Pakaian Olahraga yang Nyaman, Ini Lho Kriterianya

Pakaian olahraga yang nyaman

Pakaian olahraga yang nyaman akan membuat aktivitas olahraga menjadi maksimal. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui kriteria celana dan baju olahraga yang nyaman hingga sepatu yang tepat  digunakan saat olahraga. Apa sajakah hal-hal yang harus diperhatikan?

 

Go DokOlahraga menjadi gaya hidup yang tak terpisahkan bagi banyak orang di kota-kota besar. Memang, dengan jam kerja yang kadang tak menentu, konsumsi makanan tak sehat seperti junk food, serta pekerjaan yang membuat kita duduk berjam-jam di depan komputer akan membuat Anda mudah sakit, apalagi jika ditambah daya tahan tubuh yang melemah.

Maka dari itu, saat ini banyak jenama besar olahraga mengeluarkan produk-produk khusus bagi Anda yang ingin berolahraga dengan nyaman. Bingung memilihnya?

Berikut kami sajikan kriteria memilih pakaian olahraga yang nyaman!

1. Bahan yang menyerap keringat

Untuk pakaian oahraga yang nyaman seperti baju dan celana pilihlah bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik. Bahan katun pada umumnya menyerap keringat dengan baik, namun sulit untuk mengevaporasi keringat yang terserap. Itulah yang membuat bahan katun terasa berat ketika Anda mulai berkeringat. Namun jangan khawatir, pakaian olahraga dengan bahan yang mampu menyerap dan mengevaporasi keringat saat ini banyak tersedia di pasaran. Lalu, jangan pernah memilih bahan yang tidak breathable seperti lateks atau bahan lain yang rubber-based.

2. Pakaian dengan fit yang tepat

Untuk memastikan fit pada baju olahraga Anda sesuai dengan tubuh dan tipe olahraga yang Anda pilih, sebaiknya Anda tidak memilih pakaian yang terlalu ketat atau terlalu longgar karena akan menyusahkan pergerakan Anda. Apabila Anda melakukan yoga atau pilates, menggunakan bahan-bahan yang stretch akan lebih baik.

3. Sepatu olahraga yang sesuai

Hal terpenting cara memilih sepatu olahraga terbaik yaitu selalu gunakan sepatu olahraga yang sesuai untuk jenis olahraga Anda. Selain karena tidak nyaman, kalau tidak berhati-hati, Anda bisa cedera lho! Anda juga disarankan untuk secara berkala mengganti sepatu olahraga Anda, jangan sampai Anda menggunakan sepatu yang sudah tidak layak pakai saat berolahraga.

Pastikan sepatu olahraga tersebut melindungi kaki Anda secara keseluruhan, mulai dari mata kaki, tumit, hingga ujung-ujung jari. Jangan lupa kenakan ukuran yang tepat dengan kaki Anda, bukan yang terlalu besar ataupun yang terlalu sempit

4. Pilihan warna yang sesuai

Tahukah Anda pakaian olahraga yang nyaman akan berpengaruh terhadap aktivitas olahraga Anda? Salah satu kriterianya dengan memilih pilihan warna yang sesuai. Pada cuaca panas, pakaian berwarna cerah akan membantu tubuh Anda tetap dingin. Begitu pula sebaliknya, pada cuaca dingin, pakaian dengan warna gelap akan menyerap cahaya dan membuat tubuh Anda tetap hangat.

5. Pakaian dalam khusus olahraga

Bagi Anda kaum wanita, menggunakan  supportive sports bra dapat membantu melindungi dada Anda saat berolahraga dan menjaganya dari rasa nyeri. Cobalah beberapa sports bra untuk mengetahui fit yang tepat dan nyaman untuk Anda. Begitu pula dengan Anda para pria, pilihlah pakaian dalam yang ukurannya pas. Bukan yang terlalu ketat atau terlalu besar.

Nah, itulah beberapa kriteria pakaian  olahraga yang nyaman digunakan. Selamat berlolahraga!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

 

PE/PJ/MA

Referensi