Obat untuk Menghilangkan Kutil yang Efektif

Obat untuk menghilangkan kutil

Obat untuk menghilangkan kutil biasanya berbentuk salep, obat oles, obat cair atau berbentuk jelly. Salah satu kandungan dalam obat penghilang kutil ini yaitu salicylic acid merupakan suatu jenis asam yang spesial, dibuat khusus untuk menghilangkan lapisan kulit mati pada kutil.

Go DokSejatinya, tak ada seorang pun yang ingin kulit tubuhnya ditumbuhi kutil. Namun terkadang, tanpa disangka, tanpa rencana, dan tanpa aba-aba, kutil bisa muncul begitu saja di salah satu bagian tubuh.

Nah, apa yang harus dilakukan saat kutil muncul? Jika Anda termasuk orang yang peduli penampilan, tentu akan langsung mencari obat kutil di apotik terdekat. Nah, apa saja sih obat yang efektif untuk menghilangkan kutil? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Tentang obat untuk menghilangkan kutil dan penjelasannya

Kutil adalah benjolan kecil di kulit Anda, yang kemunculannya disebabkan oleh virus. Penyakit ini biasa menyerang berbagai kalangan, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa. Umumnya, kutil bisa sembuh dengan sendirinya, namun hal ini memerlukan waktu yang lama, antara 6 bulan hingga bertahun-tahun.

Karena itu, banyak orang yang mencari pengobatan langsung untuk kutil lewat salep, obat oles, obat cair, atau berbentuk jelly yang dijual di apotik terdekat. Berikut adalah beberapa di antaranya yang paling efektif :

1. Salicylic acid

Obat untuk menghilangkan kutil yang mengandung salicylic acid tersedia dalam bentuk obat oles, cair, maupun tempelan (bentuknya seperti hansaplast dan koyo). Salicylic acid merupakan suatu jenis asam yang spesial, dibuat khusus untuk menghilangkan lapisan kulit mati pada kutil.

Obat ini ampuh dalam menghilangkan kutil, dan bekerja dengan cara menghilangkan lapisan demi lapisan pada kutil. Sebelum menggunakannya, Anda harus terlebih dulu merendam kutil yang menempel pada kulit di dalam air hangat, selama lima menit.

Hal ini akan membantu penyerapan salicylic acid oleh kulit. Lalu, oleskan atau tempelkan salicylic acid pada kulit. Nah, Anda harus rajin melakukan perawatan ini setiap harinya, selama beberapa minggu. Setelah beberapa minggu, dijamin kutil Anda sudah menghilang.

2. Liquid nitrogen

Untuk mendapatkan perawatan dengan obat untuk menghilangkan kutil yang satu ini, Anda harus menjalani terapi yang dilakukan oleh dokter kulit. Liquid nitrogen akan disemprotkan pada kutil Anda, menyebabkan timbulnya semacam lepuhan di dalam dan di area sekitar kutil.

Nah, kemudian jaringan kulit yang mati akan mengendur dan terlepas dengan sendirinya dalam waktu 1 minggu atau lebih. Penggunaan liquid nitrogen bisa menstimulasi sistem imun Anda untuk melawan virus kutil ke depannya.

Efek samping dari penggunaan liquid nitrogen ini termasuk rasa nyeri, kulit melepuh, dan kulit berubah pada warna di area sekitar kutil. Karena rasa sakit yang timbul, obat ini hanya digunakan pada orang dewasa, dan tidak pada anak-anak.

3. Trichloroacetic acid

Jika salicylic acid ataupun nitrogen liquid ternyata gagal menyembuhkan Anda dari penyakit kutil, maka Anda bisa mencoba jenis asam lainnya. Salah satunya adalah trichloroacetic acid, yang merupakan jenis asam yang lebih kuat.

Nah, obat untuk menghilangkan kutil dengan jenis asam ini memerlukan bantuan dokter dalam penggunaannya. Pertama-tama dokter akan mencukur permukaan kutil Anda dan mengoleskan trichloroacetic acid dengan alat khusus. Peengobatan dengan jenis acid ini akan memerlukan penerapan rutin setiap minggunya. Efek samping yang mungkin timbul di antaranya adalah rasa terbakar dan tersengat.

Nah, itu dia 3 jenis kandungan di dalam obat untuk menghilangkan kutil, yang terbukti efektif dalam mengobati penyakit tersebut. Jangan biarkan kutil terlalu lama tumbuh, ya! Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.