Obat Sakit Kepala untuk Ibu Hamil ; Apa Saja?

Obat sakit kepala untuk ibu hamil

Obat sakit kepala untuk ibu hamil ; Sakit kepala pada ibu hamil sebagian besar disebabkan karena terjadi faktor komplikasi yang disebut preeclampsia. Namun, adakah obat yang aman dan terbukti ampuh dikonsumsi oleh ibu hamil?

 

Go DokBagi para ibu yang sedang mengalami kehamilan, pasti pernah dong mengalami yang namanya rasa sakit di kepala. Kadang, rasa sakit tersebut muncul secara tiba-tiba dan hanya bertahan sebentar. Namun, tidak sedikit yang mengalami sakit pada kepala yang berlangsung selama seharian, bahkan hingga hari selanjutnya. Pasti sebal, dong!

Mengenal sakit kepala pada ibu hamil 

Pasalnya, terdapat perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil, yang berefek pada psikologis mereka. Akibatnya, mereka cenderung lebih sensitif pada hal-hal di sekitarnya. Maka dari itu, jika Anda sedang tinggal berdekatan dengan ibu hamil, ada baiknya untuk selalu menjaga mood mereka agar tetap baik selama sedang mengandung, ya.

Nah, jika berbicara sakit kepala yang menyerang ibu hamil, ada beberapa jenisnya, lho. Namun pada dasarnya, gangguan yang menerpa sebagian besar ibu hamil terjadi karena factor komplikasi yang disebut preeclampsia, yaitu gangguan yang terjadi selama kehamilan dengan gejala seperti tekanan darah yang tinggi, pandangan yang kabur, nyeri pada perut.

Nah, salah satu sakit kepala yang paling lumrah ditemukan adalah rasa tegang yang mengikat otot di sekitar kepala dan di belakang leher. Lalu, ada sakit kepala akibat mata lelah karena berada di ruangan yang redup cahaya atau terlalu lama menatap layar komputer. Faktor emosional seperti stres juga dapat menyebabkan rasa sakit kepala secara fisik, lho.

Tidak lupa, ada juga rasa sakit kepala sebelah atau migraine. Jenis sakit kepala yang satu ini rasanya juga banyak menyerang semua orang ya, termasuk ibu hamil. Nah, kalau sampai mengalami hal ini, artinya Anda membutuhkan perhatian khusus, nih.

Apa obat sakit kepala untuk ibu hamil?

Sejumlah ahli kandungan menyebutkan, tetap ada kok obat sakit kepala untuk ibu hamil yang teruji ampuh dan aman untuk dikonsumsi. Beberapa obat-obatan tersebut di antaranya:

  • Obat yang mengandung paracetamol juga seringkali dianjurkan untuk meredakan sakit kepala bagi ibu hamil dan aman untuk digunakan. Namun, perhatikan dosis penggunaannya ya. Dosis yang tepat antara 500 mg sampai 1000 mg. Penggunaan paracetamol seringkali dikaitkan dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder(ADHD) kepada janin yang berkaitan dengan kondisi anak menjadi hiperaktif.
  • Ergotamines sebenarnya bisa menjadi obat khusus untuk meredakan migrain, namun mengonsumsi saat kehamilan dapat membawa banyak efek negatif, seperti kelahiran prematurejika dikonsumsi pada 3 bulan pertama usia kehamilan.
  • Nah, obat-obatan jenis Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAIDs) seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen sebaiknya Anda hindari ya karena dapat, menimbulkan risiko peningkatan tekanan darah atau pendarahan saat proses persalinan.

Walaupun memang beberapa obat sakit kepala untuk ibu hamil teruji ampuh dan aman untuk dikonsumsi, ada baiknya untuk tetap menggunakan cara-cara alami untuk meredakan gangguan tersebut.

Anda bisa mencoba untuk menggunakan kompres dingin di kepala sambil membaringkan badan. Anda juga bisa mencoba yoga untuk ibu hamil sebagai upaya melancarkan peredaran darah dan meregangkan otot-otot tegang yang memicu timbulnya sakit kepala. Yoga untuk ibu hamil juga dapat membantu proses Anda selama persalinan, lho.

Selamat mencoba!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi