Menu Takjil Sehat ini Wajib Anda Coba

Menu takjil sehat

Menu takjil sehat tentunya akan mempengaruhi stamina Anda dalam berpuasa karena kandungan nutirisi dan gizinya yang lengkap. Menu takjil sehat selama berpuasa yang bisa Anda konsumsi yaitu air kelapa, sop buah hingga timun suri. 

 

Go Dok Momen berbuka puasa identik dengan takjil berupa makanan dan minuman yang serba manis dan menyegarkan. Tapi, apakah makanan tersebut sudah termasuk dalam kategori menu takjil yang sehat?

Coba Anda bayangkan, berapa banyak kadar kalori dan lemak yang masuk ke dalam tubuh dari menu takjil  tidak sehat yang Anda konsumsi selama sebulan penuh? Padahal, Anda bisa mulai mengonsumsi atau bahkan membuat sendiri menu takjil  sehat dan tetap menyegarkan. Apa saja menu takjil tersebut? Yuk, simak sama-sama!

Berikut ini beragam menu takjil sehat yang bisa Anda coba!

1. Es kelapa muda

Menu takjil sehat pertama adalah es kelapa muda. Menahan dahaga selama kurang lebih dari 12 jam pasti membuat tubuh kekurangan cairan. Dalam kondisi dehidrasi, air kelapa muda menjadi minuman tepat bagi tubuh.  Kandungan natrium, kalsium, kalium, dan magnesiumnya bisa mengganti cairan tubuh yang hilang ketika Anda berpuasa. Daging buah kelapa muda juga kaya akan serat dan antioksida juga baik untuk metabolisme tubuh, lho.

2. Kurma

Buah ini sangat identik dengan bulan Ramadan. Memang, buah ini menjadi takjil utama Nabi Muhammad untuk berbuka puasa. Wajar saja, mengingat tingginya kandungan glukosa pada buah kurma dapat menggantikan nutrisi yang hilang selama berpuasa. Jangan lupa untuk selalu konsumsi 3-5 butir kurma setiap berbuka puasa, ya!

3. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Apalagi menu takjil sehat selain sayur dan buah-buahan. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah dan sayur sangat penting dikonsumsi saat berbuka berpuasa, terutama untuk membantu mencegah sembelit dan menyiapkan lambung agar tidak kaget ketika menerima makanan yang masuk.

4. Sop Buah

Selain dimakan secara utuh, Anda juga bisa memakan buah yang divariasikan bersama sop buah. Anda bisa mencampur buah stroberi, apel, nanas, kelapa muda, anggur, buah naga dan juga blewah. Untuk menambahkan cita rasa, bisa juga menambahkan sedikit sirup dan susu kental manis.

5. Puding

Mudah dibikin, banyak rasa, dan tentunya sehat, puding yang terbuat dari ekstrak rumput laut dapat membantu membersihkan usus Anda serta melancarkan pencernaan. Puding juga dapat mempercepat metabolisme tubuh sehingga tubuh terhindar dari sembelit.

Kandungan klorofil pada ganggang laut juga mengandung antioksidan, sehingga dapat mencegah paparan radikal bebas pada tubuh. Agar lebih nikmat, campurkan buah-buahan ke dalam puding, dan kurangi penggunaan susu kental manis untuk mencegah lonjakan gula darah yang tinggi.

6. Timun suri

Menu takjil sehat lainnya adalah timun suri. Buah ini memang terkenal sebagai buah musiman karena banyak dijual ketika bulan Ramadan saja.  Timun suri kaya serat dan kandungan airnya dapat menyegarkan tubuh serta mencegah sembelit. Kandungan gula alaminya, yaitu glukosa dan fruktosa, juga tidak menyebabkan lonjakan gula darah walaupun banyak dikonsumsi. Nah, dengan adanya gula alami pada buah ini, Anda tidak perlu lagi menambahkan gula tambahan ketika menyantapnya.

Itulah beberapa pilihan menu takjil sehat yang bisa Anda coba selama bulan Ramadhan. Selain sehat, tentunya pilihan takjil di atas terasa menyegarkan, lho. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi