Meningkatkan Metabolisme Tubuh pada Saat Diet; Ini Caranya!

cara meningkatkan metabolisme tubuh

Go Dok – Meningkatkan metabolisme tubuhPernahkah Anda merasa program diet Anda selalu berakhir sia-sia dan tidak membuahkan hasil? Padahal Anda sudah mengikuti aturan diet Anda tapi badan tak kunjung mengecil dan lemak tetap bertumpuk. Sedangkan di luar sana ada pula orang yang makan banyak tanpa pilih-pilih, namun badannya tetap langsing dan ramping bahkan tanpa harus berolahraga sekalipun. Tentu saja Anda menjadi heran mengapa hal ini bisa terjadi.

Sebetulnya kasus-kasus seperti ini disebabkan oleh kecepatan metabolisme seseorang. Metabolisme merupakan seluruh proses kimia yang terjadi di dalam tubuh manusia yang berlangsung secara terus menerus untuk membuat seseorang tetap hidup dan organ-organnya berfungsi secara normal, seperti sistem pernapasan, perbaikan sel-sel, dan sistem pencernaan. Proses kimia ini yang memerlukan energi. Jumlah energi yang dibutuhkan tubuh untuk melangsungkan metabolisme disebut BMR (Basal Metabolic Rate). BMR seseorang  berada antara 40% dan 70% dari energi harian yang diperlukan tergantung umur dan gaya hidup Anda.

Orang dengan metabolisme rendah adalah orang dengan BMR rendah. Faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan kecepatan metabolisme adalah berat badan, usia, jenis kelamin, dan gen. Ada yang mengatakan bahwa orang gemuk cenderung lambat metabolismenya. Tetapi kenyataannya hasil penelitian menunjukkan bahwa orang gemuk memiliki metabolisme yang lebih cepat daripada orang ramping. Kegemukan yang terjadi  bukanlah karena metabolisme rendah, tetapi karena asupan kalori Anda mungkin lebih besar dari pada yang Anda bakar.

Pertanyaan berikutnya yang sering muncul adalah apakah diet ketat dapat menurunkan metabolisme? Jawabannya, ya. Selama dan setelah diet Anda akan kehilangan berat badan dan massa otot. Massa otot rendah berarti metabolisme juga menjadi lambat. Hal ini bisa memicu kegemukan yang lebih parah ketika diet dihentikan. Untuk mencegah hal itu terjadi Anda harus meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Berikut cara meningkatkan metabolisme tubuh ketika Anda tengah dalam program diet:

  1. Konsumsilah makanan yang kaya proteinseperti telur. Mengonsumsi protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh Anda dapat membakar lebih banyak kalori. Makanan berprotein tinggi juga menyebabkan Anda merasa kenyang lebih cepat sehingga makanan yang Anda konsumsi lebih sedikit. Hal ini akan membantu keberhasilan diet Anda.
  2. Jangan diet kalori terlalu ketat.Diet kalori memang dianjurkan. Namun menurut Liz Applegate, Ph.D., seorang profesor nutrisi di University of California, “Jika Anda tiba-tiba menurunkan 1.000 kalori dari diet Anda BMR Anda akan otomatis menurun karena tubuh beranggapan bahwa Anda kelaparan.” Jadi tetaplah memenuhi kebutuhan kalori Anda, namun jangan terlalu berlebihan.
  3. Jangan pernah melewatkan sarapan ketika diet. Percaya atau tidak, orang yang sarapan dapat menurunkan berat badan lebih banyak dibandingkan orang yang melewatkan sarapan menurut sebuah studi. “Metabolisme melambat ketika Anda tidur, dan itu tidak dapat kembali normal sebelum Anda makan lagi”, jelas Barbara Rolls, Ph.D., profesor nutrisi di Penn State University. Jika Anda melewatkan sarapan, metabolisme Anda pada hari itu berlangsung lambat. Maka jangan lewatkan sarapan sehatuntuk meningkatkan metobolisme tubuh Anda, ya. Namun, perlu diingat bahwa sarapan yang dimaksud bukanlah sarapan dengan mengonsumsi kalori tinggi. Akan lebih baik apabila sarapan Anda adalah makanan berprotein tinggi.
  4. Berolahragalah secara teratur.Berolahraga adalah salah satu cara bagi tubuh membakar kalori lebih cepat. Dalam hal ini berarti olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda ketika diet.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh ketika diet. Bukan hanya tubuh ideal yang akan Anda dapatkan, tetapi juga meningkatnya metabolisme tubuh yang tidak akan membuat Anda kembali cepat gemuk saat program diet dihentikan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TW/PJ/MA

Referensi