Mudik Sehat bagi Ibu Hamil, Bagaimana Tipsnya?

Mudik sehat bagi ibu hamil

Mudik sehat bagi ibu hamil ; Mudik bagi ibu hamil tentu menjadi tantangan sendiri, banyak yang harus Anda persiapkan sebelum mudik agar kesehatan Anda dan jabang bayi tetap terjaga. Bagi Anda yang tengah hamil, ketahui terlebih dahulu  tips-tips mudik bagi ibu hamil.

 

Go DokBulan Ramadhan semakin mendekati akhirnya, dan seiring dengan itu, semakin dekat pula waktu Anda cuti untuk hari raya Lebaran. Tentunya sudah menjadi rahasia umum, bahwa di Indonesia, cuti hari raya akan diikuti tradisi mudik, alias pulang kampung. Bagi kebanyakan dari Anda, ini tentu menjadi hal yang amat menyenangkan dan dinanti-nanti. Namun, bagaimana bagi Anda yang tengah hamil? Tentunya, mudik menjadi tantangan tersendiri bagi ibu hamil.

Apa  saja tips mudik sehat bagi ibu hamil?

1. Berkonsultasi dengan dokter kandungan

Tips mudik sehat bagi ibu hamil yang pertama harus Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda. Ya, hal ini wajib Anda lakukan. Pasalnya, dokter kandungan mungkin adalah yang paling tahu mengenai kondisi kehamilan Anda, dan karenanya dapat memberikan saran dan tips yang dibutuhkan khusus untuk kondisi kehamilan tertentu.

Dokter kandungan pula yang bisa menilai apakah kondisi Anda memungkinkan atau tidak untuk melakukan perjalanan jauh, layaknya mudik. Jika usia kehamilan sudah memasuki minggu ke-25, maka kemungkinan besar Anda tidak akan diperbolehkan melakukan perjalanan dengan pesawat. Jadi, dengarkan saran dokter, ya!

2. Minum lebih banyak cairan

Saat tengah hamil, Anda akan lebih sering buang air kecil, lebih banyak berkeringat, dan minum lebih sedikit dari biasanya. Nah, saat Anda melakukan perjalanan mudik, apalagi dengan menggunakan pesawat, hal-hal tersebut akan lebih mudah membuat Anda dehidrasi. Karena itu, pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup banyak untuk menghindari tubuh kekurangan cairan yang dibutuhkan, ya!

3. Gunakan sabuk pengaman

Tips sehat mudik bagi ibu hamil yang ketiga adalah jangan lupa untuk selalu mengenakan sabuk pengaman. Hal ini penting bagi kesehatan dan keamanan ibu hamil, karena membantu dalam menghindarkan perut dari guncangan hebat saat mudik menggunakan mobil pribadi. Silangkan sabuk bawah melingkari bagian atas paha Anda, dan pasang sabuk pundak melewati bagian di antara dada Anda hingga ke pundak.  Jangan lingkarkan bagian tersebut melewati perut Anda yang membesar, ya! Jangan lupa untuk mengencangkan sabuk pengaman.

4. Istirahat dan jalan-jalan ringan

Tips sehat mudik bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah beristirahat dari waktu ke waktu. Baik saat Anda mudik dengan menggunakan mobil pribadi, bus, kereta, kapal, maupun pesawat terbang, hal ini tetap harus dilakukan. Jangan terus duduk, dan beristirahatlah ke kamar kecil atau jalan-jalan kecil sebentar berkeliling, setidaknya sekali setiap 2 jam. Hal ini berguna untuk meningkatkan serta melancarkan sirkulasi darah di bagian kaki Anda dan mengurangi tekanan pada kandung kemih ibu hamil. Hal ini juga akan mencegah Anda cepat lelah dan pusing.

5. Ngemil sehat

Ya, tips mudik sehat bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah selalu membawa camilan sehat, baik berupa biskuit oat, susu ibu hamil dalam kotak kemasan, buah-buahan, maupun kacang-kacangan. Anda bisa mengemil setiap 2 – 3 jam sekali, sebagai tambahan makan berat. Hal ini berguna untuk menghindari terjadinya pusing, mual, dan rasa lelah yang menyerang.

6. Bawa vitamin pra-natal dan obat-obatan lainnya

Salah satu hal yang jangan sampai Anda lupakan adalah membawa vitamin kehamilan dan obat-obatan lain yang mungkin dibutuhkan. Mintalah dokter kandungan Anda meresepkan sejumlah vitamin dan obat-obatan yang berguna untuk menambah energi, mengurangi gejala mual dan muntah, serta meningkatkan sistem imun Anda selama perjalanan. Jangan sampai Anda lupa mengonsumsinya, ya!

7. Jangan menyetir atau mudik sendirian

Tips mudik sehat  bagi ibu hamil yang terakhir adalah jangan bepergian jauh sendirian. Selalu usahakan ada orang lain yang mendampingi atau menemani Anda, terutama jika usia kehamilan sudah di atas 20 minggu. Jangan pula menyetir sendirian, jika bepergian menggunakan mobil. Selain itu, selalu simpan nomor telepon dokter kandungan Anda, untuk berjaga-jaga.

Nah, itu dia 7 tips mudik sehat dan aman bagi ibu hamil yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

SF/PJ/MA

Referensi