Panduan Mengenai Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan

Posisi tidur ibu hamil 5 bulan

Posisi tidur ibu hamil 5 bulan akan berbeda pada saat kehamilan di trimester pertama. Pada usia kehamilan ini, tubuh akan sering lebih cepat capek dan pegal-pegal di bagian tertentu sehingga posisi tidur pun perlu penyesuaian agar frekuensi terjadinya hal-hal tersebut dapat diminimalisir. 

Go DokPosisi tidur ibu hamil 5 bulan memang berbeda dengan posisi pada saat kehamilan di trimester pertama. Hal tersebut diakibatkan oleh kandungan yang semakin membesar dan berisiko.

Pada usia kehamilan ini, tubuh akan sering lebih cepat capek dan pegal-pegal di bagian tertentu sehingga posisi tidur pun perlu penyesuaian agar frekuensi terjadinya hal-hal tersebut dapat diminimalisir.

Penyesuaian ini diperuntukan bukan hanya untuk kenyamanan diri sendiri tetapi juga keamanan untuk sang jabang bayi yang ada di dalam kandungan. Tidak semua ibu hamil mengetahui posisi tidur yang harus dilakukan.

Berikut adalah posisi tidur ibu hamil 5 bulan  yang bisa dilakukan dan yang harus dihindari

1. Menghadap ke arah kiri atau kanan

Posisi tidur ibu hamil 5 bulan pertama dengan menghadap ke salah satu sisi (kanan atau kiri). Pasalnya, posisi miring dengan menghadap ke salah satu arah akan membuat ibu hamil nyaman dan janin pun dalam keadaan aman yang maksimal.

Menghadap ke arah kiri ternyata lebih dianjurkan untuk posisi tidur ibu hamil 5 bulan karena vena cava inferior tidak akan tertekan. Vena cava inferior adalah saluran yang akan mengedarkan oksigen, darah, dan nutrisi yang dikonsumsi ibu kepada bayi. Sehingga, jika vena cava inferior bekerja tanpa ada gangguan, penyaluran oksigen, darah, dan nutrisi pun akan dilakukan secara prima.

Selain itu, posisi menghadap ke arah kiri dapat membantu ginjal membuang zat-zat yang tidak berguna yang akan menganggu tubuh dan perkembangan janin selama masa kehamilan dan fungsi serta kesehatan ginjal pun dapat terjaga dengan optimal.

Walaupun posisi tidur mengarah ke kiri sangat dianjurkan, bukan berarti posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang menghadap ke kanan tidak baik. Menghadap ke arah kanan bisa dilakukan secara  bergantian agar tubuh pun tidak cepat kaku dan pegal. Tidur dengan posisi miring dapat membuat ibu dan bayi istirahat dengan nyaman.

2. Bersandar dengan menggunakan bantal

Tidur bersandar dengan menggunakan bantal memang dapat memberikan kenyamanan bagi tubuh. Bukan hanya untuk posisi tidur ibu hamil 5 bulan saja, tetapi untuk ibu dengan usia kehamilan yang semakin tua.

Bagi ibu hamil posisi ini akan sangat berguna tidak hanya pada saat tidur tetapi juga saat bersantai. Cukup dengan menumpuk beberapa bantal. Jumlah bantal dapat disesuaikan dengan tingkat kenyamanan. Bersandar merupakan posisi alternatif bagi ibu hamil yang tidak terbiasa tidur dengan posisi miring.

3. Meninggikan posisi kedua kaki

Posisi tidur ibu hamil 5 bulan selanjutnya coba dengan meninggikan posisi kedua kakli. Jika posisi bersandar dilakukan dengan cara menumpuk bantal untuk bagian atas tubuh, sebaliknya, posisi meninggikan kedua kaki dapat dilakukan dengan cara menumpuk bantal untuk bagian kaki.

Hal ini sangat membantu bukan hanya untuk kenyamanan saja tetapi juga membantu mengalirkan darah ke jantung dan menghindari pembengkakan di bagian kaki. Semakin besarnya kehamilan, semakin berat pula berat bagian tubuh atas yang harus ditopang oleh kaki.

Maka dari itu,  selama kehamilan apapun posisi tidur yang dilakukan, tidak ada salahnya untuk mengkombinasikan dengan posisi meninggikan kedua kaki ini. Lebih dari itu, posisi ini juga dapat memperlancar aliran darah ke otak sehingga semasa kehamilan ibu tidak akan mudah mengalami pusing atau sakit kepala yang diakibatkan oleh terganggunya aliran darah ke otak.

Selain posisi ibu hamil 5 bulan, ada beberapa hal lain yang dapat ikut membantu kelancaran tidur seorang ibu hamil pada masa kehamilannya. Yang pertama adalah waktu tidur yang tidak boleh kurang dari 7 jam dan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa mengakibatkan sulit tidur atau insomnia. Makanan pun tidak kalah penting untuk diperhatikan karena akan mempengaruhi perkembangan janin.

Kesehatan selama masa kehamilan dan kelancaran pada saat melahirkan merupakan kombinasi dari nutrisi yang dikonsumsi dan konsistensi dalam menerapkan panduan posisi ibu hamil 5 bulan yang benar.

Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.