Menu Sarapan untuk Anak yang Menyehatkan

menu sarapan untuk anak

Menu sarapan untuk anak ; Sarapan merupakan hal yang sangat penting untuk memulai aktivitas anak sehari-hari agar fungsi otak dapat bekerja dengan baik. Coba buat menu sarapan untuk anak dengan kriteria menu sarapan sehat yang memperhatikan kandungan gizi dan nutrisinya.

 

Go DokPagi hari bisa jadi merupakan saat-saat paling sibuk dalam keseharian Anda. Saking sibuknya, terkadang Anda menjadi lupa menyiapkan sarapan yang bergizi untuk si kecil. Apalagi jika waktu sudah mepet dan  terlambat, tentunya semakin sempit saja waktu Anda menyiapkan sarapan. Padahal jalannya fungsi otak Anda seharian akan cukup bergantung pada makan pagi.

Yuk, coba buat menu sarapan untuk anak yang menyehatkan berikut ini!

1. Putih telur, tahu, dan sayuran

Menu sarapan untuk anak yang pertama adalah putih telur yang didadar bersama dengan tahu halus. Kedua makanan ini, meskipun jarang disukai oleh anak-anak, namun memiliki kandungan nutrisi yang besar. Ditambah lagi, kandungan protein serta berbagai jenis mineral yang ada di dalamnya. Masaklah putih telur dan tahu dengan cara mencampur lalu mendadarnya, jangan lupa tambahkan garam untuk memberikan rasa yang disukai anak. Tak ketinggalan, Anda bisa pula menyisipkan sayuran yang dipotong kecil-kecil! Menarik, bukan?

2. Campuran berbagai buah atau jus

Para ahli pernah mengatakan, bahwa waktu yang terbaik untuk mengonsumsi buah adalah di pagi hari, dengan memasukkannya sebagai menu sarapan. Buah-buahan kaya akan berbagai vitamin, mineral, serta serat yang tentu dibutuhkan oleh tubuh si kecil selama seharian. Tak hanya itu, buah juga mengenyangkan, sehingga anak tidak menjadi cepat lapar sebelum jam istirahat tiba. Namun, untuk membuat jus buah, Anda harus ingat untuk tidak menambahkan terlalu banyak air serta gula.

3. Telur dan roti gandum

Menu sarapan untuk anak yang ketiga kembali mempromosikan telur sebagai bintang utama. Kali ini, Anda bisa memasak keseluruhan telur (bagian kuning dan putihnya), baik dengan cara direbus, didadar, setengah matang, maupun diceplok mata sapi. Hal ini bisa disesuaikan dengan apa yang difavoritkan si buah hati, ya! Telur kaya akan protein, serta nutrisi lain yang dapat mendukung kinerja otak anak seharian penuh. Untuk melengkapinya, Anda bisa menambahkan roti gandum, dan sedikit sayuran segar, dan bisa pula menjadikannya sandwich yang lezat!

4. Susu dan mentega

Menu sarapan untuk anak yang selanjutnya terkait dengan produk-produk olahan sapi yang paling terkenal : mentega dan susu. Kandungan protein dan kalori dibutuhkan si kecil hingga siang hari. Ingat, susu murni dan mentega rendah lemak akan lebih baik untuk si kecil. Susu bisa Anda sajikan di dalam gelas, atau dicampurkan ke sereal, sementara mentega bisa Anda oleskan ke roti gandum sehat. Jangan lupa, Anda bisa pula memasak telur dengan menggunakan mentega! Sehat bukan?

5. Daging dan sayuran

Siapa bilang daging bukan untuk sarapan? Tentu Anda tak usah menyajikan banyak daging untuk menu sarapan sehat si kecil, namun Anda bisa menambahkan sedikit sosis, irisan-irisan kecil daging ayam dan ikan, atau sepotong kecil daging sapi untuk dikonsumsinya sebagai penambah energi. Jangan lupa, tambahkan pula sayuran segar serupa tomat atau selada, ya!

6. Oat dan sereal

Menu sarapan untuk anak yang terakhir  adalah oat utuh dan sereal rendah gula. Meskipun banyak ahli tidak menyarankan sereal kotakan yang dijual pasaran untuk sarapan anak, namun sebenarnya Anda hanya harus memilih produk yang tepat. Pilihlah sereal yang kandungan gulanya paling rendah, untuk dijadikan sarapan bersama dengan susu murni. Untuk oat, Anda bisa menyeduh oat kemasan, dan menambahkan berbagai potongan buah-buahan untuk menambah lezat rasanya.

Nah, itu dia 6 menu sarapan untuk anak yang menyehatkan dan bisa Anda coba di rumah! Ingat, hindari makanan-makanan kaya gula dan kaya lemak, seperti cracker, donat, roti manis, dan gorengan, sebagai menu sarapan. Jangan sampai anak Anda lemas sebelum tengah hari di sekolah, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

SF/PJ/MA

Referensi