Obat Flu untuk Bayi yang Tepat

obat flu untuk bayi

Jika bayi terkena flu atau pilek tentunya para orangtua harus memilih obat flu untuk bayi yang tepat agar tidak berbahaya bagi si buah hati. Nah, pilihan obat flu yang tepat untuk bayi diantaranya oseltemavir (Tamiflu), Ibuprofen, Cairan dan  Acetaminophen (Tylenol).

 

Go Dok Flu, merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi pada setiap orang. Penyakit yang disebabkan oleh virus influenza ini memang kerap menyerang banyak kalangan, mulai dari bayi hingga lansia, terutama di musim penghujan. Nah, tentu Anda sudah biasa dengan penanganan influenza terhadap diri sendiri.  Namun, bagaimana dengan mengobati bayi yang tengah terkena flu?

Kebanyakan orangtua di Indonesia seringkali salah kaprah dan memberi obat flu untuk bayi yang biasanya diberikan pada dewasa dan anak-anak. Awas! Praktek ini bisa berbahaya, lho! Karenanya, akan lebih baik jika Anda mengetahui apa saja obat flu untuk bayi yang tepat.

Berikut obat flu untuk bayi yang harus Anda ketahui!

1. Oseltamivir (Tamiflu)

Jika bayi Anda berusia di bawah 6 bulan, maka kemungkinan besar ia belum bisa diberikan vaksin untuk mencegah datangnya virus influenza. Begitu pula dengan pemberian obat, bayi di bawah 1 tahun tidak bisa diberikan aspirin, paracetamol, ataupun ibuprofen. Nah, Oseltamivir adalah salah satu obat yang dapat Anda berikan jika si buah hati setidaknya sudah berusia dua minggu. Obat ini efektif dalam mencegah dan mengobati flu pada bayi, dan bekerja baik jika dikonsumsi pada hari pertama atau kedua setelah penyakit datang.

2. Acetaminophen (Tylenol)

Salah satu obat flu untuk bayi adalah Tylenol. Beberapa dokter pun mungkin akan memutuskan untuk meresepkan obat ini pada si buah hati. Meski tidak secara langsung menyembuhkan flu, namun obat ini akan meredakan gejala demam yang muncul. Dengan cara itu, acetaminophen akan membantu tubuh bayi dalam melawan virus influenza. Meski begitu, ingatlah bahwa obat ini hanya bisa diberikan pada bayi yang sudah mencapai umur 3 bulan. Berkonsultasilah pada dokter sebelum memberikannya pada bayi, sebab dosis yang tidak tepat bisa memiliki efek samping untuk bayi Anda.

3. Ibuprofen

Obat flu untuk bayi selanjutnya adalah Ibuprofen. Obat ini efektif untuk meredakan gejala flu pada bayi yang berusia di atas 6 bulan. Namun, hati-hati! Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter anak Anda dalam pemakaiannya, guna mendapatkan dosis yang tepat. Harus diingat pula, bahwa Anda tidak disarankan untuk memberikan obat ini jika bayi Anda tengah dehidrasi dan terus menerus muntah.

4. Cairan

Terakhir, selain memberikan obat-obat generik yang telah disebutkan di atas, Anda juga harus menjaga agar bayi Anda tetap terhidrasi dengan baik. Terus berikan cairan pada bayi. Untuk yang berusia di bawah 6 bulan, Anda bisa melakukan ini dengan menyusui bayi yang berusia di bawah 6 bulan lebih sering dari biasanya. Jangan berikan cairan lain, karena di usia tersebut, bayi belum membutuhkan cairan lain. Nah, untuk bayi berusia 6 bulan ke atas, Anda bisa menyuapi kuah kaldu, atau memberikannya air putih hangat lebih sering. Anda bisa pula memberikan jus buah untuk bayi yang berusia 1 tahun ke atas.

Jika Anda memberikan bayi yang terkena flu perawatan-perawatan di atas, maka gejala flu seperti demam, batuk, dan lainnya akan segera mereda dalam 5 – 7 hari. Hindari memberikan si kecil aspirin, karena dapat membawa komplikasi lain pada penyakit ini, dan hindari pula meminta antibiotik karena antibiotik tak bisa membunuh virus influenza.  Nah, jangan lupa pula untuk tetap memberikannya nutrisi yang dibutuhkan guna meningkatkan sistem imun tubuhnya dalam melawan virus influenza, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggung? Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi