Obat Flu yang Paling Efektif Meredakan Penyakit

Obat flu

Obat flu ; penyakit influenza atau flu disebabkan oleh virus yang menyerang organ pernapasan, mulai dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Mengingat penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus, diperlukan obat antiviral untuk mengobati gejala yang disebabkan oleh penyakit flu.

 

Go Dok Mengalami kehujanan dan terlalu lama berada di tempat yang dingin atau ber-AC tentu membuat Anda rentan terkena penyakit flu, bukan? Begitu Anda mengalami bersin disertai hidung yang tersumbat, sesegera mungkin mencari obat untuk meredakan penyakit flu yang diderita. Namun, obat flu seperti apa yang paling efektif meredakan penyakit influenza atau flu?

Bisa Anda perhatikan, begitu banyak macam obat yang dijual di apotek yang menjanjikan dapat meredakan flu. Namun, Anda merasa kurang efektif karena tidak kunjung sembuh walau sudah meminum obat selama beberapa hari.

Mari sama-sama mengenali jenis obat flu yang terbukti dapat bekerja secara efektif

Seperti yang Anda ketahui, penyakit influenza atau flu disebabkan oleh virus yang menyerang organ pernapasan, mulai dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Mengingat penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus, diperlukan obat antiviral untuk mengobati gejala yang disebabkan oleh penyakit flu.

Obat antiviral sendiri berbeda dengan obat generik yang bisa Anda temukan dengan mudah di apotek, sehingga memerlukan resep tertentu dari dokter. Obat antiviral terbukti ampuh untuk mencegah virus influenza untuk berkembang biak dan menimbulkan komplikasi, serta mempercepat proses penyembuhan Anda dari penyakit flu.

Obat antiviral sangat efektif untuk mengobati penderita yang sudah terkena flu maupun mencegah virus berkembangbiak dan menyebabkan penyakit. Memang, sebagian besar dari Anda memilih untuk tidak langsung meminum obat jika dirasa hanya menderita flu ringan. Walau begitu, obat antiviral bekerja efektif jika dikonsumsi paling lama 48 jam setelah munculnya gejala flu.

Namun, bagi Anda termasuk orang yang berisiko terkena flu berat, seperti wanita hamil, penderita asma, diabetes, atau penyakit jantung, sebaiknya segera mengonsumsi obat antiviral begitu gejala flu muncul. Jika sudah dikonsumsi, obat antiviral dapat mengurangi durasi penyakit flu sebanyak satu hingga dua hari serta mencegah timbulnya komplikasi yang lebih berat.

Jenis obat antiviral yang efektif dalam mencegah dan mengobati flu

Dari segala macam jenis obat yang ada di pasaran, jenis obat antiviral oseltamivir, zanamivir, dan peramivir merupakan yang terbukti paling efektif dalam meredakan penyakit flu.

1. Oseltamivir

merupakan obat minum yang terbukti mampu menghambat neuraminidase (glikoprotein yang terletak di permukaan virus influenza), sebuah enzim yang memecah ikatan antara partikel virus yang baru diproduksi dengan membran sel induk, sehingga mengurangi penyebaran virus.

Oseltamivir tersedia dalam bebragai dosis, mulai dari 30 mg, 45 mg, hingga 75 mg dalam bentuk kapsul. Oselatamivir terbukti dapat mengobati flu pada bayi berusia lebih dari 2 minggu serta mencegah flu pada balita berusia satu tahun ke atas.

2. Zanamivir

memiliki kemampuan yang serupa dengan Oseltamivir dalam menghambat pertumbuhan neuraminidase, sehingga efektif untuk mencegah penyebaran virus penyakit flu pada tubuh Anda. Bedanya, Zanamivir merupakan obat hirup sehingga harus dikonsumsi melalui hidung dengan kadar dosis berkisar 5 mg.

Zanamivir terbukti dapat mengobati flu pada anak berusia 7 tahun ke atas serta mencegah flu pada anak berusia 5 tahun ke atas. Nah, harus Anda catat nih kalau Zanamivir tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit saluran pernapasan, seperti asma dan penyakit kronis yang menyerang paru-paru.

3. Peramivir

Merupakan obat suntik yang dapat mengaktifkan aktivitas antivirus sehingga mampu menghambat neuraminidase yang menyebarkan virus influenza pada tubuh.

Karena memiliki dosisi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 600 mg, Peramivir cukup disuntikan sekali dalam sehari sebagai proses pengobatan penyakit flu. Peramivir terbukti dapat mengobati penyakit influenza tingkat akut tanpa komplikasi pada orang dewasa.

Itulah ketiga jenis obat flu antiviral yang terbukti paling efektif dalam menyembuhkan dan mencegah penyebaran virus flu di dalam tubuh. Selain mengonsumsi obat flu di atas, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi banyak cairan, seperti air putih untuk menghindari dehidrasi. Selain itu, Anda juga bisa memperbanyak minum jus buah murni dan perbanyak istirahat agar sistem imun dapat bekerja secara optimal. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi