Penampilan Tetap Trendy dengan Model Baju untuk Ibu Hamil

baju untuk ibu hamil

Model baju untuk ibu hamil tentunya haruslah berukuran longgar, mengingat perut bunda yang membesar seiring bertambahnya usia janin di kandungan. Agar tetap dapat tampil trendi, bisa juga dikombinasikan dengan dress panjang yang dilapisi cardigan bertali, serta legging yang elastis.

 

Go DokBagi wanita yang sedang mengandung, menentukan model baju untuk ibu hamil yang akan dikenakan sehari-hari seringkali menimbulkan kekhawatiran. Di satu sisi, bentuk tubuh memaksa untuk mengenakan pakaian dengan ukuran longgar, namun tetap harus tampil secara stylish dengan model yang tidak ketinggalan zaman.

Kekhawatiran ini terutama dirasakan bagi para wanita karir yang tetap memilih untuk tetap bekerja ke kantor ketika masih dalam usia kandungan yang muda. Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan mereka bertemu banyak orang, tentunya menuntut Anda untuk selalu tampil fashionable, bukan?

Lalu seperti apa model baju untuk ibu hamil yang terlihat stylist namun tetap nyaman digunakan seharian?

1. Dress longgar panjang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kenyamanan harus menjadi perhatian utama dalam memilih model baju untuk ibu hamil. Itulah mengapa, baju model terusan seperti dress sangat cocok digunakan, mengingat bagian perut bisa terbebas tanpa tekanan dari celana. Selain itu, model dress pun mudah untuk dipadupadankan dengan aksesoris lainnya

Bunda bisa mencoba menggunakan dress selutut sebagai pakaian sehari-hari. Pastikan ukurannya cukup panjang agar bagian privasi Anda tetap tertutupi, ya. Bunda bisa memadukannya dengan cardigan tipis untuk melapisi tubuh. Coba gunakan cardigan dengan tali dibandingkan dengan kancing, karena bisa lebih leluasa untuk menentukan ikatan yang dibutuhkan untuk melapisi tubuh bunda.

2. Tanktop panjang

Selain dress, bunda juga bisa mengenakan model tanktop dengan panjang sampai paha. Pastikan untuk memilih model tanktop dengan garis bahu yang cukup tebal agar bisa menutupi tali bra yang sedang dikenakan. Jangan lupa untuk melapisinya dengan cardigan, hoodie, ataupun blazer berbahan lembut, ya!

3. Legging elastis

Jika bunda memilih untuk menggunakan kemeja atau kaus yang longgar, bisa juga memadukannya dengan legging atau celana yoga yang bersifat elastis. Selain itu, model pakaian ini cenderung terbuat dari bahan katun yang lembut sehingga dipastikan nyaman untuk dikenakan seharian.

4. Flat shoes

Selain baju untuk ibu hamil, sepatu juga jadi hal yang harus diperhatikan. Mengingat beban tubuh akan meningkat seiring pertumbuhan janin dalam kandungan, penggunaan alas kaki yang tepat tentunya menentukan kenyamanan bunda dalam berjalan. Nah, penggunaan sepatu hak tinggi haruslah dihindari mengingat tumpuannya yang menuju satu titik. Akibatnya, gejala kaki bengkak saat hamil dapat terjadi akibat faktor tumpuan seperti ini. Maka dari itu, alas kaki yang nyaman seperti flat shoes bisa menjadi pilihan utama bunda, nih!

5. Bra baru

Selain penampilan luar, pakaian dalam juga harus diperhatikan, nih! Bunda pasti akan merasakan perkembangan tubuh yang semakin besar. Hal yang sama pun berlaku pada ukuran payudara Anda. Setidaknya, ukuran payudara Anda akan bertambah 1 cup mulai dari usia kandungan pada trimester kedua. Pilihlah model bra tanpa kawat agar terasa nyaman dikenakan seharian.

6. Sabuk penopang kehamilan

Selain faktor penampilan, bunda juga harus pertimbangkan faktor kenyaman, bukan. Maka dari itu, bisa juga mengenakan sabuk kehamilan untuk menopang bentuk perut yang kian membesar. Dengan sabuk ini, potensi nyeri punggung dan pinggul karena menopang perut bisa dikurangi efeknya, lho.

7. Menggunakan pakaian dengan corak garis vertikal

Banyak bunda yang memilih untuk mengenakan pakaian dengan warna gelap, seperti hitam dan biru dongker untuk menutupi bentuk tubuh yang membulat. Nah, jika bunda mulai bosan dengan warna gelap, bisa juga memadukan atasan dengan corak garis-garis tipis ke bawah atau vertikal. Ilusi optik yang diciptakan dari garis vertikal ini dapat membantu bentuk tubuh jadi terlihat lebih ramping, lho!

8. Atasan berkerah V neck

Menggunakan atasan dengan bentuk kerah V neck nyatanya dapat membantu bentuk tubuh bunda jadi terlihat lebih ramping, lho. Selain itu, model pakaian V neck juga memudahkan bunda untuk menyusui ketika bayi sudah terlahir. Jangan lupa gunakan aksesoris di bagian leher, seperti scarf dan kalung panjang agar bagian atas tubuh bunda terlihat tidak terlalu bulat.

Itulah tips dan trik dalam memilih model baju untuk ibu hamil yang juga bisa dikenakan sebagai pakaian kerja kantor. Selain nyaman, modelnya pun tetap terlihat fashionable, lho. Jangan lupa siapkan pelembab kulit di dalam tas mengingat tubuh ibu hamil seringkali terasa kering. Selamat mencoba!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi