Menu Buka Puasa Sehat Ini Wajib Anda Coba

Menu buka puasa sehat

Menu buka puasa sehat tidak perlu memikirkan hidangan yang sulit untuk dibuat. Cukup dengan menu yang sederhana, Anda bisa mendapatkan nutrisi yang cukup, seperti buah kurma dan air putih hangat yang identik sebagai menu berbuka puasa.

 

Go Dok – Selama menjalani ibadah puasa, umat Musllim diharuskan menjaga hawa nafsu, baik untuk makan, minum, dan dalam berperilaku. Dengan kata lain, kita dituntut untuk tidak berlebihan ketika melakukan sesuatu, termasuk tidak makan secara berlebihan ketika berbuka puasa. Demi kebaikan Anda sendiri, ingatlah untuk selalu menyantap menu buka puasa sehat, ya.

Untuk mengonsumsi menu buka puasa sehat, tidak perlu memikirkan hidangan yang sulit untuk dibuat. Cukup dengan menu yang sederhana, Anda bisa mendapatkan nutrisi yang cukup, seperti buah kurma dan air putih hangat yang identik sebagai menu berbuka puasa.

Berikut alasan kurma menjadi menu buka puasa sehat!

Memang apa saja sih khasiat kurma ketika dikonsumsi sebagai menu takjil berbuka puasa? Bagi Anda yang belum tahu, kurma terbukti mampu mengembalikan kadar gula dan garam pada tubuh serta kembali merehabilitasi tubuh Anda.

Bukan itu saja, kurma dapat memberikan manfaat lainnya bagi tubuh, seperti:

  • Mudah dicerna
  • Mengurasi rasa lapar dan menghidari untuk makan berlebihan
  • Menyiapkan perut untuk menerima makanan setelah berjam-jam berpuasa
  • Kaya akan gula dan energi sehingga bisa memulihkan nutrisi dalam tubuh
  • Mencegah sembelit akibat perubahan waktu makan.

Menu buka puasa sehat selain buah kurma

Selain itu, ada pula delapan pilihan menu buka puasa yang sehat dan bisa Anda konsumsi ketika berbuka puasa:

1. Aneka Sup

Sup merupakan hidangan hangat yang baik bagi perut ketika berbuka puasa. Air dalam sup dalam memenuhi kebutuhan kadar air pada tubuh. Banyak menu pilihan sup yang bergizi yang baik bagi Anda, seperti sup ayam, sup tomat dan sup bawang.

2. Ayam Panggang

Daging ayam bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan seperti panggang, rebus hingga dipepes. Hindari mengonsumsi ayam yang digoreng untuk berbuka puasa, apalagi digoreng dengan tambahan tepung seperti di restoran cepat saji. Ayam akan lebih baik lagi jika disajikan tanpa kulit, mengingat kulit ayam mengandung lemak yang tinggi.

3. Salad Buah

Salad buah menjadi santapan yang cocok sebagai menu buka puasa sehat. Pasalnya, kandungan vitamin yang terdapat pada buah dapat meningkatkan nutrisi dalam tubuh setelah menjalani puasa seharian.

4. Nasi Merah atau Kentang Rebus

Untuk mendapatkan sumber karbohidrat bagi tubuh, Anda bisa mengonsumsi nasi merah atau kentang rebus. Keduanya memilliki zat karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Kedua hidangan ini juga menjadi menu buka puasa sehat karena kandungan kalorinya tidak sebanyak nasi putih, sehingga lebih menyehatkan.

5. Daging Panggang

Ingin makan daging ketika berbuka puasa? Tidak masalah, asalkan Anda membuang semua bagian lemak pada daging dan memasaknya dengan cara dipanggang.

6. Tumis Sayuran

Ingin menambah rasa tapi tetap sehat pada menu berbuka Anda? Tumis saja sayuran kesukaan Anda seperti kangkung, bayam, sawi atau tauge. Tumis sayuran biasanya hanya membutuhkan bumbu sederhana untuk membuatnya seperti bawang merah dan bawang putih serta merica dan garam.

7. Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi menu sederhana yang menyehatkan bagi Anda ketika berbuka puasa. Makanan ini juga dapat santap ketika sahur karena dapat menciptakan rasa kenyang yang lebih lama.

8. Ikan Bakar

Menu buasa puasa sehat terakhir ini adalah ikan bakar. Ikan bakar merupakan hidangan rendah lemak yang aman untuk dikonsumsi ketika buka puasa. Anda bisa menggunakan ikan mas, gurame, kakap, atau gorang. Jangan menggunakan mentega untuk membakar ikan Anda, sebagai penggantinya, gunakan minyak zaitun.

Nah, ternyata ada beragam menu buka puasa sehat dan cenderung mudah dibuat, bukan? Selamat mencoba!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi