Obat Flu Untuk Ibu Hamil ; Baik bagi Ibu dan Janin

Obat flu untuk ibu hamil

Obat flu untuk ibu hamil ; Bagi Anda yang terserang flu saat hamil, tentunya sudah tahu untuk tidak boleh mengonsumsi obat semberangan. Sebaiknya, Anda konsumsi obat yang sudah teruji aman bagi Anda dan calon bayi.

 

Go DokFlu sepertinya menjadi penyakit sejuta umat, ya. Semua orang bisa saja terserang penyakit yang identik dengan musim hujan seperti ini. Termasuk bagi ibu hamil. Maka dari itu ada baiknya untuk terus menjaga kesehatan dan stamina agar tidak terserang virus yang satu ini.

Nah, bagi Anda yang sudah terlanjur terkena flu dan sedang mengandung, pasti sudah paham, kan untuk tidak mengonsumsi sembarang obat-obatan saat sedang hamil, termasuk obat flu. Walaupun banyak obat generik yang dijual di apotek, ada baiknya untuk memperhatikan terlebih dahulu kandungannya, karena bisa saja memengaruhi kondisi janin Anda. Namun, bukan berarti Anda jadi tidak boleh minum obat, kok.

Lalu, seperti apa obat flu untuk ibu hamil yang teruji aman, baik bagi ibu dan buah hati?

Sebenarnya ada yang harus diperhatikan bagi ibu hamil dengan usia kandungan yang masih muda. Menurut University of Michigan Health System dan sebagian besar spesialis Obstetrics and Gynaecology (OB-GYN) menyatakan ada baiknya untuk menghindari mengonsumsi segala jenis obat-obatan jika usia kandungan masih berusia 12 minggu. Sudah tahu dong, usia tersebut merupakan waktunya organ-organ vital si buah hati sedang terbentuk di dalam kandungan. Maka dari itu, ada ketakutan kandungan dalam obat dapat menghambat perkembangan tersebut.

Jika usia kandungan sudah di atas 12 minggu pun ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengonsumsi jenis obat tertentu. Biasanya saat berkonsultasi, dokter akan merekomendasikan untuk mengonsumsi beberapa jenis obat flu untuk ibu hamil, seperti:

  • Paracetamol (acetaminophen) sebagai obat favorit yang dikenal ampuh meredakan flu dan demam.
  • Saline nasal spray atau nasal irrigation untuk meredakan hidung yang tersumbat para penderita sinusitis.
  • Pseudoephedrine sebagai pereda mampet. Namun sebaiknya hindari obat ini jika ibu hamil memiliki riwayat darah tinggi, ya. Selain itu, saat ini obat yang mengandung bahan ini membutuhkan resep dokter, jadi sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu, ya.

Selain obat tersebut, dokter juga bisa saja memberikan obat racikan yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Biasanya, obat racik tersebut terdiri dari 3 jenis, yaitu oseltamivir, peramivir, dan zanamivir. Nah, dari ketiga jenis tersebut, obat minum oseltamivir dianggap paling aman untuk dikonsumsi bagi para ibu hamil, lho.

Jika obat-obat di atas cenderung aman untuk dikonsumsi, tidak sedikit yang berbahaya dan harus dihindari bagi ibu hamil, lho. Sebagai catatan para ibu hamil, nih. Hindari mengonsumsi obat all in one yang bisa mengatasi segala penyakit, ya, karena bisa saja obat tersebut mengandung zat yang membahayakan kondisi janin di dalam kandungan. Nah, berikut ini beberapa jenis obat yang sebaiknya dihindari ibu hamil.

  • Aspirin
  • Ibuprofren
  • Naproxen
  • Codein
  • Antibiotic tertentu seperti trimethoprim/sulfamethoxazole

Kandungan obat di atas memang sebaiknya Anda hindari, namun tidak menutup kemungkinan aman dikonsumsi atas saran dari dokter. Selalu ingat untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter, ya!

Selain mengonsumsi obat flu untuk ibu hamil, Anda juga bisa melakukan kegiatan yang meredakan flu, ibu hamil juga bisa berkumur menggunakan air hangat yang dicampur garam jika ada batuk yang menyertai flu. Jangan lupa untuk memperbanyak istirahat dan mengonsumsi banyak cairan, ya!

Selain itu, obat flu untuk ibu hamil yang alami juga bisa jadi solusinya, lho. Salah satunya menggunakan minyak kelapa yang bisa dicampur dengan minuman hangat favorit Anda. Minyak kelapa dikenal dengan zat antibakteri dan antijamur sehingga mampu mengusir sejumlah virus dan bakteri dalam tubuh. Selain itu, tingginya kandungan acid lauric mampu menghancurkan lapisan lemak yang melapisi virus dalam tubuh, sehingga lebih mudah dihancurkan oleh sistem imun.

Sensasi hangat dari minuman jahe juga bagus, lho, sebagai pereda flu bagi ibu hamil. Manfaat jahe dipercaya mampu melancarkan sirkulasi darah dan membuang racun yang ada di dalamnya. Manfaat tersebut bisa dirasakan baik ibu hamil maupun oleh bayi di dalam kandungan.

Bagaimana, kini Anda sudah tidak perlu lagi khawatir karena ternyata ada juga obat flu untuk ibu hamil, kan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan di musim hujan seperti ini. Semoga bermanfaat!

 Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi