Panduan Menggunakan Scrub Untuk Tubuh

Panduan menggunakan scrub

Panduan menggunakan scrub penting diketahui bagi Anda yang ingin mencoba perawatan kulit yang satu ini. Tujuan pengaplikasian scrub pada tubuh itu sendiri yaitu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan daya serap kulit terhadap vitamin dan kandungan dalam lotion serta produk kulit lainnya.

Go Dok Apakah kulit Anda seringkali terlihat kering, bahkan pecah-pecah? Atau terdapat banyak noda hitam yang tak kunjung hilang? Jika iya, mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk rutin menggunakan scrub.

Kegiatan ini bisa Anda lakukan seminggu sekali, ataupun seminggu dua kali, guna mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit menjadi kering.

Tak hanya itu, pengangkatan sel-sel kulit mati ini bisa pula menghilangkan noda kehitaman dan kemerahan dari kulit Anda. Nah, bagi Anda yang masih awam, tentunya juga bertanya-tanya, bagaimana sih panduan menggunakann scrub untuk tubuh? Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasan lengkap berikut ini!

Apa tujuan menggunakan scrub untuk tubuh?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, scrubbing dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Ketahuilah bahwa kulit Anda akan memperbarui diri dalam setiap 30 hari.

Jika sel-sel lama yang mati tetap berada di permukaan kulit, dan kemudian menumpuk, maka hal ini dapat menyebabkan kulit Anda tampak kusam, tidak bercahaya, pecah-pecah, serta timbul intik-bintik kemerahan.

Nah, pengangkatan sel-sel kulit mati, yang salah satu caranya adalah dengan menggunakan scrub, bisa memperbaiki hal ini sekaligus meningkatkan daya serap kulit Anda terhadap vitamin dan kandungan dalam lotion serta produk kulit lainnya. Selain itu, scrubbing juga akan membuat kulit Anda lebih cerah dan lebih halus.

Sesering apa Anda harus menggunakan scrub?

Kulit tubuh Anda memang tidak lebih sensitif dari kulit wajah, namun tetap saja kulit tubuh itu halus. Karenanya, Anda tidak dianjurkan terlalu sering menggunakan scrub, melainkan hanya satu hingga dua kali dalam seminggu. Jika Anda baru pertama kali menggunakan scrub, jangan asal pilih.

Coba dulu sedikit body scrub dengan cara mengoleskannya ke kulit Anda, dan lihat reaksinya. Selain itu, berbagai produk body scrub juga memiliki berbagai pilihan sesuai jenis kulit; kulit kering, kulit normal, atau kulit berminyak. Anda dapat memilih yang paling sesuai untuk jenis kulit Anda.

Bagaimana panduan menggunakan scrub untuk tubuh yang tepat?

Pertama-tama dalam panduan menggunakan scrub, ingatlah bahwa Anda bisa menggunakan body scrub saat mandi, berendam, atau di bawah pancuran. Untuk menghindari kerusakan kulit, Anda bisa membasahi seluruh tubuh terlebih dulu, dan membuatnya lebih halus dengan air hangat.

Hindari menggunakan air panas, karena dapat membuat kulit Anda cepat kering. Setelah itu, oleskan body scrub ke seluruh bagian tubuh Anda secukupnya (tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit).

Lalu, dengan gerakan tangan memutar, pijat dan gosok seluruh tubuh Anda yang tertutup body scrub, agar manfaatnya langsung diserap oleh kulit. Hal ini juga akan menghilangkan sel-sel kulit mati. Setelah selesai, Anda dapat membilas badan hingga bersih, lalu mengeringkannya dengan handuk.

Jangan lupa untuk mengoleskan body lotion setelah mandi, guna menjaga kelembapan kulit Anda. Hal ini terutama disarankan untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering.

Jika Anda ingin mencukur bulu pada kulit, jangan lakukan pencukuran setelah menggunakan body scrub. Cukurlah sebelum Anda melakukan scrubbing, guna menghindari iritasi pada kulit.

Adakah saat-saat di mana body scrub tak boleh digunakan?

Tentu ada, dan tidak semua waktu tepat untuk menggunakan scrub. Anda tidak boleh menggunakannya jika Anda tengah menderita sunburn, atau kulit terbakar (sinar matahari). Pasalnya, hal ini akan menghambat penyembuhan kulit dan bahkan dapat menimbulkan iritasi.

Begitu pula halnya jika Anda baru saja selesai menjalani operasi. Jangan pula melakukan scrubbing setelah Anda menjalani peeling, karena dapat mengakibatkan kerusakan kulit.

Terakhir, jangan meggunakan body scrub jika Anda baru saja digigit serangga, dan mengalami bentol, bengkak, atau kulit kemerahan. Pasalnya, hal ini justru membantu penyebaran racun sehingga bentol dan kemerahan pun turut menyebar ke bagian kulit lainnya.

Nah, itu dia panduan menggunakan scrub untuk tubuh Anda. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi