Obat Penyembuh Lupus dan Tindakan Perawatan Penyakit Lupus

Obat penyembuh lupus

Obat penyembuh lupus  yang benar-benar efektif dalam menghilangkan kondisi ini sepenuhnya belum ditemukan. Namun, obat-obatan yang digunakan dalam perawatan penyakit Lupus dapat membantu Anda dalam mengurangi gejala dan meredakan kerusakan organ dan jaringan yang disebabkan oleh penyakit ini.

 

Go Dok Lupus bukan hanya sebuah kata yang akan mengingatkan Anda pada tokoh fiksi remaja keren yang sempat populer di tahun 90-an. Lupus juga merupakan sebuah istilah yang diberikan pada salah satu penyakit autoimun sistemik berbahaya. Ya, penyakit Lupus merupakan suatu kondisi di mana sistem imun Anda tidak lagi memperdulikan tugasnya untuk menyerang virus serta bakteri penyebab penyakit yang menjangkiti tubuh. Alih-alih, sistem imun Anda justru akan menyerang jaringan dan organ tubuh Anda sendiri, sehingga menyebabkan gangguan pada fungsi dan kinerja tubuh. Gejala yang muncul nantinya akan bervariasi pada setiap orang, sesuai dengan bagian tubuh mana yang diserang oleh sistem imun itu sendiri.

Setelah memahami penyakit ini, atau mengalaminya sendiri, maka tak heran jika banyak orang yang berkeras dalam menemukan obat penyembuh Lupus. Nah, lalu bisakah penyakit ini disembuhkan? Adakah obat penyembuh Lupus yang berhasil menghilangkan penyakit ini sepenuhnya? Untuk menjawabnya, mari simak penjelasan lengkap berikut ini!

Adakah obat penyembuh Lupus?

Sayangnya, hingga saat ini belum ditemukan obat penyembuh Lupus yang benar-benar efektif dalam menghilangkan kondisi ini sepenuhnya. Hal ini tidak mengherankan, sebab penyebab pasti dari terjadinya penyakit ini pun belum diketahui. Wajar jika para ahli belum menemukan formula yang tepat untuk menyerang penyebab yang bahkan belum ditemukan. Memang, ada beberapa orang yang mengklaim kesembuhan mereka dari penyakit Lupus dengan mengonsumsi vitamin D dalam dosis tinggi. Namun, metode ini tidaklah dianjurkan, sebab belum ada penelitian ataupun studi yang memastikan keamanannya.

Meski obat penyembuh Lupus belum ditemukan, namun ada beberapa obat-obatan yang dapat Anda konsumsi dengan resep dokter, yang dapat meminimalisir dan mengatasi gejala-gejala Lupus.

Apa saja obat-obatan yang digunakan untuk penyakit Lupus?

Obat-obatan yang digunakan dalam perawatan penyakit Lupus dapat membantu Anda dalam mengurangi gejala dan meredakan kerusakan organ dan jaringan yang disebabkan oleh penyakit ini. Berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Corticosteroids

Penyakit Lupus pada dasarnya akan membuat sebagian sistem imun Anda menjadi overaktif, sehingga dengan keliru menyerang jaringan tubuh Anda yang sehat. Nah, obat dengan nama Corticosteroids dapat melemahkan respons sistem imun tersebut pada tubuh. Biasanya, dokter akan meresepkan obat ini jika penyakit Lupus menyebabkan gangguan pada paru-paru, jantung, ginjal, otak, atau pembuluh darah Anda. Corticosteroids dapat diasup dalam bentuk cairan IV maupun pil, dan bekerja cepat dalam meredakan pembengkakan serta rasa sakit pada sendi, dan mencegah kerusakan organ dalam jangka panjang.

2. Obat anti-peradangan (non-steroid)

Anda bisa mendapatkan obat-obatan ini di apotek terdekat yang menjualnya beberapa di antaranya secara bebas, seperti Ibuprofen dan naproxen sodium. Obat-obatan tersebut umumnya diresepkan dokter untuk mengurangi rasa sakit, nyeri, pembengkakan, serta meredakan demam yang merupakan gejala penyakit Lupus.

3. Obat anti-malaria

Tak perlu bingung, karena dokter biasanya juga meresepkan obat-obatan yang biasa digunakan dalam merawat penyakit malaria bagi penderita Lupus. Obat-obatan anti-malaria akan berguna untuk meredakan ruam kulit, yang meriupakan gejala utama penyakit ini. Tak hanya itu, obat-obatan ini juga akan meredakan nyeri sendi serta luka pada bagian mulut, serta mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah, yang mungkin terjadi pada penderita Lupus. Obat anti-malaria pun berguna dalam melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV matahari dan melindungi organ Anda dari kerusakan akibat penyakit Lupus.

4. Obat-obatan Immunosuppresive

Seperti Corticosteroids, obat-obatan immunosuppresive juga bertugas untuk mengekang kemampuan sistem imun Anda dalam menyerang jaringan dan organ tubuh, meredakan gejala Lupus, serta membantu dalam mencegah kerusakan organ dalam angka panjang. Meski begitu, jenis obat-obatan ini memiliki efek samping yang cukup kuat, dan karena itu pemakaiannya harus selalu dikonsultasikan dengan dokter Anda.

5. Anticoagulant

Selain keempat jenis obat-obatan yang telah disebutkan di atas, kemungkinan dokter Anda juga akan meresepkan satu tipe obat lainnya sebagai tambahan. Pertama, anticoagulant yang bertugas untuk mengencerkan darah Anda sekaligus mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Nah, itu dia serba-serbi obat penyembuh Lupus dan perawatan yang diperlukan untuk mengontrol efek dari penyakit berbahaya tersebut. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggu? Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasinya di sini.

SF/PJ/MA

Referensi