Obat Kanker Payudara yang Umum Diterapkan

obat kanker payudara

Obat kanker payudara ; Bagi penderita kanker payudara, jenis-jenis pengobatan kanker payudara penting diketahui agar penanganan bisa berjalan sesuai hasil yang diharapkan. Obat kanker payudara yang umum diterapkan salah satunya kemoterapi.

 

Go Dok Siapa sih, yang tidak merinding ketika mendengar kata kanker? Mulai dari kanker darah, kanker paru, hingga kanker payudara. Nah, seperti yang sudah diketahui, kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang bisa berujung pada kematian. Karena tingginya angka kematian akibat kanker payudara, para pakar mulai gencar melakukan penelitian untuk mencari pengobatan dari kanker jenis ini yang dinilai efektif untuk menghentikan pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali.

Nah, jika Anda atau memiliki kerabat yang sedang menderita kanker payudara, jenis-jenis obat kanker payudara penting untuk diketahui agar penanganan bisa berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Untuk mengetahui daftar obat kanker payudara yang umum diterapkan, cek terus artikel di bawah ini, ya.

Kemoterapi

Terapi jenis ini merupakan perawatan menggunakan berbagai obat dan zat kimia yang berfungsi untuk membunuh sel-sel kanker. Ketika berhadapan dengan kasus kemoterapi, seorang dokter akan menentukan jenis obat berdasarkan struktur kimiawi dan efek yang ditimbulkan jika bereaksi dengan obat lain.

Nah, mengetahui cara kerja obat dalam kemoterapi sangat penting untuk mengantisipasi efek samping yang ditimbulkannya, lho. Jenis obat yang umum diberikan dalam terapi ini, seperti anti-tumor, antibiotic, penekan enzim topoisomerase dan mitosis, serta kortikosteroid.

Terapi hormon

Jenis terapi ini kerap diimplementasikan pada kasus kanker payudara yang sensitif pada pengobatan dengan hormon-hormon tertentu. Dalam dunia kedokteran, obat yang digunakan dikenal dengan jenis estrogen receptor positive (ER positif) dan progesterone positif (PR positif).

Obat kanker payudara pada terapi hormon biasanya diberikan kepada pasien sebelum atau sesudah operasi, guna mencegah kembalinya sel kanker tersebut. Pada dasarnya, semua obat kanker memiliki efek samping. Namun efek dari ER atau PR positif, cenderung tidak terlalu parah, seperti demam, keringat dingin, dan berkurangnya kelembapan vagina.

Pengobatan  lokal

Penanganan lokal yang dimaksud disini adalah injeksi pada lokasi tempat kanker berada. Metode ini dinilai lebih efektif dibandingkan dengan obat-obatan yang diserap melalui sistem pencernaan mengingat oral medicine pada kasus kanker payudara dapat berefek pada bagian tubuh lainnya.

Salah satu protein yang mendorong sel kanker payudara tumbuh bernama human epidermal growth factor receptor 2 atau lebih akrab diisebut dengan HER2. Nah, pengobatan lokal ini berfungsi untuk menekan jumlah protein, sehingga tidak mempengaruhi sel-sel lain yang seharusnya tumbuh secara normal.

Immunoterapi

Terapi ini merupakan salah satu pengobatan kanker payudara dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si pasien itu sendiri, salah salah satunya dengan menggunakan protein monoclonal antibody. Protein ini bisa didesain khusus bergantung pada jenis kanker yang diderita oleh pasien. Dengan begini, pengobatan cenderung lebih efisien karena obat yang digunakan lebih tepat sasaran.

Mungkin di antara Anda, sudah ada yang pernah mendapatkan salah satu daftar obat kanker payudara selama menjalani proses pengobatan di atas. Dengan adanya artikel ini, semoga dapat menambah wawasan untuk memberikan informasi untuk kerabat Anda yang juga sedang menjalankan pengobatan kanker payudara. Dengan begitu, pengobatan bisa diambil sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan pasien, bukan?

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

RZ/PJ/MA

Referensi