Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Ragam Makanan Ini

meningkatkan daya tahan tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh bagi masyarakat di daerah perkotaan yang penuh polusi dan rawan akan zat radikal bebas tentunya menjadi prioritas utama. Selain membekali diri dengan suplemen tambahan, sejumlah sayuran dan buah yang kaya vitamin C juga ampuh dalam meningkatkan sistem imun, lho.

Go DokMungkin semua setuju, kalau meningkatkan daya tahan tubuh pada musim pancaroba menjadi perhatian paling utama. Sebab, jika kita lalai dalam menjaga daya tahan tubuh, tidak jarang tubuh akan terserang berbagai macam penyakit.

Memang, metabolisme tubuh kita memiliki kemampuan sistem imun yang bertugas dalam menghadang berbagai serangan patogen penyebab penyakit serta zat radikal bebas. Namun, alangkah baiknya jika Anda dapat meningkatkan kemampuan sistem imun tersebut dengan rutin mengonsumsi jenis makanan tertentu yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar terhindar dari penyakit yang mengganggu.

Mau tahu apa saja ragam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh? Ini dia daftarnya!

  1. Buah-buahan dengan rasa masam

Kebanyakan dari kita mungkin akan segera memakan jeruk atau mengonsumsi suplemen vitamin C ketika tubuh mulai terserang flu. Kenapa? Alasannya, vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel darah putih yang berfungsi untuk menghalau zat-zat asing berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, buah-buahan dengan vitamin C seperti jeruk, anggur, lemon, stroberi, dan buah-buahan sitrus lainnya juga terbukti dalam meningkatkan sistem imun. Apalagi, pada dasarnya memang tubuh kita tidak memproduksi atau menyimpan vitamin C, sehingga konsumsi vitamin C harian sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

  1. Paprika merah

Tak banyak yang tahu, bahwa ternyata paprika merah memiliki kadar vitamin C yang cukup besar, hampir dua kali lipat dari buah jeruk. Paprika merah juga tinggi akan beta karoten. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, vitamin C pada paprika merah juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Sedangkan beta karoten dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda.

  1. Brokoli

Meskipun ukurannya kecil, brokoli sangat kaya dengan vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, juga serat dan antioksidan. Bisa jadi, brokoli merupakan makanan tersehat yang dapat tersaji di piring Anda, lho! Untuk menjaga kadar vitamin dan mineralnya, cobalah untuk tidak terlalu lama memasak brokoli, atau bahkan, memakannya dalam keadaan tidak dimasak.

  1. Bawang putih

Bawang putih dapat ditemukan di hampir seluruh masakan kita. Ternyata, selain melezatkan makanan, bawang putih tanpa kita sadari membawa manfaat yang luar biasa bagi tubuh, terutama pada sistem kekebalan tubuh kita.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Center Center for Complementary and Integrative Health membuktikan, bahwa bawang putih dapat mengatasi tekanan darah tinggi Anda. Selain itu, akibat kaya akan zat allicin, bawang putih juga bermanfaat untuk memperbaiki sistem imun kita.

  1. Yogurt

Yogurt, selain kaya dengan vitamin C, juga kaya akan serat. Yoghurt berkualitas baik, seperti greek yoghurt dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda dari serangan penyakit. Lebih baik untuk mengonsumsi plain yoghurt karena rendah kadar gula. Anda dapat memberi rasa pada plain yoghurt tersebut dengan buah-buahan agar menjadi lebih sedap dinikmati. Tak hanya itu, yoghurt juga merupakan sumber vitamin D yang kaya.

Ternyata, makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita itu banyak pilihannya dan mudah untuk didapatkan, bukan? Dengan begitu, sudah siap dong dalam menghadapai musim pancaroba yang sedang terjadi? Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

 

TS/PJ/TP

Referensi