Pedoman Sehat bagi Pekerja Kantoran  

pedoman sehat bagi pekerja kantoran

Pedoman sehat bagi pekerja kantoran ; Bagi Anda yang bekerja di kantoran yang memiliki kesibukan padat, terapkanlah gaya hidup sehat berikut agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

 

Go DokSudah menjadi rahasia umum jika mayoritas masyarakat diperkotaan termasuk Anda memiliki kesibukan yang padat. Dan alasan itulah yang sering digunakan untuk mengesampingkan gaya hidup sehat. Padahal untuk menjalani gaya hidup sehat tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Asal ada kemauan maka gaya hidup sehat tidak lagi impian.

Berikut beberapa pedoman sehat bagi pekerja kantoran yang bisa ditiru!

1. Sarapan

Pedoman sehat bagi pekerja kantoran yang jadi langkah utama dengan jangan lupa untuk sarapan. Mengapa? Karena dengan membiasakan diri untuk sarapan di pagi hari, kebutuhan energi tubuh akan terpenuhi hingga siang hari dan yang paling penting Anda akan terhindar dari keinginan untuk ngemil diantara waktu tersebut!

2. Kurangi makanan manis

Walaupun nikmat, makanan yang mengandung gula nyatanya sangat susah untuk dicerna lho! Demi alasan kesehatan segeralah ganti asupan Anda dengan makanan yang lebih sehat seperti keju, kacang, buah-buahan, wortel, dan sejenisnya. Selain itu, jika Anda tipe yang sulit untuk tidak tidur siang, cokelat hitam atau dark chocolate dapat Anda konsumsi untuk menghilangkan rasa kantuk, lho!

3. Bawa bekal sendiri

Makanan yang Anda makan di luar seperti dari restoran, datang dengan porsi yang besar dan kalori yang tinggi, selain itu makanan tersebut biasanya dijual dengan harga yang tidak murah! Agar lebih sehat, tidak ada salahnya untuk membawa sendiri bekal dengan komposisi 4 sehat 5 sempurna.

4. Hindari soda dan minuman yang mengandung gula

Selanjutnya, pedoman sehat bagi pekerja kantoran dengan menghindari konsumsi soda dan minuman yang mengandung gula. Walaupun kebanyakan orang berpendapat jika mengonsumsi minuman bersoda dapat membuat Anda bebas dari rasa kantuk, namun ingat akan dampak negatif yang akan ditimbulkan bagi tubuh! Kalori yang terkandung di dalamnya hanya berupa, gula yang akan menyebabkan Anda bertambah ngantuk. Apabila Anda membutuhkan kafein, teh hijau dapat menjadi pilihan alternatif yang lebih baik.

5. Perbanyaklah meminum air putih

Mengonsumsi air putih, sangat bermanfaat untuk tubuh, terutama untuk pikiran Anda agar terhindar dari minuman berbahaya seperti soda, kopi bahkan camilan yang diidamkan, lho! Selain itu, karena penyebab utama rasa kantuk adalah dehidrasi, maka jagalah hidrasi tubuh Anda dengan meminum banyak air putih, ya! Kemudian, Anda juga dapat menambahkan potongan jeruk lemon atau ketimun ke dalam air putih, untuk penambah rasa!

6. Bergeraklah sebanyak mungkin!

Berjalanlah di sekitar kantor dan usahakanlah untuk stretching atau peregangan di setiap jamnya. Tidak perlu melakukan kegiatan yang sulit, misalnya bila Anda terbiasa menggunakan lift atau eskalator, maka gantilah dengan tangga. Lalu, jika ingin mendiskusikan sesuatu hal dengan rekan kerja, maka cobalah untuk berjalan menemuinya jangan menggunakan telephone.

7. Bersemangat!

Pedoman sehat bagi pekerja kantoran terakhir dengan motivasi diri untuk tetap bersemangat menjalani gaya hidup sehat. Buatlah papan inspirasi berisi motivasi gaya hidup sehat yang dapat Anda kemudian gantungkan di dinding depan meja kantor. Dengan begitu Anda akan selalu teringat untuk menjalani pola hidup sehat setiap hari.

Itu dia, beberapa pedoman sehat bagi pekerja kantoran. Tidak sesulit yang Anda bayangkan bukan? Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

YC/PJ/MA

Referensi