Menumbuhkan Semangat di Pagi Hari; Yuk, Praktikkan Caranya!

menumbuhkan semangat di pagi hari

Go Dok- Menumbuhkan semangat di pagi hari- Ada banyak orang yang sangat malas menghadapi hari Senin pagi karena waktu liburan akhir pekannya terasa sangat singkat. Senin pagi artinya kembali ke rutinitas pekerjaan yang membuat lelah. Tahukah Anda, bahwa tak sedikit orang yang setiap pagi merasa malas, bukan pada hari senin saja. Kebanyakan orang seperti ini adalah mereka yang memiliki pola istirahat yang salah. Apakah Anda salah satu di antara mereka? Jika ya, Go Dok telah merangkum cara untuk menumbuhkan semangat Anda di pagi hari.

Berikut ulasan cara menumbuhkan semangat di pagi hari yang bisa Anda praktikkan!

1. Tidurlah yang cukup dan berkualitas

Menumbuhkan semangat di pagi hari yang pertama dengan cara miliki tidur yang berkualitas.Untuk menumbuhkan mood yang baik di pagi hari, Anda perlu istirahat yang cukup di malam hari. The National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa yang berusia antara 18 hingga 64 tahun untuk tidur antara 7-9 jam setiap malam. Selain kuantitas, tidur juga perlu kualitas. Artinya, Anda benar-benar lelap dalam tidur tanpa banyak terbangun di tengah malam. Untuk mendapatkan hal ini, pastikan untuk mematikan alat elektronik, termasuk ponsel ketika tidur dan matikan lampu yang terlalu terang sebelum Anda tidur. Kondisi yang temaram dapat membantu Anda lebih cepat terlelap.

2. Hindari kafein atau alkohol di malam hari

Kebiasaan mengonsumsi kafein dan alkohol di malam hari dapat menyebabkan Anda tetap terjaga sepanjang malam. Akibatnya, Anda baru merasakan kantuk ketika mendekati pagi dan hanya mendapat waktu tidur yang singkat. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah makanan atau minuman yang mengandung kedua zat tersebut agar pagi tak dipenuhi rasa kantuk.

3. Bangunlah setiap hari di jam yang sama

Meskipun hari libur Anda tetap perlu bangun pada jam yang sama untuk tetap dapat menjaga semangat Anda setiap pagi. Tubuh dan pikiran kita akan otomatis terbangun pada jam yang sama, meskipun tanpa alarm. Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah “balas dendam” tidur hingga siang pada hari libur. Akibatnya, Anda merasa malas bangun keesokan harinya karena tubuh dan pikiran Anda tak diset untuk bangun pagi.

4. Berolahraga

Menumbuhkan semangat di pagi hari selanjutya dengan cara berolahraga. Kegiatan olahraga yang menghabiskan banyak tenaga dan kalori terbukti dapat berefek pada kualitas tidur seseorang. Sebuah studi pada tahun 2011 yang dipublikasikan di Mental Health and Physical Activity menemukan bahwa orang yang setidaknya berolahraga selama 2,5 jam setiap minggu, memiliki kualitas tidur yang lebih baik, lebih mudah tidur, dan lebih sedikit mengalami kelelahan dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga. Olahraga tidak perlu berat. Cukup lakukan gerakan-gerakan ringan sebelum tidur dan ketika bangun tidur.

5. Jangan pernah melewatkan sarapan

Sarapan bisa diibaratkan sebagai bahan bakar pertama Anda untuk menghadapi hari-hari sibuk nan melelahkan. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan mood menjadi turun. Dr. Nerina Ramlakhan dan Jackie Lynch setuju bahwa segera sarapan setelah bangun dapat meningkatkan semangat Anda di pagi hari.

6. Putarlah musik yang membuat Anda semangat

Musik kesukaan Anda dapat membuat pagi terasa lebih menyenangkan. Hal  ini pula diamini oleh seorang neuroscientist, Dr. Jack Lewis yang menyarankan musik  dengan pitch tinggi agar membuat kita lebih bahagia dan semangat.

7. Hanya set satu alarm

Cara menumbuhkan semangat di pagi hari yang terakhir usahakan Anda hanya menyetel satu alarm. Kebiasaan buruk kita selama ini adalah menyetel alarm lebih dari satu yang jaraknya hanya sekitar sepuluh menitan. Dengan set alarm lebih dari satu biasanya kita mengabaikan bunyi alarm yang pertama karena menganggap akan ada alarm berikutnya. Akibatnya, kita malas bangun dan pada akhirnya kesiangan. Maka dari itu, hanya set satu alarm jika khawatir kesiangan dan segeralah bangun ketika alarm berbunyi.

Nah, agar Anda selalu bersemangat di pagi hari setiap harinya. Coba saja praktikkan ke tujuh cara menumbuhakan semangat di pagi hari di atas, ya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

TW/PJ/MA

Referensi