambalan terpasang, biasanya rasa sakit dan ngilu yang muncul saat mengunyah secara perlahan akan berkurang. Namun, tentu kedalaman lubang pada gigi penderita karies berbeda-beda. Bagi yang sudah terlalu parah, bukan tidak mungkin gigi harus dicabut untuk mengatasinya.

3. Vitamin D dan Kalsium

Sebagian besar orang percaya bahwa sakit gigi berlubang sejatinya disebabkan oleh kekurangan vitamin D, terlalu banyak makanan manis dan biji-bijian yang lengket pada gigi, serta jarang menyikat gigi. Ketiganya tentu benar. Dan karena itu, saat Anda menderita gigi berlubang, perbanyaklah mengonsumsi vitamin D.

Pasalnya, vitamin D penting dalam membantu menyerap kalsium dan fosfat dari makanan, yang dibutuhkan gigi untuk tetap sehat. Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi makanan kaya kalsium serta vitamin D, memiliki gigi yang lebih sehat. Anda bisa mendapatkan kalsium melalui produk olahan susu, dan vitamin D dari suplemen serta cahaya matahari. Tak sulit, bukan?

4. Aspirin

Sakit gigi berlubang tak tertahankan? Untuk sementara, Anda dapat mengonsumsi obat-obat pereda rasa sakit yang banyak dijual di apotik, salah satunya adalah aspirin. Obat ini ampuh dalam meredakan nyeri dan ngilu pada gigi, sementara Anda menunggu gigi Anda membaik.

5. Ibuprofen

Sama seperti aspirin, ibuprofen juga merupakan salah satu obat pereda nyeri yang dapat meredakannya. Ibuprofen biasa dipakai untuk mengatasi nyeri haid dan nyeri pada kepala. Konsultasikan terlebih dulu pada dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini, ya!

6. Asam mefenamat

Asam mefenamat merupakan sobat karib dari aspirin dan ibuprofen, dan ketiganya tergabung dalam geng pereda nyeri yang dijual bebas serta paling banyak digunakan secara luas. Karenanya, asam mefenamat juga dapat menjadi salah satu alternatif dalam meredakannya.

Nah, itu tadi 6 penanganan sakit gigi berlubang yang dapat Anda andalkan dalam meredakan nyeri yang diakibatkan lubang pada gigi. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Punya permasalah seputar kesehatan gigi? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter spesialis gigi. GRATIS!Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi